Deretan Pemeran Spider-Man yang Dikenal dari Masa ke Masa

Spider-Man sudah hadir secara visual di layar kaca dan layar lebar sejak lama. Ini dia deretan para aktor yang memerankan sosok Peter Parker a.k.a. our beloved Spider-Man!

Sebagai salah satu superhero paling populer di dunia komik sejak kemunculannya, nggak heran kalau Spider-Man banyak diadaptasi menjadi film layar lebar, animasi kartun, atau serial TV. Sejak diadaptasi ke layar kaca maupun layar lebar, udah banyak yang aktor yang memerankan si manusia laba laba ini.

Beberapa di antaranya tentu udah ada yang ikonik banget, tapi ada juga yang mungkin baru kamu kenal lho.

Adalah Nicholas Hammond, aktor yang memerankan Spider-Man untuk pertama kalinya di layar kaca atau visual. Ia memerankan Peter Parker sebanyak 13 episode.

Nicholas Hammond

Nicholas Hammond  (The Sound of Music) berperan sebagai Spider-Man di serial TV berjudul The Amazing Spider-Man (1978). Serial ini tayang selama dua musim berjumlah 13 episode. Hammond mendapatkan peran Spidey setelah CBS menyaksikannya tampil dalam drama Mark Taper Forum di Los Angeles. Setelah menerima penawaran dari CBS, Hammond pun menerima peran tersebut dan ingin agar karakter di serial ini lebih realistis, nggak seperti Batman TV Show yang tayang tahun 1960-an.

Aktor satu ini tentu sudah kamu kenal banget bukan? Yes, Tobey Maguire adalah aktor terlama yang memerankan Spidey!

Tobey Maguire

Siapa sih, pemeran Peter Parker paling diingat banyak orang? Pasti sebagian besar dari kita akan mengatakan Tobey Maguire. Yup, Tobey merupakan aktor yang paling diingat dalam memerankan Peter Parker, kenapa? Soalnya Tobey punya semua kriteria yang dibutuhkan untuk memerankan sosok Peter yang pemalu, kutu buku, dijauhi wanita, pecundang total. Namun sayangnya ketika dalam keadaan bertopeng, Tobey tetap membawa pembawaan Peter yang pemalu, nerd ke dalam karakter Spider-Man sendiri. Nggak seperti komiknya di mana ketika Peter memakai topeng, pembawaannya yang pemalu berubah drastis menjadi cerewet.

Makanya Tobey merupakan aktor yang paling diingat dan cukup lekat dengan karakter manusia laba-laba ini. Bahkan saat ini masih memegang predikat sebagai pemeran Spidey terlama, berkat partisipasinya dalam tiga film sejak 2002 sampai 2007.

Sebenarnya, film keempat sudah direncanakan, tapi sayang film tersebut gagal terealisasi,dan pihak Sony memillih untuk me-reboot trilogi ini dengan cerita dan pemeran baru.

Lebih cool dan keren, tapi sayang kurang merepresentasikan sosok losernya Peter Parker. Ialah Andrew Garfield, but it’s okay for him to play this role.

Andrew Garfield

Menjadi suksesor dari Tobey Maguire, Andrew memerankan sosok legendaris Spidey dalam dua film yaitu The Amazing Spider-Man dan The Amazing Spider-Man 2. Peter Parker versi Andrew Garfield cukup jauh melenceng dari pakem Peter Parker yang ada. Dia memang masih nerd, tapi gaya Andrew di dua film ini bukan lagi terlihat cupu atau loser, tapi justru terlihat cool. Sehingga sedikit kurang cocok memerankan superhero ini.

Sedangkan ketika sedang berkostum, sangat berkebalikan dengan Spidey versi Tobey. Spider-Man versi Andrew menjadi lebih cerewet and more fun. Inilah yang fans Spider-Man tunggu-tunggu selama ini dan mungkin nggak didapat dalam Spidey versi Tobey, di mana sosoknya yang keren dan cerewet nggak terrepresentasikan dengan baik.

Ini dia Peter Parker a.k.a. Spidey kita yang baru, Tom Holland!

Tom Holland

Penampilan perdana Tom Holland sebagai Spider-Man dalam film Captain America: Civil War, sangat menarik perhatian para fans Marvel dan penikmat film. Di film ini Spidey versi Tom hanya muncul sebentar, tapi cukup untuk menyita perhatian penonton di dalam bioskop. Bagaimana tidak, Spidey versi Tom Holland jauh lebih cerewet dan lebih fun dibandingkan dengan dua versi sebelumnya, Andrew Garfield maupun Tobey Maguire. Sepak terjang Tom sebagai  Spider-Man memang dinanti-nantikan. Nggak cuma di film Spider-Man: Homecoming, tapi juga perjalanannya di film Marvel selanjutnya, Avengers: Infinity War yang akan tayang 2018 mendatang.  

Writer: Chandra Harymurti

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.