Siapa Miles Morales, Spider-Man Penerus Peter Parker?

Ngomongin soal Spider-Man emang nggak akan ada abisnya, image Peter Parker selalu melekat dipikiran setiap orang. Tapi kali ini kami mau bahas Miles Morales, siapa sih dia? (Image Source: Geektyrant)

Ngomongin soal Spider-Man nggak akan ada habisnya. Siapa yang nggak kenal dengan tokoh komik Marvel paling ikonik satu ini? Dengan tingkah maupun kekuatannya, Peter Parker tokoh yang ada dibalik topeng si Manusia Laba-laba ini, banyak dicintai dan dijadikan sebagai tokoh favorit dari semua kalangan usia. Selain dicintai dan difavoritkan karena tingkah laku maupun kekuatannya, semua orang pasti merasa iba dengan latar belakang Peter Parker yang terbilang memprihatinkan.

Tinggal bersama dengan bibinya yaitu Bibi May, Peter tumbuh besar menjadi seorang pahlawan dengan topeng Spider-Man yang ia kenakan maupun menjadi pahlawan dikehidupan normalnya. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan komik yang semakin pesat dengan ide-ide cerita baru dan karakter-karakter baru yang diciptakan oleh para kreator andalan para publisher komik, karakter Spider-Man lain pun mulai bermunculan dengan banyak versi selain Peter Parker. Beberapa di antaranya ada Spider-Man Noir, Spider-Man Superior, Spider-Ham, Spider Gwen, Spider-Woman, SP//DR dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak karakter, tokoh Spider-Man berkostum hitam dan merah paling banyak mencuri perhatian, yaitu The New Spider-Man yang dibalik topeng tersebut adalah seorang anak remaja berkulit hitam bernama Miles Morales. Karakter yang diciptakan oleh Michael B. Bendis ini menjadi sorotan lebih banyak dari para pembaca komik. Kamu tentu belum tahu kan asal-usul dari munculnya si Spider-Man baru yang film-nya bakalan tayang mulai 14 Desember ini?

Bahkan sekarang Miles Morales udah masuk ke film animasi lho. (Image Source: Screenrant)

Baca Juga :

Meski levelnya jauh dari Peter, Miles masih punya potensi dan waktu yang panjang buat menyaingi level dari The Origin Spider-Man a.k.a. si Peter Parker sendiri. Karakter yang satu ini pertama kali tampil tahun 2011 lewat komik Ultimate Fallout di issue ke 4. Dikutip dari Gamespot Miles Morales hidup disuatu tempat yang dikenal dengan “Ultimate” Marvel Universe atau kehidupan alternatif yang di dalam kehidupan tersebut masih banyak alternatif-alternatif lainnya. Jadi bisa dibilang kehidupan Peter sama Miles ini beda universe.

Asal mula kekuatan Miles Morales

Secara tampilan sih terlihat lebih sangar ya dibanding Peter. (Image Source: Wired)

Awalnya, Norman Osborn bersama dengan timnya yang merupakan sesama ilmuwan sedang mempelajari darah dari seorang Peter Parker untuk mencoba memundurkan genetik laba-labanya. Paman dari Miles yaitu, Aaron yang merupakan seorang pencuri dan juga seorang supervillain bernama Prowler mencoba membobol lab Osborn dan mencuri formula laba-laba yang Osborn teliti dari darahnya Peter bersama dengan timnya. Tanpa sadar, formula tersebut mengenai laba-laba yang ada di dalam tas Aaron dan sewaktu Miles pergi ke tempat pamannya, tiba-tiba Miles harus merasakan hal yang sama dengan Peter yang mendapatkan kekuatannya dari gigitan laba-laba.

Miles lebih terlihat bocah banget. (Image Source: Marvel Comics)

Lain dengan Peter, Miles langsung mengetahui keanehan yang terjadi setelah digigit dan memberikan kekuatan lebih yang diterima oleh tubuhnya. Lain dengan tokoh lain yang mengetahui keberadaan kekuatan super yang diterima, Miles memutuskan buat nggak menggunakan kekuatannya untuk hal-hal yang heroik dan nggak menjadi pahlawan maupun penjahat sampai pada akhirnya berita Peter Parker tewas terbunuh.

Setelah kabar tersebut sampai ke telinganya, Miles mulai percaya kalau kekuatan yang ia dapatkan merupakan sebuah anugerah dan takdir buat melanjutkan jaring laba-laba yang Peter tembakan dengan berlatih secara perlahan. Miles pun memutuskan buat mengemban nama Spider-Man beserta dengan kostum yang dikenakan.

Peran pertama Miles sebagai Spider-Man yaitu saat Halloween, di mana saat itu Miles yang berkostumkan Spider-Man sebagai kostum Halloween-nya menghentikan penjahat jalanan sampai menarik banyak perhatian bahwa Spider-Man baru telah lahir pada tubuh seorang anak-anak. Spider-Woman kemudian membawa Miles Morales ke markas S.H.I.E.L.D dan saat itu Nick Fury memberikan kostum resmi kepada Miles, namun bukan sebatas kostum Halloween yang Miles kenakan kala itu.

Miles juga termasuk bagian dari sejumlah superhero baru Marvel yang lahir di tahun 2010-an lah… (Image Source: Marvel Comics)

Perjalanan dan petualangan Miles Morales kemudian berkembang dan terus diterbitkan melalui banyak judul komik sampai akhirnya ia punya judul sendiri maupun dengan timnya bersama dengan Nova, Mrs. Marvel (Kamala Khan), dan lain-lain yang berjudul Champions.

Baca Juga :

Nggak lama kemudian, tepatnya di penghujung 2018 ini keberadaan Miles semakin pesat dengan dibuatkannya film dengan judul Spider-Man: Into the Spider-Verse sebagai tokoh utama yang bakalan tayang mulai 14 Desember ini di Indonesia!

Gimana, JoyFriends? Apa kamu semakin penasaran dengan Miles dan mau mulai jadiin dia tokoh favorit atau masih setia sama Peter Parker? Kasih pendapat kamu di kolom komentar ya!

Written by
Comic makes you alive.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>