Arknights Review: Bukan Sekadar Jumlah Bintang Dalam Karakter!

User Rating: 8
Arknights

Sejak pertama kali hadir, Arknights berani mendobrak pasar dengan menggunakan genre yang jarang diterapkan pada game mobile gacha, yaitu tower-defense yang disertai dengan elemen hero collector dan progress ala RPG.

Dikembangkan oleh Hypergryph, dan diluncurkan versi globalnya oleh Yostar yang telah sukses dengan Azur Lane. Arknight menarik minat banyak pemain, dan dalam waktu singkat memiliki komunitas yang sangat besar.

Story

Terra, yang menjadi latar belakang cerita Arknights, adalah dunia yang sejak lama diancam oleh bencana karena material bernama originium. Sebuah material yang menjadi bahan bakar utama untuk banyak hal di Terra, namun di saat yang sama sangat berbahaya, dan menyebabkan penyakit mematikan.

Orang yang tertular penyakit ini, disebut sebagai ‘infected’ seringkali dipandang sebagai penduduk kelas dua. Mereka mendapat berbagai perlakuan kejam, dan tidak jarang, kehilangan hak-hak dasar mereka sebagai makhluk hidup.

Hingga suatu hari, para ‘infected’ bersatu dalam kepemimpinan seseorang yang bernama Talulah. Mereka menyebut gerakan tersebut Reunion, dan dalam waktu singkat, berhasil menjatuhkan Ursus, salah satu negara besar yang ternyata sudah lama memperlakukan para ‘infected’ dengan keji.

Arknights

Kamu akan berperan sebagai Doctor dari Rhodes Island, organisasi obat merangkap sebagai tentara bayaran, yang terbangun ketika kerusuhan Ursus. Tanpa ingatan akan diri anda, anda akan dituntun oleh Amiya, rekan anda, untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik untuk para ‘infected’. Sayangnya untuk mencapai hal ini, anda harus bersiap untuk berhadapan dengan berbagai pihak, salah satunya: Reunion.

Artstyle

Arknights menawarkan desain karakter yang lebih modis dan modern, dari nama-nama artist yang pernah bekerja dalam pengembangan Girl’s Frontline. Dibalut dengan kesan ‘dark’ sesuai dengan latar ceritanya yang serius, hal ini menjelaskan banyaknya kemiripan atmosfer dengan judul tersebut.

Di sisi lain, Arknights tidak menggembar-gemborkan fanservice pada desain karakter seperti yang lazim dilakukan game gacha lain. Setiap pakaian yang dipakai operator terasa unik, keren, dan jelas mencerminkan kepribadian mereka. Seiring berjalannya proses leveling dan upgrade, pemain juga bisa melihat perubahan display art pada karakter mereka setelah melewati proses Elite, atau limit break.

Tidak hanya itu, Arknights juga menawarkan rangkaian skin yang bisa dibeli pada setiap event update. Skin yang tersedia dalam periode terbatas ini bersifat kosmetik, alias tidak mempengaruhi gameplay sama sekali. Harga skin yang ditawarkan pun terbilang masuk akal, yaitu 18 Prime Originite yang bisa kalian grind, atau beli dengan uang asli.

Gameplay

Hadir dengan genre tower-defense dengan sistem progresi ala RPG, karakter operator yang kalian kumpulkan akan jadi ‘menara’ yang menghalau gelombang-gelombang musuh. Dalam setiap stage, anda hanya memiliki 3 kali toleransi ‘kebocoran’.

Arknights

Setiap stage membutuhkan roster karakter yang berbeda, oleh karena itu mengembangkan satu karakter favorit saja selama permainan adalah ide buruk, alih-alih pemain harus pintar memilih karakter mana saja yang bisa saling bersinergi, dan membagi resource untuk mengembangkan karakter-karakter tersebut secara seimbang.

Omong-omong tentang operator, setiap karakter memiliki class mereka sendiri.

Vanguard, adalah petarung melle yang dapat membantu mempercepat deployment point (DP), agar kalian dapat segera memanggil unit berikutnya.

Guard, adalah vanguard yang tidak menghasilkan DP, namun digantikan dengan kemampuan ofensif atau defensif yang tinggi.

Defender, berfokus pada pertahanan, kebanyakan unit tank sudah dapat menahan 3 musuh yang melewati jalurnya. Hal ini sangat penting karena memberikan waktu bagi dps kalian untuk menghabisi musuh.

Sniper, operator jarak jauh dengan serangan fisik. Beberapa sniper akan fokus menghabisi unit terbang (drone) yang tidak dapat ditahan oleh operator melle.

