Spider-Man Miles Morales PS5 Ini Standalone atau Sekuel?

Miles di game ini lebih dewasa dari di game Spider-Man PS4. Kekuatannya juga lebih banyak ketimbang Peter Parker. (doc. Insomniac Games)

Banyak yang bingung Spider-Man Miles Morales PS5 ini adalah standalone game atau sekuel. Kalau spin-off udah jelas bukan. Memang sih Insomniac Games udah menegaskan kalau game ini standalone game, tapi banyak yang masih bingung.

Termasuk gue, yang bilang kalau Spider-Man Miles Morales PS5 ini adalah sekuel. Alasannya simpel, udah mainin game Spider-Man PS4 dan expect akan ada sekuel yang lebih menarik. Karena kita tahu bahwa di game pertama aja ada Miles Morales dan ada tanda-tanda dia bakal jadi “the next” Spider-Man dalam waktu dekat di game tersebut.

Namun pada akhirnya belakangan banyak yang meributkan ini adalah expanstion story ataupun spin-off. Ini nggak lepas dari pernyataan salah satu petinggi Sony.

Simon Rutter, EVP head of European Business Sony Interactive Entertainment, sempet berkomentar yang bikin semua orang bingung. Memang lebih kepada komentarnya ini adalah expansion dan peningkatan dari game sebelumnya.

Baca juga: Harga PS5 Senilai $700 atau Hampir Rp 10 juta?

“Ada komponen Miles Morales yang substansial – yang merupakan elemen peningkatan – tetapi juga di dalam game ini terdapat peningkatan besar dalam game dan game engine-nya, yang jelas memengaruhi ke beberapa teknologi dan fitur PlayStation 5,” ujar Simon seperti dikutip The Verge.

Sekilas kayaknya memang masuk akal. Dengan Miles yang udah lebih dewasa dan berkostum seperti yang dia pakai di komiknya, wajar ada yang beranggapan ini sekuel atau spin-off, tapi ngga spin-off sih udah pasti. Namun lagi-lagi kalau kembali ke statement Insomniac Games, ini adalah standalone game!

Udah jelas ya ini standalone game

Oke. Kalau ini standalone game dan bukan spin-off, kenapa nggak dibilang sekuel aja sih? Tentu informasi resminya baru akan menyusul dalam beberapa waktu ke depan. Baik disampaikan langsung Insomniac Games maupun Sony.

Agar lebih jelas, gue cek apa bedanya standalone dan sequel based on Cambridge Dictionary yang bisa dicek di bawah:

Standalone

Awalnya berhubungan sama IT nih
Ini kalau terkait keuangan. Benang merahnya masih sama, nggak terhubung sama induk atau pusat dari sebuah sumber tertentu

Sequel

Intinya melanjutkan cerita dari cerita sebelumnya secara langsung

Jadi, kalau Spider-Man Miles Morales PS5 ini standalone, nggak nyambung sama sekali dong dengan Spider-Man PS4?

To be honest ini juga masih misteri dan memang harus nunggu informasi update resmi dari Insomniac Games. Walaupun kayaknya dari statement mereka di bawah ini kayaknya merujuk ke sekuel, tapi bisa juga this is just another new adventure in Spider-Verse.

“Marvel’s Spider-Man: Miles Morales is the next adventure in the Marvel’s Spider-Man universe.”

Jadi kalau dibilang standalone bisa dibilang masih abu-abu juga. Soalnya di trailer-nya pun masih ada silver lining-nya si Peter Parker. Dan kayak yang kita tahu, Peter itu sangat meng-influence Miles di komiknya. Jadi apakah yang standalone itu a whole story? Kayak ini game ambil time set beberapa tahun setelah Spider-Man PS4? Atau masih ada nyambung-nyambung-nya sama game sebelumnya?

Baca juga: Game PS5 yang Wajib Diantisipasi dan Dibeli

Kayaknya pusing ya? Nggak apa-apa pusing, artinya lo sama excited-nya kayak gue. Jadi mau ini literally standalone game or sequel, let’s wait for next official updates!

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Spider-Man Miles Morales PS5 Ini Standalone atau Sekuel?

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0