YouTube Turunkan Standar Kualitas Video Bulan Ini

Kualitas Video YouTube
Ilustrasi pengguna YouTube (Nordwood Theme)

YouTube telah mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi standar kualitas video untuk pengguna di seluruh dunia. Standar streaming baru yang dipakai adalah 480p.

Dilansir dari Bloomberg.com. Keputusan itu diambil hanya satu minggu setelah YouTube mengumumkan pengurangan kualitas streaming bagi pengguna di Eropa untuk membantu mengurangi ketegangan broadband karena semakin banyak orang menhabiskan waktu mereka di rumah selama pandemi COVID-19 ini berlangsung.

Enjoy read also: Kini Langganan Spotify Premium Bisa Lewat Tokopedia!

Meski demikian pengguna masih bisa mengubah pilihan kualitas video secara manual. “Youtube akan mulai memutar video dalam kualitas definisi standar (480p), namun jika kita ingin menonton video dalam definisi tinggi masih dapat melakukannya, tetapi harus memilih opsi itu secara manual.” jelas perusahaan.

Dikatakan bila hal ini dilakukan untuk meminimalkan tekanan pada sistem. YouTube berkata bila situasi ini karena belum pernah terjadi sebelumnya.

Tidak Sendirian

 

YouTube bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengurangi kualitas streaming untuk mencoba mengurangi ketegangan broadband. Netflix telah mengurangi bitrate-nya di Eropa untuk meringankan beban platform streaming pada broadband sebesar 25 persen. Apple telah mengambil langkah serupa, dan Amazon juga mengurangi bitrate rata-rata di Eropa dan terus memantau situasi di AS dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Chief content officer Netflix, Ted Sarandos, mengisyaratkan bahwa Netflix dapat melakukan hal yang sama di seluruh dunia tergantung pada permintaan dari otoritas lokal.

kualitas video youtube

Peta persebaran pandemik virus Corona

Karena semakin banyak orang bekerja dan belajar dari rumah, kekhawatiran akan stress pada jaringan broadband terus bertumbuh. Hal itu tidak hanya berdampak pada platform streaming video saja. Sony mengumumkan akan memperlambat proses pengunduhan PlayStation di Eropa dalam upaya untuk “mempertahankan akses internet untuk seluruh komunitas.”

Semakin banyak perusahaan cenderung mengambil tindakan serupa di seluruh dunia, selama karantina di rumah masih berlanjut.

Cek untuk lebih banyak lagi artikel tentang TEKNOLOGI dan tulisan-tulisan menarik lainnya dari James Ratri, Joyfriends.

Editor: Amos Anugrah

Is the Story Interesting?

0 0

YouTube Turunkan Standar Kualitas Video Bulan Ini

Kualitas Video YouTube

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0