Mengurangi Adiksi Instagram Lewat Fitur Activity Dashboard

Nggak bisa dipungkiri, Instagram adalah salah satu media sosial yang memberikan efek ketergantungan. Lagi santai dikit, buka Instagram. Bosen, buka Instagram. Ada apa dikit, curhat di stories. Bahkan kalo lagi santai kerjaannya tuh buka Instagram dan terus-terusan nge­-scroll sampai tiba-tiba udah mau subuh. Hayoloh ngaku.

Kamu sendiri ngerasa perlu nggak buat membatasi mengakses Instagram? Mulai dari toxic people yang gampang terprovokasi di media sosial (dan tentunya kebenaran netijen yang maha mutlak), secara sadar-nggak sadar jadi ikut mempengaruhi behavior sehari-hari.

Nah, 1 Agustus kemarin Intagram berbarengan sama Facebook sama sama meluncurkan tools atau fitur baru untuk membantu Joyfriends mengatur waktu yang kamu habiskan di Instagram. Tools ini bernama fitur activity dashboard, dimana kamu bisa memasang reminder harian – dan cara baru untuk membatasi notifikasi.

Nggak main-main, tools ini dikembangkan bareng melalui kolaborasi dengan para pakar, organisasi kesehatan mental, dan para akademisi. Jadi segala fitur ini didasari dengan riset yang mendalam plus saran langsung dari pengguna aktif Instagram.

Fitur ini didasari dengan keinginan Instagram agar waktu yang dihabiskan buat Instagram nantinya akan menjadi waktu yang positif dan menginspirasi. Selain itu, dengan adanya fitur ini bisa menjadi kontrol kamu terhadap waktu yang dihabiskan di Instagram. Jadi minimal, dengan adanya fitur activity dashboard  ini jadi mendukung percakapan antara orang tua dan anak-anak (mengingat anak-anak lebih mudah belajar dan meniru, kan?) termasuk dengan kebiasaan bersosial media yang tepat untuk mereka.

Untuk mengakses fitur activity dashboard ini, klik bagian Settings di aplikasi Instagram, terus pilih “Your Activity”, kemudian pilih “Your Time on Facebook”. Di paling atas, kamu akan melihat dashboard yang isinya waktu rata-rata kamu di aplikasi. Di bawah dashboard, kamu juga bisa mengatur pengingat harian untuk mengingatkan kamu jika sudah mencapai waktu yang kamu alokasikan untuk menggunakan Instagram di hari tersebut.

Kamu bisa mengubah atau mengganti pengingat ini kapan saja. Selain itu, kamu juga bisa klik “Notification Settings” slalu pilih “Mute Push Notifications” untuk membatasi notifikasi dari Instagram pada saat-saat di mana kamu nggak ingin diganggu.

Karena interaksi antar manusia itu seharusnya dilakukan hadap berhadapan, bukan lewat layar.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>