Bagaimana Cara Mengikuti Alur Cerita Marvel Comics dan Filmnya?

kira-kira udah pada tau belum awal perjalanan Marvel Comics dan timeline-timeline yang mereka mainin?

Marvel Comics yang udah lama banget hadir ini pasti semakin banjir peminatnya. Hal ini seiring adanya Marvel Cinematic Universe yang mengadaptasi cerita dan karakter dari komik tersebut ke film layar lebar. Nggak tanggung-tanggung, Marvel Cinematic Universe atau yang disingkat MCU ini udah masuk ke Phase 3, sejak dimulai lewat Iron-Man pada 2008 silam!

Penikmat film MCU yang nggak tahu-menahu soal cerita originalnya, pasti bingung sama jalan cerita yang diambil dari komik, biarpun tiap film ada sinopsis atau menyajikan teaser maupun trailer.

Laman All Timelines memandu kita soal komik Marvel secara rinci dan menerangkan soal timeline di Marvel secara jelas. Mulai dari awal mula komik itu terbit sampai yang sekarang baru mulai diterbitkan atau yang akan terbit selanjutnya.

Biar nggak bingung waktu nonton film-film Marvel, simak deh penjelasan timeline yang ada di Marvel Comics dan pengaruhnya di layar lebar atau TV series. Daripada kamu lagi asik nonton, eh temen kamu yang lebih khatam ternyata doyan kasih spoiler! Kamu juga harus ngerti nih!

The Beginning

The Beginning jadi era pertama awal mulanya Marvel Comics lahir. Di era ini, komik-komik kayak Conan the Barbarian, Red Sonja, dan awal cerita dari Asgard lahir.

Di era ini, komik yang diterbitkan nggak mencantumkan penulis maupun artisnya, bahkan nggak menuliskan tahun terbitnya. Komik yang dirilis ini nggak ada warnanya alias hitam putih. Buat yang mau mulai langsung terjun ke era Marvel 616, era The Beginning pas buat jadi pengantarnya.

Classic Origins

Masuk ke era Classic Origins, di mana disebut jadi usia perak dan emas komik Marvel, karena udah mulai masuk ke cerita dari tokoh-tokoh kayak Spider-Man, Captain America, Fantastic Four dan member-member lain dari The Avengers. Lewat komik edisi ini, kamu bakal tahu wujud asli dari para superhero Marvel kita, sebelum mengalami banyak perubahan sampai sekarang.

The 70’s

Era ini udah masuk ke eranya karakter-karakter yang sampai sekarang masih hadir di perkomikan Marvel. X-Men, Silver Surfer, Doctor Strange udah muncul di era ini. The Late Seventies udah merilis total kurang lebih 251 komik. Dan sampai saat ini karakter-karakter yang ada di komik edisi tersebut juga udah banyak yang kita kenal lewat film layar lebar Marvel maupun TV seriesnya.

The 80’s

Sehabis era 70’s, era 80’s memulai event-event gedenya. Secret Wars dan Days of Future Past jadi event gede yang ada di era The Early Eighties ini. 299 komik udah berhasil dikeluarin di era ini. Beberapa film Marvel, khususnya dari serial X-Men yang udah tayang di layar lebar mengambil sejumlah cerita atau intisari dari komik yang ada di era ini lho. Salah satunya X-Men: Days of Future Past.

The 90’s

Tahun 1990 banyak yang bilang “ngebunuh” perindustrian komik termasuk Marvel Comics. Ya, memang di era ini banyak rilisan Marvel yang ceritanya bisa dibilang jelek. Tapi nggak semua dari komik di era ini jelek-jelek kok. Masih ada yang bagusnya. Era ini jadi saksi kerja sama antara Marvel dan DC.. Kedua industri komik itu mencoba menggabungkan atau crossover tokoh komik tersebut dan juga menjadi satu cerita komik yang punya seri pendek kerja sama, yang bisa dibilang The Amalgam Universe.

