Briana White: Streamer Cantik Pengisi Suara Aerith Final Fantasy 7 Remake

Pengisi Suara Aerith Final Fantasy 7 Remake
(twitter.com/TheStrangeRebel)

Percayakah kamu kalau pengisi suara Aerith Final Fantasy 7 Remake adalah seorang gadis yang tidak kalah cantiknya?

Seiyuu atau voice actor memegang peranan penting dalam menghidupkan sebuah karakter. Maka dari itu, penunjukan role ini pun tidak main-main. Aerith Gainsborough adalah salah satu karakter dalam Final Fantasy VII yang memiliki banyak pengisi suara. Dalam versi Jepang, suara Aerith diisi oleh Maaya Sakamoto, sementara versi Bahasa Inggris diisi oleh beberapa orang.

Tercatat ada beberapa pengisi suara Aerith dalam franchise Final Fantasy VII. Ada Mandy Moore di Kingdom Hearts, Mena Suvari di Kingdom Hearts II dan Final Fantasy VII Advent Children, Andrea Bowen di Crisis Core: Final Fantasy VII, dan terakhir Briana White di Final Fantasy 7 Remake.

Baca juga: Jobdesk Seiyuu Itu Seperti Apa Sih?

Dilansir IGN, Briana menceritakan awal dirinya terjun menjadi pengisi suara Aerith Final Fantasy 7 Remake. Sebelum menjadi voice actor, Briana adalah seorang aktris ketika masih muda. Dirinya juga sempat menjajal teater ketika kuliah. Karena kecintaannya pada video game, Briana mencoba menjadi streamer karena dirinya nyaman saat di depan kamera dan bicara di depan banyak orang.

Bukan tanpa kendala agaknya, karena ketika melakukan live stream dirinya selalu menghadapi masalah audio. Dari sini Briana belajar memperbaiki kualitas suara hingga akhirnya menjadi voice actor.

Kegemarannya pada game dimulai saat melihat sang ibu yang juga suka main game. Ketika ibunya membeli Nintendo 64, Briana dan saudaranya bermain Mario Kart, sementara ibunya memainkan Ocarina of Time. Soundtrack game yang dimainkan ibunya adalah lagu favoritnya saat kecil.

Baca juga: Mario Kart Tour Mobile Review: Balapan Menyenangkan Dalam Genggaman

Namun hobinya sempat terhenti saat SMA dan kuliah karena menurutnya pendidikan yang utama. Setelah lulus, Briana mulai tertarik lagi bermain game dan membuat kanal YouTube dengan nama Strange Rebel Gaming. Game favoritnya adalah The Sims. Game itu berkesan buatnya karena itu adalah game yang pertama dia mainkan bersama teman-teman. Dengan bermain The Sims, Briana mampu bersosialisasi dengan teman-temannya karena sebelumnya dia jarang ngobrol dengan mereka.

Sebelum menjadi voice actor Aerith Final Fantasy 7 Remake, Briana enggak main game ini di PS 1. Dirinya lebih suka game Nintendo seperti Mario Kart, Mario Party, dan Ocarina of Time. Briana baru menyukai Final Fantasy ketika dirinya memainkan Final Fantasy XIV. Game ini pula yang menjadi favoritnya dalam franchise Final Fantasy. Ditanya siapa karakter favoritnya, Briana memilih Alisaie Leveilleur karena penuh semangat.

Briana mengaku menemukan banyak elemen yang dia suka dalam game tersebut. Pasalnya ketika mulai terjun sebagai streamer, banyak yang berharap dia memainkan game bergenre RPG, seperti Horizon Zero Dawn, The Last of Us, dan Life is Strange. Di situlah dia mulai memainkan FFXV dan berkenalan dengan franchise buatan Square Enix tersebut.

Namun, Briana memilih tidak memainkan Final Fantasy VII versi original untuk mempelajari Aerith. Dirinya mempelajari karakter tersebut dari film Final Fantasy Advent Children.

Baca juga: Game Compilation of Final Fantasy VII Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Aerith adalah karakter ikonik dalam dunia game. Briana mengaku sangat terkejut ketika dirinya ditunjuk menjadi pengisi suara Aerith Final Fantasy 7 Remake. Menurutnya, voice actor Aerith sebelumnya seperti Mandy Moore, Andrea Bowen, dan Mena Suvari merupakan talenta berbakat dan melegenda karena sudah terjun di dunia voice actor lebih lama.

Berkaca dari hal tersebut, Briana sangat bersemangat ketika dia lulus audisi. Kendati demikian, dirinya sempat nggak percaya diri saat akan rekaman. Ini merupakan tantangan terberat dalam hidupnya. Akhirnya dia sanggup melakukan hal tersebut dengan baik karena kepercayaan yang diberikan padanya. Cek video di bawah ini yang memperlihatkan betapa terharunya saat mendengar suaranya sendiri di Final Fantasy 7 Remake.

Ketika ditanya saran untuk mereka yang ingin menjadi voice actor yang sukses di industri video game, Briana mengatakan harus belajar akting dan fokus karena ini adalah industri dengan persaingan ketat. Dirinya merasa terbantu karena berasal dari latar belakang teater dan berpengalaman dalam akting.

Briana berharap apapun yang dia lakukan, baik streaming, posting foto di Instagram, maupun perjuangannya bisa menginspirasi banyak orang, terutama fansnya di Asia Tenggara.

Cek lebih banyak asupan informasi mengenai voice actor atau tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Editor: Amos Anugrah

Written by
playing Football Manager during off time.

Is the Story Interesting?

0 0