Lima Tips Atur Keuangan untuk Para Fresh Graduate

Mengatur keuangan bulanan merupakan salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi para fresh graduate bergaji UMR. Dengan jumlah penghasilan yang terbilang rendah, kamu dituntut untuk berhemat agar tak makin melarat di akhir bulan.

Namun, jangan khawatir, Joyfriends! Berikut tips manajemen finansial yang bisa kamu terapkan agar gaji cukup untuk membiayai kebutuhan selama sebulan plus tetap bisa berinvestasi!

Memasak Sendiri

Makan merupakan pos yang biasanya memakan paling banyak anggaran. Untuk menekan pengeluaran, kurang-kurangilah kebiasaan makan di luar. Alternatifnya, kamu bisa memasak sendiri di kost dan membawa bekal ke kantor.

Selain lebih sehat, cara ini terbukti efektif untuk menekan biaya makan sampai 50%. Nah, kamu pun bisa mengalokasikan dana sisanya untuk keperluan lain yang lebih penting, misalnya menabung atau investasi.

Buat Skala Prioritas

Tips hemat bagi fresh graduate berikutnya adalah membuat daftar prioritas kebutuhan. Dengan cara ini, kamu bisa tahu persis apa saja yang termasuk kebutuhan primer, sekunder, serta yang sifatnya hanya pelengkap/hiburan.

Daftar kebutuhan ini sangat berguna untuk mengontrol keuangan, sehingga gajimu tak cepat habis di pertengahan bulan. Agar lebih mudah diaplikasikan, bagilah daftar kebutuhan per minggu alih-alih bulanan.

Pilih Moda Transportasi yang Murah

Pertimbangan mahal murahnya moda transportasi yang digunakan sebetulnya relatif. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet. Sebagai contoh Kamu menganggap naik KRL lebih murah daripada ojek online, maka gunakan saja KRL untuk PP ke kantor, begitu juga sebaliknya.

Meskipun terlihat sepele, pos yang satu ini ternyata memakan anggaran cukup besar, lho. Hitung saja jika dalam sehari Kamu mengeluarkan Rp20.000 untuk transport, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan dalam sebulan, setahun, atau lima tahun?

Kurangi Nongkrong yang Tak Perlu

Jangan terlalu sering keluar rumah atau kost jika tak benar-benar diperlukan. Kebiasaan ini akan membuat kamu makin boros karena ada biaya makan, jajan, atau nonton yang harus dikeluarkan. Jika ada waktu luang, gunakan saja untuk aktivitas yang lebih produktif atau beristirahat.

Sewa Kost yang Murah

Tips menghemat pengeluaran yang terakhir adalah mencari kost atau hunian yang terjangkau. Kamu bisa sewa kost atau furnished property murah yang lokasinya dekat dengan tempat kerja sehingga tak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk biaya transport maupun membeli perabot rumah.

Jika kamu butuh rekomendasi kost atau rumah kontrakan dengan harga sewa terjangkau, download saja aplikasi Orento di smartphone. Platform sewa-menyewa properti jangka panjang ini menawarkan beragam properti yang nyaman dan berlokasi strategis.

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>