Siap Dijual! Harga, Spesifikasi, dan Tanggal Rilis Playstation 5

(Doc. Insomniac Entertainment)

Setelah ditunggu-tunggu, Playstation akhirnya mengumumkan harga rilis dari konsol next-gen mereka.

Playstation 5 yang akan menjadi pesaing dari Xbox Series S pagi ini mengumumkan harga mereka dalam mata uang US dollar, euro, poundsterling, serta yen.

Konsol ini akan rilis di US, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan pada tanggal 12 November 2020. Sementara perilisan ke region lain akan dimulai pada tanggal 19 di bulan yang sama.

Waktu perilisan pertama ini hanya berselang dua hari dari jadwal rilis Xbox Series X. Namun region lain harus lebih bersabar, pasalnya ada jeda waktu hampir seminggu hingga Sony merilis konsol ini untuk region lain, terutama di Asia Tenggara.

Harga rilis untuk PS5 berdasarkan versi US dollar adalah 499 usd, atau setara dengan 7 juta rupiah. Versi digital dari konsol ini memiliki harga yang lebih murah, yaitu 399 usd, atau 6 juta rupiah.

(Doc. Sony)

Spesifikasi dan Fitur

Seperti Xbox Series S dan S, PS5 memiliki versi digital dari konsol ini yang tidak memiliki pemutar disc, dan dijual dengan harga yang sedikit lebih murah.

Dilansir dari techradar, berikut adalah spesifikasi teknis dari konsol andalan Sony ini.

  • CPU: AMD Zen 2-based CPU with 8 cores at 3.5GHz (variable frequency)
  • GPU: 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
  • GPU architecture: Custom RDNA 2
  • Memory interface: 16GB GDDR6 / 256-bit
  • Memory bandwidth: 448GB/s
  • Internal storage: Custom 825GB SSD
  • IO throughput: 5.5GB/s (raw), typical 8-9GB/s (compressed)
  • Expandable storage: NVMe SSD slot
  • External storage: USB HDD support (PS4 games only)
  • Optical drive: 4K UHD Blu-ray drive

Penggunaan SSD dalam konsol ini akan menjadi aspek penting. Game-game baru semakin memiliki graphic yang demanding, beberapa juga didesain dalam bentuk open world yang membutuhkan hardware untuk merender area yang luas.

SSD memiliki bandwith yang lebih besar untuk mengerjakan tugas berat tersebut, sehingga tidak memberikan berban berlebihan untuk RAM. PS5 sendiri memiliki kapasitas SDD sebesar 825 GB.

Ukuran ini lebih kecil dari Xbox Series X, namun bisa diperbesar melalui hard drive SSD NVMe.

Judul-Judul Eksklusif

Tidak hanya itu, Sony juga mengumumkan berbagai judul game-game ekslusif yang muncul pada pengumuman harga PS5, game-game tersebut diantaranya adalah Spiderman: Miles Morales, Demon’s Soul Remake, dan teaser God of War terbaru.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0