Review Genshin Impact: Eksplorasi Dunia yang Indah dan Mengagumkan

User Rating: 8.9

Genshin Impact menjadi salah satu judul game yang ditunggu-tunggu akhir tahun ini. Sebuah dunia open world yang terinspirasi dari Breath of the Wild, tersedia untuk berbagai macam platform tanpa dipungut biaya. Genshin Impact jadi alternatif hiburan, terutama pada situasi yang memaksa kita tetap ada di rumah ini.

Sejak pembukaan server pada 28 September lalu, Joypixel telah mengabiskan beberapa jam menjelajahi Teyvat. Dalam artikel ini Joypixel akan berbagi pengalaman bermain, sistem pertarungan, maupun aspek negatif dan positif dari Genshin Impact ini.

Sinopsis & Cerita

Aether dan Lumine, dua saudara kembar yang memiliki kekuatan untuk menjelajahi berbagai macam dunia dihadang oleh seorang dewi ketika mereka akan meninggalkan Teyvat.

Dalam pertarungan singkat, satu dari kedua saudara itu menjadi sandera sang dewi, sementara yang satu lagi terjebak di Teyvat dengan segel terhadap kekuatannya. Ia kemudian memulai petualangannya untuk mendapakan kembali kekuatannya, serta menyelamatkan saudaranya dari dewi tersebut.

Pemain dapat memilih karakter utama laki-laki atau perempuan, tidak ada perbedaan dialog atau gameplay dari pilihan ini. Setelah itu, kita bertemu dengan Paimon, rekan perjalanan yang akan menemani dan menjelaskan berbagai hal dalam permainan.

Dari segi cerita, Genshin memiliki karakter yang menarik dan plot yang misterius. Mihoyo beberapa kali meng-tease poin cerita major mereka melalui trailer, membuat kita semakin penasaran apa yang terjadi dengan si saudara kembar dalam, dan apa hubungannya dengan dunia tersebut.

Cutscene yang tampil pada beberapa poin cerita dibuat sangat menarik seperti halnya animasi 3dcg. Efek-efek pertarungan seperti halnya pada prolog penuh dengan impact karena disertai juga dengan sound effect yang patut diacungi jempol.

Diluar cutscene, dialog dengan npc dilakukan dalam gaya yang mirip visual novel. Tidak semenarik cutscene namun cukup untuk menyampaikan informasi kepada pemain. Pada beberapa percakapan, kalian diharuskan untuk memilih dialog yang diucapkan protagonis, namun pilihan ini tidak mempengaruhi jalan cerita.

Battle

Sistem pertarungan Genshin adalah action-RPG. Kalian dapat mengendalikan 4 karakter berbeda secara bergantian, masing-masing karakter memiliki archtype nya, dan kalian dituntut untuk menciptakan tim yang saling mendukung satu sama lain.

Fokus dari combat Genshin Impact adalah implementasi elemen dalam pertarungan.

Empat elemen utama dalam pertarungan adalah pyro (api), hydro (air), cryo (es), anemo (angin), electro (listrik), geo (tanah), dan Dendro (alam/kayu).

Sistem pertarungan Genshin mendorong pemain untuk dapat menggunakan kombinasi elemen tadi sebaik mungkin. Satu elemen berpengaruh dengan elemen lainnya, menghasilkan berbagai efek buff, debuff, maupun peningkatan serangan dan pertahanan.

Efek elemen yang berinteraksi dengan lingkungan dapat kalian manfaatkan untuk kombinasi elemen

Pada awalnya akan terasa membingungkan untuk menghafal efek yang dihasilkan masing-masing elemen, serta reaksi mereka satu sama lain. Namun seiring permainan, efek-efek yang dihasilkan dari reaksi ini akan sangat rewarding dalam pertarungan.

Dunia

Mihoyo pantas mendapatkan acungan jempol untuk dunia luas yang ada pada Genshin. Selama eksplorasi, kalian akan menemukan peti-peti loot, beberapa membutuhkan puzzle untuk diselesaikan, dan beberapa baru didapat setelah menghabisi monster.

Kehadiran foto mode bagi kamu yang Instagram-mania

Kalian juga dapat bertemu berbagai boss dan mini-boss selama perjalanan, jika kalian tidak siap, boss-boss ini siap membuatmu sengsara.

