Lima Kisah Joker yang Wajib Kamu Baca

Joker akhirnya resmi tayang di Indonesia nih, JoyFriends! Buat yang udah nonton, gimana tanggapannya? Baguskah? Atau B aja?

Yang mana pun jawabanmu, harus diakui film garapan Todd Phillips ini adalah salah satu comic book movie paling ditunggu tahun ini. Pasalnya, film ini berusaha memberikan perspektif baru terkait asal-usul The Clown Prince of Crime.

Nah, buat kamu yang jadi kepo sama kisah-kisah Joker di komik setelah nonton filmya, kami punya beberapa rekomendasi judul yang wajib kamu baca. Check it out!

A Death in the Family, 1988

Kisah yang ditulis oleh Jim Starlin dan diilustrasikan oleh Jim Aparo berkisah tentang perjalanan Jason Todd, sang Robin kedua, mencari ibu kandungnya. Pencarian tersebut membawa Todd hingga Libanon dan bertemu dengan Joker. Dalam kisah inilah Joker mencabut nyawa Todd dengan linggis. Kisah ini tanpa diragukan lagi adalah salah satu kisah paling berpengaruh dalam legenda Batman.

The Man Who Laugh, 2005

Ditulis oleh Ed Brubaker dan diilustrasikan oleh Dough Mahnke, The Man Who Laugh adalah (semacam) sekuel komik Batman: Year One. The Man Who Laugh menceritakan pertemuan pertama sang Kelelawar dengan Joker serta asal-usul sang Badut. Dalam kisah ini kamu bisa melihat bagaimana Joker membangun reputasinya sebagai salah satu villain menakutkan di dunia DC. Btw, komik ini juga kabarnya jd salah satu rujukan untuk film Joker lho.

Mad Love, 1993

Jika kamu juga demen sama Harley Quinn, maka kamu nggak boleh melewatkan kisah yang ini. Mad Love berlatar di dunia Batman: The Animated Series karya Paul Dini (yang juga jadi penulis komik ini). Di sini kamu bisa lihat bagaimana seorang Dr. Harleen Quinzel terlibat hubungan romantis yang tak masuk akal dengan pasiennya, Joker. Mad Love meraih penghargaan Best Single Story di Will Eisner Comic Industry Award pada tahun 1994.

Endgame, 2014

Bukan, ini bukan film pemungkas dari penerbit sebelah. Endgame yang ini merupakan karya Scott Snyder (penulis) dan Greg Capullo (ilustrator). Dalam kisah ini, Joker memutuskan meracuni seluruh warga Gotham sebagai pertanda mengakhiri “hubungannya” dengan Batman karena dia anggap sang Manusia Kelelawar membosankan. Demi menyelamatkan Gotham, Batman pun meminta bantuan dari keluarga dan beberapa musuh besarnya. Endgame juga sedikit membahas asal-usul Joker lho. Kali ini, sang Clown Prince of Crime disebut-sebut adalah makkhluk abadi yang udah hidup dari abad pertengahan.

The Killing Joke, 1988

Juga salah satu komik yang menjadi rujukan film Joker, kisah ini merupakan karya Alan Moore (penulis) dan Brian Bolland (ilustrator). The Killing Joke berfokus pada asal-usul Joker dan “perjuangannya” membuktikan semua orang bisa jadi seperti dirinya hanya karena one bad day. Nggak tanggung-tanggung, dia berusaha buktikan hal ini dengan meneror Jim dan Barbara Gordon. Meski komik ini sebenarnya one-shot, beberapa elemen dalam The Killing Joke akhirnya diintegrasikan ke main timeline, salah satunya adalah Barbara Gordon yang jadi cacat usai event ini dan menjadi Oracle.

Itu dia lima kisah Joker yang wajib kamu baca kalo pengen tahu lebih jauh soal The Clown Prince of Crime. JoyFriends mungkin punya judul-judul lain terkait Joker yang nggak kalah keren? Share di kolom komentar ya!

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.