Tekken Mobile – Review : Seru, Simpel, Tapi Kadang Bikin Emosi

User Rating: 7
Main Tekken Mobile ini seru sih. Tapi kadang bikin emosi kalau kontrol tap-nya slow respon. (doc. Bandai Namco)

Game dan franchise milik Bandai Namco, Tekken udah merambah ke perangkat mobile. Lewat Tekken Mobile, kini buat kamu yang dulu main game fighting legendaris ini Playstation 1, 2, dan 3, tapi nggak ada duit buat main dan beli Playstation 4, udah nggak perlu khawatir lagi. Kan udah bisa main di smartphone kesayangan kamu, baik di Android maupun iOS.

Sejujurnya saya emang males beli Tekken 7, karena pasti game fighting mainnya gitu-gitu aja. Belum lagi kalau harus online, kan perlu beli voucher Playstation Plus untuk langganan minimal 3 bulan aja dan cost-nya emang Rp 150.000 aja, tapi asa gimana kitu euy… Dan akhirnya muncul lah Tekken Mobile, di mana karakternya seri ke-7 ada, secara ambiance juga berasa main game terbaru yang fokus kepada Heihachi Mishima di story-nya, dan ternyata mainnya simpel.

Yap, game ini secara keseluruhan sebenernya seru-seru aja sih. Gameplay-nya itu kayak kamu main game fighting di mobile yang udah ada kayak Marvel Contest of Champions, di mana kita bermain menggunakan tiga karakter pilihan untuk digunakan secara bergantian. Tapi ada bedanya dikit. Jempol kiri ke layar kiri untuk gerakin karakter, jempol kanan kamu cuma tap-tap doang buat nyerang plus menggunakan kartu untuk jurus atau combo attack di sisi bawah kanan.

Simpel banget kan?

Ah ya, maksud ada kemiripan dengan Marvel Contest of Champions ini berada di Story Mode atau Campaign Mode-nya, di mana kamu harus melawan musuh-musuh dari satu titik ke titik lain, sampai kamu berada di titik akhir di mana bos dari campaign itu harus kamu hadapi. Kamu juga dapat memilih jalur mana aja untuk bisa mencapai titik akhir si bos campaign cerita tertentu. Asal ya sesuai kemampuan kamu melawan musuhnya sih.

Ada story modenya di awal dan visualnya kayak Tekken 7 kan? (doc. Bandai Namco)

Story-nya juga didukung subtitle (doc. Bandai Namco)

Bermain mengandalkan elemen

Sama juga dengan Marvel Contest of Champions, di game ini kamu juga bermain dengan mengandalkan elemen. Seperti elemen petir, air, daun, dan lain-lain. Karena setiap kamu berhadapan dengan musuh, kamu jadi tahu apa keuntungan kamu melawan elemen lainnya. Plus kamu bisa mendapatkan bonus juga.

Tapi ya kadang juga cukup mengesalkan sih kalau bermain elemen. Kadang kala ada aja musuh yang elemennya harusnya kalah dari karakter kita, justru bisa menang. Mungkin aja sayanya aja yang lengah, tapi mungkin emang secara kontrol juga kurang nyaman?

Respon lelet dan kontrol kurang nyaman

Yap, emang kontrol dari permainan ini simpel banget. Tapi agak kurang nyaman aja gitu. Untuk memukul atau nendang, kamu emang cukup tap layar sebelah kanan. Tapi kadang kala juga agak lama responnya. Udah begitu untuk geser karakter atau defense, terkadang suka agak sulit. Ya, mungkin memang responnya ya.

Karena kalau untuk tap berkali-kali di Tekken Mobile ini juga harus sabar, terutama di main menu. Bukan cuma saat lagi battle, tapi juga saat ingin membuka chest atau reward yang didapat setelah bertarung, lama banget responnya. Mungkin kamu juga bakal melihat logo loading di sisi kanan bawah, tapi secara warna nggak jelas sih. Alhasil, kadang saya bete dan ngomel sendiri karena loading-nya lama. Padahal kan kebiasaan gamer mobile itu sukanya nge-tap berkali-kali dan mendapat respon yang cepat, atau sekali tap langsung keluar atau aksesnya cepat. Ngerti maksudnya kan?

