Lima Tips Berbisnis di Instagram

Cobain deh tips berjualan bisnis online pakai Instagram Stories ini. Bakal cepet berkembang deh!

Hayo ngaku, siapa yang ngerasa terbantu bisnisnya lewat Instagram? Engagement di Instagram kayaknya jadi salah satu kuncian terbesar untuk mengenalkan produk atau servis yang kamu punya. Terus, gimana ceritanya kalo bisnis kamu beberapa waktu terakhir jadi stuck karena hal yang itu-itu aja? Nih, kami punya lima tips buat berbisnis di Instagram!

Tonjolkan Karakter Utama Bisnis Kamu

Mau nggak mau, kamu harus mengakui kalo profil bisnis kamu di Instagram jadi etalase online. You have to admit, once you have interest with one brand – even yourself, you choose to take a look on their Instagram profile first. Nah, maka dari itu buat profil bisnis kamu semenarik mungkin – dan tentu aja dengan karakter yang kuat.

Nama bisnis yang menarik, bio yang lengkap, foto atau video yang berkarakter, ataupun caption yang bisa menjelaskan brand dan produk kamu. Tau nggak? 60% pengguna Instagram mempelajari produk dan brand lebih dalam lewat profil bisnis Instagram, dan 75% user kan melakukan riset, mempromosikan, atau ikut beli sebuah produk once they inspired with a post in Instagram.

Berkreasi dengan Konten Berformat Vertikal

Format vertikal ini adalah format baru yang bisa menarik perhatian pelanggan dengan cepat lewat konten yang memenuhi layar. Makanya Instagram Stories dan Instagram Live hadir. Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah creator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Globally, 52% pengguna Instagram mengaku lebih tertarik ke sebuah brand atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories. Selain itu, bisnis yang pernah Live bisa mendapatkan 1,5 kali lebih banyak jumlah likes daripada yang belum pernah Live. That’s why, better maximize your way to use Instagram Stories or Instagram Live.

Bangun Interaksi dengan Followers Kamu.

Inget nggak, soal proyek Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) yang mendadak booming. Project terbaru Marchella FP ini mudah menjangkau banyak pihak karena interaksi dengan followers. Di sini, Marchella mengajak followers untuk bercerita, dengan topik yang ditentukan. Beberapa cerita menarik ikut di post lewat Instagram Stories, yang kemudian bisa nge-relate ke banyak orang. Lewat postingan Stories di NKCTHI, Marchella sendiri mengaku hanya ingin tahu soal pandangan pasar soal project terbarunya.

Tapi ternyata, konsep interaksi langsung dengan followers seems works pretty well (mengingat pre-order buku yang Sold Out di 2 menit pertama). Kamu nggak harus ngajak orang curhat setiap hari – kalo memang bukan konsep itu yang ditawarkan oleh brand kamu. Tapi dengan poll stickers ataupun Ask Me a Questions ini bisa kamu bangun untuk menjangkau kedekatan dengan konsumen kamu. Karena ternyata, semakin kamu aktif berinteraksi dengan pengikut kamu, mereka juga semakin aktif dalam memberikan likes, comment, dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat konten kamu.

Perluas Jangkauan Bisnis dengan Hashtag

Yes, the magic of Hashtag still works. Kamu tau nggak? Dua dari tiga kunjungan ke akun profil bisnis berasal dari non-followers. Nah, Hashtag ini berguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas (dan tentu aja calon pelanggan kamu). Strategi penggunaan hashtag juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis. Umumnya sih tiga sampai lima hashtag dalam satu postingan sudah cukup efisien.

Promosikan Konten Terbaik Kamu

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi, kamu juga bisa mempromosikan konten terbaik kamu. Nah, Instagram juga menyediakan beberapa format iklan untuk di feed dan stories – seperti promote feed, stories ads, dan carousel ads. Tapi, mengingat belakangan Instagram Stories dikonsumsi 32% lebih cepat daripada feeds, kamu juga bisa menampilkan iklan di Stories.

Postingan stories foto durasi 5 detik atau video berdurasi 15 detik, bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Atau, kamu juga bisa menggunakan carousel ads supaya kamu bisa menampilkan tiga konten berurutan dalam satu iklan. Jadi, kamu juga bisa ngiklan dengan foto dan video sekaligus. Jangan lupa, kamu juga bisa memanfaatkan fitur asli Instagram Stories – kaya boomerang, GIF, superzoom, dan yang lainnya supaya bisa lebih menarik perhatian.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>