Cytus Review: Doesn’t Age Well

User Rating: 8
Cytus Review : Lawas Tapi Layak Dimainkan

Well, saya diminta oleh Head of Content untuk mengulas game yang cukup lama yaitu Cytus. Saat dikasih tahu buat tugas ini, saya berpikir “Wah gamenya lumayan lama nih, nggak yakin masih banyak yang main.” Meski begitu saya pikir ini kesempatan yang bagus buat bikin retrospektif game ritme keluaran 2012 ini.

Cytus, pertama kali rilis untuk iOS pada Januari 2012, oleh developer asal Taiwan bernama Rayark. Game ini kemudian rilis di Android beberapa bulan kemudian. Kepopuleran game ini membuat nama Rayark melambung dan merilis game mirip-mirip bernama Deemo.

Enjoy read also: Game Rhythm Mobile Menarik Yang Harus Kamu Coba!

Introduction

Saat memulai game, intro muncul dengan seorang cewek android berdiri ditengah hal-hal mekanikal. Setelah ‘tap to start’ kamu bisa langsung mulai memilih chapter yang ada. Sekarang sudah ada 10 chapter yang masing-masing memiliki 10 lagu.

Untuk ceritanya saya akan spoil 3 chapter pertama aja untuk review ini. Jadi, settingannya di abad ke-22 ada perusahaan bernama ExtenLife. Mereka punya jasa untuk memindahkan pikiran ke sebuah mesin yang disebut ‘Operator’.

Di ceritanya, manusia punah akibat virus mematikan yang tidak ada vaksinnya. Kemudian, sebuah operator yang bernama Vanessa bangun tanpa memiliki perasaan dan memutuskan untuk pergi ke sebuah tempat yang bernama ‘Cytus’.

Lanjut aja yuk ke gameplay ~

Gameplay

Seperti rhythm game lainnya, sentuh not sesuai lagu dan dapet skor tinggi. Tipe not ada 3: tap, hold, dan slide. Biar gampang ngebaca kapan untuk nyentuh notnya, mereka dikasih kode warna. Kalo not berwarna ungu kebiruan harus disentuh pas garisnya ke atas, kalo notnya hijau kekuningan disentuh pas garisnya ke bawah.

Skor maksimum yang bisa didapat adalah 1 juta, tapi ada hal lain yang diperhitungkan yaitu TP atau Technical Points. sebagai informasi, di Cytus ada dua macam standar perfect; berwarna dan hitam. Timing yang lebih akurat adalah yang berwarna. Jadi kalau mau skor maksimum dan TP maksimum, semuanya harus perfect berwarna.

Jadi menurut saya gameplaynya gimana? Ya hanya dengan 3 tipe not sih game ini gampang dipelajari dan straightforward. Bisa langsung main dan have fun. Saya sendiri main buat lagu-lagunya yang ada sambil dapetin personal best.

Saya sendiri main di tablet karena memang nggak enak aja kalo di layar kecil. Semua jari bisa dipake diatas layar yang cukup luas dibandingkan HP. Setidaknya perlu meja atau nggak duduk sila dengan taruh tablet di pangkuan karena bisa hectic banget pas main level tinggi karena tangannya bisa gerak kemana-mana.

Enjoy read also: Arcaea – Review: One Feature Made It Fresh

Segimana sih hectic-nya? Ada beberapa lagu dengan level yang membutuhkan 3 not yang di-tap sekaligus yang artinya enakan main di meja dan pake tablet. 

Meski demikian ada juga kekurangannya kalau pakai tablet yaitu saat tangan gerak kemana-mana ada bagian layar yang tertutup tangan. Kalau tertutup, not di bawah tangan pasti terlewat. Sebenarnya Ini nggak cuma terjadi di Cytus aja, tapi masalah ini sering terjadi untuk game tablet yang membutuhkan gerakan tangan yang besar.

Song

Pilihan lagu di masing-masing chapter mencoba untuk merepresentasikan seperti apa mood dan kondisi chapter tersebut. Dari segi genre, ada rock, pop, atau lagu lawan boss. Lagu boss dibedakan dengan tempo cepat dan kesulitan yang lebih.

Secara umum setiap lagu ada 2 level: easy atau hard. Levelnya dinilai dari 1 sebagai paling gampang sampai 9 sebagai paling susah. Difficulty curvenya agak linear sih menurut saya. Dari level 1 menuju level 8 itu masih manageable tapi kalo udah masuk daerah level 9, itu udah kemana-mana banget.

Ada yang ‘gampang’, teknikal, butuh stamina, dan absurd. Nggak ada perbedaan yang jelas di level 9 sampai yang susah-susah dimasukin kesitu semua.

Beberapa lagu ada hidden level yang bakal aktif dengan cara melakukan sesuatu di gambar lagunya. Kalian bisa lihat setiap lagu punya ilustrasi yang unik dan beranimasi. Indikator gambarnya bisa dimainkan adalah perubahan yang sangat halus dan hidden level-nya aktif. Aktifnya ditandai oleh cincin merah dari yang normalnya berwarna biru.

 

Worth The Value

Sebelum Cytus mencapai 1 juta download, banyak chapter banyak yang harus bayar untuk main. Beberapa tahun yang lalu, Rayark sedang melakukan million downloads campaign yaitu setiap 100 ribu orang yang beli Cytus, satu chapter dibuka gratis untuk semua pemain.

Jadi kalau mau main duluan sebelum goal campaign, mereka harus bayar. Karena mereka sudah mencapai target sekarang semua pemain bisa langsung main semua 10 chapter utama dan ada chapter extra yang diberikan secara gratis.

Selain 10 chapter tadi, ada chapter ekstra yang perlu bayar. Harganya ada yang 75 ribu atau 150 ribu tergantung dari chapter yang ingin dibeli.

Untuk game yang berharga 26 ribu rupiah, dengan pilihan lagu yang banyak, saya rasa it is worth the value.

Visual

Ngomongin soal estetika, menurut saya agak jadul sih ya. Pakai estetika metal dan gradien kelihatan banget kalau rilisnya di tahun 2012. Pantauan saya ini berdasarkan perbandingan dengan apps jaman sekarang yang designnya warna flat dan minimalis.

Tapi kalau melihat Cytus secara keseluruhan bagus-bagus aja dan nggak ada yang kelihatan aneh. Semuanya blend perfectly.

Secara UI, pilihannya juga minimalis. Pilih chapter, pilih lagu, main. Menurut saya sih karena minimalisnya itu jadi gampang buat dinavigasi. Game ini memang enak untuk main casual dan nggak perlu banyak mikir.

The looks doesn’t age well, I admit.

Verdict

So, do I recommend this game? Absolutely. Dengan harga yang murah dan 100 lebih lagu yang bisa langsung dimainin, saya rasa jangan lewatin ini game. Dengan pilihan level, kamu yang baru mau kenalan dengan game ritme juga nggak perlu takut. Buat pemain lama yang belum pernah nyoba, Cytus harus beli buat ngerasain asyiknya game lawas ini.

Cek lebih banyak informasi tentang rhythm game dan tulisan menarik lainnya dari Bagus Surya.

Editor: Amos Anugrah

Summary
Harga murah untuk 100 lebih lagu yang langsung bisa dimainin. Better experience on tablet. Good for beginners and experienced players.
Good
  • Great value for price
  • Large selection of songs from the get go
  • Overall looks are great
  • Straightforward gameplay
Bad
  • Looks a bit dated
  • Level 9 is all over the place
8
Great
Written by
I love rhythm games and any music that sounds great. Apple juice is life.

Is the Story Interesting?

0 0