The 2000’s

Masuk ke era Millennium dari komik Marvel, di mana mereka kembali dari era krisisnya akibat dibantu oleh DC yang mau kerja sama. Apalagi sehabis diadaptasinya cerita dari komik Spider-Man dan X-Men menjadi film layar lebar. Karakter yang diangkat di era ini masih dari era 70’s, tapi dibuat kembali atau dibuat versi barunya.

Civil War — Secret Invasion

Event besar kedua Marvel setelah event yang ada di era 80’s, yaitu antara lain ada House of M, Civil War, World War Hulk, dan Secret Invasion. Era ini sukses besar buat mengadu karakter-karakter hero yang ada di komik Marvel.

Dark Reign — Fear Itself

Event ini mencakup semua karakter Marvel terkenal di tahun 2010. Event Dark Reign merupakan awal mula dari Fear Itself, di mana akhir dari event ini nggak berbuntut panjang.

Fear Itself — Avengers vs. X-Men

Akhir dari event Fear Itself jadi batu loncatan buat event selanjutnya. Ya, event yang mulai mengulang keributan dan bentrokan pasca event Civil War tersaji di era 2000’s, Kumpulan pahlawan yang tergabung di The Avengers bakalan adu kekuatan sama para mutan di X-Men. Avengers vs. X-Men yang terbit dipertengahan 2010 berhasil jadi event besar.

Marvel Now!

Setelah DC yang ngelahirin lagi era komiknya lewat DC Rebirth, Marvel nerbitin era barunya di Marvel Now! berbarengan dengan DC. Marvel Now! mencakup semua komik utama di Marvel. Ceritanya sih sebenarnya cukup membantu kamu untuk memahami keseluruhan kisah yang ada di Marvel sih.

Secret Wars — All New, All Different

Sebelum Marvel Now! Marvel nge-tease atau memperkenalkan karakter-karakter baru dalam event Secret Wars. Sehabis berhasil sama karakter-karakter baru yang mereka kenalin, event dari All New, All Different jadi panggung buat karakter-karakter barunya. Karakter barunya contohnya ada Kate Bishop yang berperan jadi (New) Hawkeye, Totally Awesome Hulk jadi Hulk baru, dan lain-lain.

Secret Empire

Yang terakhir, ada Secret Empire yang jadi event besar dan masih berjalan sampai saat ini, serta berpengaruh besar ke timeline komik Marvel. Rahasia-rahasia gelap yang ada di komik Marvel akhirnya terkuak di event ini.

Selain timeline Marvel Comics yang dijelaskan secara singkat dan bertahap dari era ke era, tentu kamu juga perlu mengerti timeline filmnya. Ya, sebagian besar film layar lebar dalam MCU cukup nyambung atau setidaknya banyak terinspirasi dari komiknya. Nih guys sedikit penjelasan lainnya soal timeline film Marvel!

Marvel Cinematic Universe

Marvel yang menggarap MCU jadi bagian dari Marvel Multiverse ini mengambil latar Earth-199999 setelah banyak “Earth” yang Marvel punya. Tapi, X-Men nggak termasuk dalam MCU setelah X-Men diakuisisi Fox. Beda sama Spider-Man yang diakuisisi Sony, yang akhirnya mau diajak kerja sama buat masuk ke bagian MCU.

The X-Men Cinematic Universe (Earth-10005)

Setelah Fox menegaskan kalau X-Men itu punya mereka, ternyata bukan para mutan aja yang “dianggap anak”, Fantastic Four dan X-Force juga ada ditangan mereka, Fox!

The Amalgam Universe (Earth-9602)

Nah universe ini lebih ke kerja sama antara industri komik Marvel dan DC atau kerja sama Marvel sama industri-industri komik lainnya. Mungkin akan bikin kamu bingung sih, kalau nggak ngikutin bener-bener dari awal, karena untuk Universe satu ini sedikit kompleks. Tapi untungnya kamu nggak perlu capek baca banyak, karena edisi ini cuma sedikit.

Jadi dari sekian panjang perjalanan Marvel Comics, alur cerita dan timeline yang ada sampai sekarang, ada nggak yang kamu suka? Dan event apa kira-kira yang kamu suka? Semoga nggak pusing aja sih mengikuti perkembangan ceritanya…

 

Written by

Comic makes you alive.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>