Ario Anindito : Komikus Indonesia Sekarang Punya Potensi Besar

Bekerja dengan Marvel dan DC, harus siap konsisten! (photo by Satria Perdana)

Semakin populernya komik Barat di berbagai belahan dunia, seperti juga terjadi di Indonesia, tentu jadi sebuah berkah buat para pecinta komik-komik Marvel maupun DC. Kedua publisher tersebut tentu jadi publisher paling bertanggung jawab atas tren ini. Apalagi kalau kamu tahu ada keterlibatan orang Indonesia di dalamnya, seperti Ario Anindito, yang pernah bekerja di dua publisher komik tersebut.

Seiring dengan semakin populernya komik Barat di Indonesia, Ario Anindito pun bilang tren positif ini harusnya bisa dimanfaatkan oleh komikus-komikus lokal untuk unjuk gigi.

“Komikus Indonesia, yang bekerja di publisher komik Barat seperti Marvel dan DC, bisa dibilang kurang dari 10 sih, termasuk gue,” buka Ario saat ditemui di Indonesia Comic Con 2017, Sabtu (28/10) lalu.

“Komikus Indonesia sekarang itu potensial banget. Potensi mereka itu besar-besar saat ini. Harus banget bikin karya yang bikin orang-orang itu notice you,” tambah cowok yang suka memakai topi ini.

Baca juga : Penciller Marvel, Ario Anindito: Menggambarlah Karena Memang Kita Suka

Menurut Ario, apa yang bikin komikus Indonesia potensinya agak sulit tergali atau ketika udah bergabung dengan publisher besar seperti Marvel dan DC, mengalami masalah, biasanya karena disiplin dan komitmen.

“Hambatannya orang Indonesia yang udah pernah atau lagi bekerja dengan dua publisher besar tersebut itu ada dua. yang pertama itu disiplin. Kedua itu komitmen. Kerja sama mereka, lo nggak bisa late dan harus komitmen,” tegas Ario.

“Kalau berkaca sama kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, Marvel itu bersikap profesional. Ya kita juga harus bersikap profesional juga. Karena itu attitude ya. Sama jangan pernah puas. Masih banyak orang yang lebih hebat sebenernya di luar sana. Kalau gue sih ya pengen setidaknya nyokab tuh bangga lihat gue lah, selama berkarir. Nah, komikus lokal juga setidaknya punya perasaan seperti itu,” tandas Ario.

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>