Apartemen Rajai Akomodasi Wisata

Sapodilla Ubud, salah satu hotel di Indonesia yang menerima penghargaan Guest Review Award 2017 dari Booking.com

Dalam 2-3 tahun belakangan, sepertinya trend untuk berpariwisata sedang tinggi-tinginya. Seolah semua orang berlomba-lomba mencari tempat baru yang nggak biasa, nggak terlalu ramai, dan tentunya cantik jadi bisa dibagikan melalui media sosial. Meningkatnya angka pariwisata ini, tentu saja meningkatkan permintaan permintaan akomodasi wisata, khususnya tempat tinggal.

Trend buat berpariwisata, khususnya dengan harga terjangkau dengan layanan yang memuaskan dan instagramable akhirnya yang memicu bermunculannya alternatif tempat menginap. Sebut saja, apartemen, bed and breakfast, hostel udah makin gampang buat di akses sebagai alternatif tempat tinggal jangka pendek.

Seperti yang dirilis Booking.com, minat konsumen yang terus berkembang sehingga menarik pengalaman menginap di akomodasi yang unik. Hal ini pula yang mendukung Booking.com, salah satu platform yang menghubungkan pelancong dengan penyedia akomodasi di 218 negara (termasuk didalamnya 549.937 properti seperti apartemen, hotel, guest house, bed and breakfast, dan rumah liburan/vila) memberikan Guest Review Award 2017 – ajang penghargaan kepada mitranya yang secara konsisten sudah memberian pengalaman terbaik kepada tamu.

Penerima penghargaan didominasi oleh negara Italia (81.603), yang kemudian disusul oleh Perancis (33.500), Amerika Serikat (30.502), Spanyol (29.598), Jerman (25.969), Kroasia (24.395), Inggris (21.655), Polandia (18.391), Rusia (18.300), dan Yunani (17.361). Indonesia sendiri setidaknya terdapat 5.243 properti yang menerima penghargaan tersebut, dengan keseluruhan nilai ulasan tamu rata-rata 8,7.

Syarat untuk penerima penghargaan ini setidaknya properti tersebut harus memiliki skor ulasan rata-rata 8.0 atau lebih tinggi, dengan sedikitnya 5 ulasan hingga 31 Oktober 2017 pukul 11:59 (waktu Eropa Tengah, atau selisih 6 jam lebih lambar dari WIB).

Uniknya, untuk pertama kalinya apartemen lebih menonjol dibandingkan dengan hotel sebagai tipe akomodasi yang paling banyak mendapatkan penghargaan, dimana untuk apartemen sendiri menghasilkan hingga 30% dari properti pemenang penghargaan di tahun 2017. Setidaknya apartemen (165,876 penghargaan) mengungguli hotel (132,339), guest house (63,697), bed and breakfasts (55,833), dan rumah liburan/villa (29,634).

Booking.com juga sudah melakukan penelitian dengan 19,000 wisatawan dari 26 negara, di mana dinyatakan satu dari tiga (33%) mengatakan bahwa mereka lebih memilih untuk tinggal di tempat menginap selain hotel di tahun 2018. Selain itu, satu dari lima (21%) mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk mendaftarkan rumah mereka sendiri di situs rental akomodasi pada tahun depan. Sekitar 40% wisatawan juga berkeinginan untuk menginap di tipe akomodasi yang belum pernah mereka inapi sebelumnya pada tahun 2018, sehingga permintaan konsumen dan ketertarikan pada beragam pilihan akomodasi masih kuat.

“Lebih dari 140 juta ulasan yang tersedia di Booking.com adalah pengalaman nyata yang dibagikan langsung oleh pengguna Booking.com. Yang tidak hanya membantu wisatawan untuk menemukan penginapan yang tepat bagi mereka, namun juga memberdayakan penyedia layanan akomodasi dengan memberikan masukan secara real-time, yang memberi dampak positif pada bisnis mereka,” kata Peter Verhoeven, Direktur Global Layanan Mitra di Booking. com.

“Melalui penghargaan ini, kami mengucapkan selamat, terima kasih dan sebagai bentuk apresiasi, kami menganugerahi para mitra dengan penghargaan sebagai pahlawan dalam memberikan pelayanan – mitra kami – yang mendedikasikan diri untuk memberikan pengalaman menginap yang luar biasa dan kenangan perjalanan yang menyenangkan untuk wisatan setiap hari.”

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.