Sony Akan Matikan Toko Digital Untuk Playstation Lawas!

Sony Playstation

Generasi konsol Playstation dari Sony datang dan pergi. Namun di balik kemeriahan atas perkembangan teknologi ini, terbesit pertanyaan ‘apa jadinya konsol lama yang sudah menemani kita?’

Sony, sebagai produsen utama dari konsol Playstation. Diberitakan akan menutup akses toko digital untuk PS3, PS Vita, serta PSP. Dilansir dari Thegamer, Juli akan jadi bulan terakhir bagi toko digital PS3 dan PSP. Sementara untuk PS Vita, setidaknya kamu masih punya waktu hingga Agustus untuk meng-backup judul-judul yang pernah kamu punya.

Saat ini, Sony sudah mempunyai situs Playstation Store baru yang tidak mencantumkan list dari konsol lama mereka. Item seperti tema, judul gim, maupun DLC untuk PS3, PS Vita, dan PSP tidak dicantumkan. Hanya ada PS4, PS5, PSVR, dan akses PS Plus.

Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Penutupan Store?

Meskipun terdengar seperti kabar buruk, untungnya Sony sudah memberi pernyataan resmi tentang hal ini. Dilansir dari Gizchina, berikut adalah hal-hal yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan setelah penutupan Store tersebut:

Yang bisa kamu lakukan:

  • Mendownload dan memainkan judul-judul game yang pernah kamu punya
  • Akses ke berbagai video, dan konten media
  • Mendownload dan memainkan berbagai game yang tersedia di PS Plus, selama tetap menjadi member

Kemudian, yang tidak bisa kamu lakukan:

  • Membeli konten digital konsol PS Vita, PS3, dan PSP. Termasuk game, dan konten video.
  • Tidak bisa melakukan in-game purchases dari konsol-konsol lama tersebut.
  • Tidak bisa mengakses PSN Wallet dari konsol yang sudah ditutup.

Selain akses untuk membeli konten digital, Sony juga akan mematikan akses URL ke toko Sony untuk konsol-konsol lama. Konsol seperti PS1, PS2, PS3, PS Vita, dan PSP secara resmi tidak akan bisa mengakses konten digital lagi.

Tentunya hal ini menyedihkan bagi kalian yang memiliki banyak game favorit di konsol-konsol tersebut. Sony tampaknya sudah siap tancap gas dengan perangkat terbaru mereka. Namun tanpa adanya pewaris untuk PS Vita, pasar konsol handheld menjadi semakin sepi.

Apa kamu punya game favorit di PSP, PS Vita dan PS3? Cerita di kolom komentar ya!

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0