Kreator Ghosty’s Comic : Si Ghosty Ini Udah Ada dari SMP

Ternyata si Jaret, Sultan, dan kawan-kawan di Ghosty's Comic udah ada dari SMP guys kata sang kreatornya, Fajar! (photo by Satria Perdana)

Kamu yang doyan khilaf jajan mainan, tentu kenal sama nama-nama seperti Jaret atau Sultan bukan? Nah, kebetulan di Neo ComicFest ID 2017 kemarin, kami berkesempatan buat ngobrol-ngobrol sama sang kreator Ghosty’s Comic alias Jaret, eh, Raden Fajar Hadria Putra. Dan dia sukses bikin kami khilaf jajan barang-barang yang dijualnya. Damn…

Okay, bicara soal si Jaret dan kawan-kawan, tentu kami penasaran kenapa nama komiknya dikasih nama hantu sampai seluk beluk isi ceritanya sendiri sampai saat ini yang bertema “ke-khilafan” dan dekat banget sama kehidupan para kolektor mainan. Mulai dari yang kere sampai yang memang bener-bener Sultan.

Baca Juga : Suka baca komik online dalam genggaman? Cek Comico Indonesia!

“Hahaha… Jadi dulu sebenernya pas bikin ceritanya itu seputar kegiatan saya sehari-hari. Kehidupan sehari-hari lah kayak gimana. Kenapa sampai sekarang itu lebih bercerita tentang khilaf dan deket sama anak-anak yang suka koleksi mainan, karena kebetulan itu juga termasuk hobi saya,” jelas Jaret di tengah-tengah kesibukannya menjaga booth.

“Sebenernya si Ghosty ini udah dari SMP. Dulu waktu SMP saya bikin dan sampai sekarang ternyata banyak yang baca dan jadi IP (Intelectual Property) sendiri tentu jelas bangga ya. Seneng aja gitu banyak yang suka dan baca karya saya,” tambahnya.

Perjalanan Fajar menjadi seperti sekarang tentu nggak lepas dari kerja kerasnya dalam menyebarkan karya. Mulai dari yang awalnya di Facebook, lalu Instagram, sampai sekarang udah bisa kita jumpai di LINE lewat stiker-stikernya.

“Semua sebenernya bisa bikin stiker sendiri sih. Tapi waktu itu ada tawaran dari LINE dan sampai akhirnya jadi seperti sekarang,” tuturnya.

Sudah lama menunggu . . . . . . . #ghostycomic #komikstrip

A post shared by GHOSTY’S COMIC (@ghosty_comic) on

Representasi para kolektor mainan

Karakter-karakter yang ada dalam Ghosty’s Comic merupakan representasi para kolektor mainan. Fajar bilang selama dia menjalani hobi “khilaf” sampai harus makan pakai nasi kecap itu memang mengangkat kejadian sesungguhnya para kolektor mainan.

Menurutnya sisi tersebut menarik untuk diangkat, karena ia juga ingin cerita-cerita yang diangkat dalam industri komik lokal nggak melulu soal drama atau romance. Apalagi menurutnya karakter yang diciptakannya ini sangatlah unik dan kini menjadi ciri khasnya juga.

“Kalau si Jaret itu kan memang dia merepresentasikan orang yang suka beli mainan, tapi dia suka ngutang sama temennya. Kere lah, tapi suka beli ini itu. Kalau Sultan itu kan kayak orang-orang yang beli mainan apa aja bisa, hehehe… Terus ada Pamans juga, yang setiap kali dia beli apa aja pasti pamer. Ada lah pasti orang-orang kayak gitu kan? Bener nggak?” papar Fajar.

Baca Juga : Siap-siap ikutan Comico Challenge tahun 2018 nanti!

Obrolan kami sama Fajar alias Jaret di tengah singgasana mininya. Mungkin sebenernya dia ini Sultan. (photo by Gesang Prayoga)

“Kan kalau di event-event pameran mainan, kita suka nemuin juga orang-orang kayak Sultan tuh, yang sekalinya belanja banyak. Nah, itu yang saya representasikan di sini (Ghosty’s Comic). Tapi nantinya akan ada karakter-karakter lain lagi kok. Kan komiknya nggak cuma cerita soal Jaret,” tambah cowok yang humble ini.

Ingin merambah ke media lain

Ternyata selain konsisten bikin konten di media sosial dan juga beberapa kali bikin buku, plus menyasar LINE dalam bentuk stiker, Fajar juga punya ambisi untuk terus merambah ke media lain. Karena menurutnya Ghosty sendiri bukan sebatas karakter komik, melainkan sebuah IP yang ia banggakan.

“Saya bangga saat ini Ghosty’s Comic ini jadi IP yang saya punya dan bermuatan lokal. Selain stiker dan lain-lainnya, tentu saya punya harapan bisa merambah ke media-media lain ya. Jadi nggak cuma komik sih. Mungkin ke depannya saya pengen si Jaret ini muncul di game, jadi game lah. Semoga aja cepat terwujud, ya…” harapnya.

Beberapa barang dagangan Fajar a.k.a. Jaret dari Ghosty’s Comic di Neo ComicFest ID 2017 kemarin yang bikin khilaf… (photo by Satria Perdana)

Aamiinin aja dulu deh Jar, semoga kesampaian dan semoga para penikmat Ghosty’s Comic bisa bertahan melawan godaan khilaf yang menguras dompet. Kalau yang udah jadi Sultan mah bebas-bebas aja mau ngapain…

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

3 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.