Secara grafis dan visual, oke lah ya. (doc. Bandai Namco)

Untuk jurus/combo, kamu menggunakan kartu yang bernama Waza Cards. (doc. Bandai Namco)

Bertarung dengan orang lain lewat Dojo!

Sebenernya untuk bertarung dengan orang lain itu enaknya real time. Tapi saat saya bermain Januari sampai tulisan ini dibuat, saya cuma bisa menikmati Dojo. Kita menaruh tiga karakter pilihan untuk menjaga Dojo kita atau melawan Dojo orang lain. Habis itu kita fight deh lawan mereka. Siapa yang kalah duluan dari tiga karakter yang ditaruh, dia yang menang. Asik sih menurut saya, tapi semestinya ditambah lagi dengan real time atau VS mode yang semestinya dirilis lebih dulu.

Selain itu menariknya mode satu ini adalah kamu akan termotivasi untuk terus meningkatkan level karakter kamu. Meskipun butuh waktu lama, terutama dalam mengisi nyawa karakter yang K.O., tapi setidaknya secara emosi dan fisik, kamu akan jadi lebih fresh ketika memainkannya lagi. Intinya sih Tekken Mobile ini juga mengingatkan kamu kalau bermain itu ada waktunya! Jadi pas karakter-karakter kamu kamu K.O., kamu harus istirahat dulu, hehehe…

Nunggu nyawa karakter penuh lama

Menurut saya ini poin yang sangat penting juga sih. Kita butuh waktu cukup lama untuk menunggu nyawa karakter kita balik lagi normal. Belum lagi kalau mau “Heal”, kita harus keluar duit untuk beli item-nya. Males banget nggak sih? Belum lagi kalau lagi ada event yang nguntungin kita banget, menunggu itu jadi sesuatu yang mahal!

Kumpulin kartu untuk koleksi karakter, males!

Sebenernya setiap main game fighting di smartphone tuh yang paling males adalah mengumpulkan shard atau kartu-kartu koleksi karakter tertentu. Kalau udah 10 atau jumlah tertentu karakter tersebut bisa kamu pakai. Belum lagi kalau karakternya itu bintang 3 atau 4 ke atas, nyarinya lebih susah lagi dan takes time banget. Males banget kan?

Kamu bisa tingkatin kekuatan karakter favorit kamu. (doc. Bandai Namco)

Kamu akan mendapatkan EXP dan duit, serta item lain kayak kebanyakan game fighting mobile pada umumnya. (doc. Bandai Namco)

Sialnya, kalau kamu banyak duit, baru deh bisa beli kartu sebanyak-banyaknya, meskipun random, tapi kan jelas banget kamu bakal dapetin seenggaknya kesempatan 50% untuk dapat lebih cepat memiliki karakter tertentu dan bintang tertentu. Jadi pay to win di sini juga berasa sih, meskipun dalam prakteknya masih dalam tahap pengembangan juga.

Well, kurang lebih begitu lah review saya soal game Tekken Mobile ini. Kalau kamu main sendiri, mungkin jadi jauh lebih berasa ya dan kamu bisa lebih ngulik lebih jauh lagi ketika memainkannya. Ada beberapa hal yang nggak bisa diungkap dalam tulisan, tapi ya kamu harus cepet-cepet main game ini sih pokoknya, biar berasa banget pengalamannya setelah membaca review ini.

Summary
Overall this game is entertaining, but sometimes makes you angry. Ya, nunggu nyawa ngumpul lah, atau yang fatal adalah slow respon banget di main menu! Sebel deh kalau responnya lelet. Padahal ini game fighting yang seru dan mainnya simpel banget, harusnya didukung oleh respon yang juga cepat.
Good
  • Nggak perlu beli game Tekken 7 atau Playstation untuk bisa main game terbaru dari franchise Tekken
  • Main gamenya simpel banget!
  • Konsep rebutan Dojo itu seru, termotivasi untuk naikin level karakter
Bad
  • Slow respond banget kalau ngetap di menu atau pas lagi fighting. Ini fatal!
  • Koleksi karakter butuh waktu lama
  • Nunggu nyawa kembali penuh itu lama banget
7
Good
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

2 0

Tekken Mobile – Review – Seru, Simpel, Tapi Kadang Bikin Emosi

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0