Siap-siap Ikutan Comico Challenge Tahun 2018 Nanti!

Nanti yang akan mengisi booth Comico Indonesia di setiap event pop culture bakal ada kamu. Jangan berhenti berharap! (photo by Gesang Prayoga)

Kalau lihat judulnya, pasti kamu jadi penasaran kan sama challenge yang dibikin Comico Indonesia? By the way, kalau kamu kebetulan punya ide buat bikin komik atau malah udah punya komik original yang belum pernah diterbitkan, kamu bisa lho masukin di Comico Indonesia! Caranya dengan mengikuti Comico Challenge yang bakal diselenggarakan 2018 mendatang.

Emang belum ada detail gimana caranya buat ikutan kompetisi ini, tapi kemarin kami berkesempatan ngobrol dengan Chris Lie selaku perwakilan dari Comico Indonesia terkait kualitas yang diharapkan dari para kontestan Comico Challenge nanti.

“Kami mencari konten yang bisa sukses di skala global. Karena itu tadi, jaringan global Comico itu sangat dekat. Jadi kami nggak mau ngimpor konten doang, gue juga mau ekspor konten. Jadi apa yang kita cari ya itu, konten yang kira-kira bisa sukses secara global. Kayak komik Erfan tadi, setting-nya emang di Indonesia, tapi secara premis itu kan general,” ungkap Chris Lie saat ditemui di gelaran Neo ComicFest ID pada Minggu (3/12) di Neo Soho Mall.

Baca Juga: Suka baca komik online dalam genggaman? Cek Comico Indonesia!

Sementara itu Editor Comico Indonesia, Yudhistira Utama, mengatakan kalau pihak Comico juga akan tetap memperhatikan selera pasar. Menurutnya genre yang tren dalam dunia webtoon saat ini masih nggak jauh-jauh dari drama atau romance, walaupun tentu aja mereka juga terbuka dengan genre-genre lainnya. Pasar juga lebih menikmati kisah-kisah yang ringan dan mudah untuk diikuti.

“Karena kebanyakan pembaca webtoon itu baca saat perjalanan. Dalam artian di kereta, di jalan, di angkot, intinya di waktu luang mereka,” jelas Yudhis.

Yudhis lebih lanjut menjelaskan kalau Comico juga tetap mengutamakan kualitas komik tersebut, baik dari segi penceritaan maupun teknis gambar. Karena seperti yang udah disebutkan oleh Chris Lie, konten dari Comico Indonesia ini diharapkan bisa “diekspor” ke negara jaringan Comico lainnya.

“Dari segi gambar kami emang cukup selektif. Kualitas gambar ini kadang bukan karena gambarnya nggak bagus, tapi mungkin coloring-nya dia belepotan. Apalagi ini formatnya berwarna kan, jadi ini penting. Kalau dari segi cerita, jelas kami mau yang unik. Unik bukan berarti nggak mainstream, bisa aja (kisahnya) mainstream tapi ada yang unik nih, ada yang beda,” pungkas Yudhis.

Baca Juga : Neo ComicFest ID, wadah kreator lokal memasarkan karya

Oke, kamu udah tau nih kira-kira karya macem apa yang diinginkan sama pihak Comico. Nah, sekarang hadiah Comico Challenge apa nih?

“Nah, yang kami tawarkan di sini adalah karir dan masa depan sebagai komikus. Jadi hadiahnya adalah kontrak kerja jangka panjang dengan Comico. Kalau begini kan kalian jadi punya karir, karya kalian juga akan dikenal, dan hopefully masa depan kalian juga akan terbangun,” jelas Chris Lie saat ditemui usai talkshow.

Selain mendapatkan kontrak kerja, kamu juga  berkesempatan buat berkunjung ke markas besar (baca: headquarter) Comico di Tokyo, Jepang, lalu berkunjung ke beberapa penerbit manga, dan berdiskusi dengan para editor di sana!

Jadi tunggu apalagi guys, siapin karya-karya kamu dari sekarang dan terus pantengin media sosial Comico buat tau kapan Comico Challenge ini dimulai!

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0

1 Comment

  1. Wow, dunia perkomikan Indonesia jadi makin seru ya! 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.