Genshin membawa mekanisme teleportasi yang terhitung memanjakan player. Kalian dapat berteleportasi ke lokasi-lokasi penting dari mana saja melalui map yang memudahkan ketika kalian ingin menyelesaikan dungeon.

Akan tetapi jika membicarakan area pemukiman, masih banyak yang harus dikembangkan lebih jauh. Area pemukiman Genshin terasa tidak jauh beda dari alam liar: sepi, dan terkesan datar. Tidak ada NPC yang unik, dan banyak diantaranya merupakan asset copy-paste.

Co-op system

Genshin menghadirkan mekanisme Co-op yang dapat mempertemukanmu dengan 4 orang di dunia player yang menjadi host. Dalam mode Co-op, pemain lain yang menjadi ‘tamu’ dibatasi dalam berbagai hal seperti tidak bisa mengakses shop, tidak bisa membuka peti, dan tidak bisa menyelesaikan main story quest.

Sebagai tamu kalian masih dapat me-loot musuh-musuh yang dikalahkan maupun batu tambang, namun poin utama dari Co-op adalah saling membantu untuk mengalahkan boss dalam map.

Grinding

Seperti halnya game free-to-play lain, kalian akan dihadapkan pada tembok bernama grinding. Untuk memperkuat karakter adalah sebuah keharusan di game ini, berpetualang agak jauh dari kota awal, anda akan mulai bertemu dengan musuh-musuh yang levelnya setara, atau lebih tinggi dari anda.

Memperkuat karakter dapat dilakukan lewat leveling karakter, senjata, dan Artifak. Artifak berperan sebagai equipment yang memberikan kalian peningkatan status, dan memiliki benefit tambahan bila kalian menyertakan Artifak yang ada pada satu set.

Untuk menemukan material yang bisa meningkatkan level dan limit break, bisa dilakukan dengan menjelajahi Teyvat, atau menggunakan Resin untuk membuka Leyline.

Resin berfungsi layaknya stamina daily yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai konten yang dapat memberikan equipment atau material. Pemain disarankan untuk selalu menghabiskan jatah Resin harian untuk dapat terus mengembangkan level karakter.

Final Verdict

Genshin Impact sukses menghadirkan dunia indah yang menyenangkan untuk dieksplorasi. Mekanisme pertarungan yang dihadirkan terasa engaging dan mendorong pemain untuk terus bereksperimen hingga menemukan kombinasi karakter sesuai dengan playstyle.

Cerita dan latar belakang yang dihadirkan juga menarik, disertai dengan cutscene cantik. Eksekusi yang tepat dari inti game ini sendiri membuatnya sangat worth untuk dicoba.

Sayangnya, Genshin memiliki beberapa isu dalam hal teknis. Di luar komentar tentang area pemukiman yang sepi atau mode co-op yang butuh variasi, terdapat bug, dan pengaturan setting yang kurang lengkap. Bug suara yang tidak sinkron dengan dialog, kurangnya pilihan resolusi layar, serta tidak dapat mengedit skema kontrol yang sudah ada.

Akhirnya Joypixel menutup dengan kesimpulan bahwa Genshin Impact menawarkan pengalaman open-world eksplorasi yang tepat, dan sistem pertarungan yang memuaskan. Bila kalian menyukai game open-world dan grafis ala anime, saya sarankan untuk mencoba game satu ini!

Sampai ketemu di Teyvat!

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Summary
Sebagai game free-to-play, Genshin Impact menawarkan pengalaman single player yang solid. Namun Genshin masih harus mengembangkan berbagai hal, baik dalam konten multiplayer, bug, setting, maupun berbagai peningkatan agar game ini semakin bagus kedepannya.
Good
  • Dunia luas yang indah
  • Sistem pertarungan kompleks yang menarik dan rewarding
  • Berbagai karakter anime dengan personality unik
  • Tersedia di berbagai platform
  • Free-to-play
Bad
  • Area pemukiman yang kurang hidup
  • Butuh waktu untuk membuka seluruh konten
  • Karakter yang terkunci dalam gacha
  • Berbagai isu teknis dan kurangnya kustomisasi setting
8.9
Great
Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0