Caster, juga melakukan serangan jarak jauh, namun dalam area yang lebih kecil, serta menghasilkan damage magic. Class ini berguna untuk melawan musuh dengan armor tebal.

Healer, sesuai namanya, ia bertugas menyembuhkan operator. Terkadang memberikan buff yang berguna dalam pertarungan.

Supporter, juga menghasilkan damage magic seperti caster, namun supporter lebih berperan dalam memperlambat pergerakan musuh, serta memberikan buff atau debuff.

Specialist, operator dengan skill khusus, seperti dapat mendorong atau menarik musuh, dapat memanggil unit bantuan, maupun tipe fastredeploy yang berguna untuk taktik-taktik khusus. Setiap Doktor harus menerapkan strategi terbaiknya untuk dapat menyelesaikan stage, yang membawa kita ke poin berikutnya:

Punishing as Hell!

Setiap stage membutuhkan strategi berbeda, dan untuk menemukannya, adalah proses yang menantang. Anda seringkali akan bertemu dengan elemen-elemen yang mengganggu, seperti drone musuh yang menyebabkan debuff, gas beracun yang memberikan damage over time, atau tipe musuh baru yang belum pernah anda lihat sebelumnya.

Berbagai faktor mikro juga mempengaruhi keberhasilan, seperti deployment point, waktu pengaktifan skill, serta waktu yang dibutuhkan operator untuk dapat dipanggil kembali (redeploy) Jadi, selain mengembangkan level dan skill operator, kalian juga harus memanfaatkan mekanis game ini untuk dapat menyelesaikan stage-stage yang sulit. Selain itu keberadaan karakter bintang 6 juga tidak wajib, walau memudahkan kalian untuk menyelesaikan stage, kehadiran karakter bintang 6 bukan berarti auto-win.

Arknights

Para Doctor dapat meminjam karakter kuat dari daftar teman mereka. Akan tetapi dengan meminjam karakter support, pencapaian misi dalam stage akan berkurang, dan tidak akan mendapatkan Prime Originite, serta mengaktifkan fitur autoplay dalam stage tersebut.

GACHA!

Cara tercepat untuk mendapatkan operator, tentu saja melalui gacha, atau dalam game ini disebut Headhunting. Satu kali gacha membutuhkan 600 Orundum, yang bisa kalian dapatkan melalui grind setiap harinya. Pada setiap perubahan banner rate-up, akan ada satu kali jaminan operator bintang 5 pada 10 kali gacha pertama.

Selain itu, Arknights memiliki semacam sistem pity yang akan menaikan kemungkinan kalian mendapat karakter bintang 6 bila kalian tidak kunjung dapat pada setiap 50 kali tarikan. Jadi sebagai newbie, setidaknya kalian pasti akan mendapat satu karakter bintang 6 dalam fase early kalian.

Kesempatan kalian mendapat karakter bintang 6 pun terbilang adil, dengan probabilitas sebesar 2% untuk operator bintang 6, dan 8% untuk karakter bintang 5.

Kesimpulan

Arknights

Arknights menghadirkan angin segar dalam jajaran game gacha anime dengan genre, direksi art, dan cerita yang menarik. Gameplaynya sangat menantang, dan berkisar pada bagaimana strategi pemain untuk menyelesaikan tantangan setiap stage. Pemain harus bijak dalam membagi resource, dan memanfaatkan mekanisme game untuk bisa sukses.

Gacha dari Arknight juga terbilang ramah pada pemain free-to-play, dan harga skin kosmetik yang ditawarkan juga tidak terlampau mahal. Kekurangan yang paling nyata terlihat, ada pada sistem stamina dalam game ini. Dengan sifat permainan yang grindy, stamina yang pemain butuhkan untuk mendapatkan material resource langka akan sangat banyak. Tidak jarang stamina saya sudah habis walau belum mendapat satupun material yang saya butuhkan.

Akhirnya, Arknights akan sangat cocok bagi kalian, gamer gacha yang mencari tantangan lebih, dan tertarik dengan atmosfir gelap serta cerita serius. Kalau kalian tidak suka dengan game strategi, atau mencari permainan yang lebih santai, maka game ini bukan untuk kalian.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung.

Good
  • Setting dunia yang detail dan misterius
  • Gameplay yang menantang
  • Desain karakter minim fanservice, namun tetap modis
Bad
  • Proses grinding cukup lama
  • Stamina yang cepat habis
  • Mekanisme game yang punishing, mungkin tidak sesuai dengan selera orang
8
Great
Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0