Deretan Gadget Iron Man Yang Sudah Jadi Kenyataan

Begitu keluar nonton film Iron Man dari yang pertama sampai ketiga, termasuk film-film Avengers seperti terakhir Captain America: Civil War dan juga Spider-Man: Homecoming, nggak yakin sih kamu nggak kepingin punya alat-alat berteknologi canggih milik Tony Stark.

Mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya, bisa nggak sih gadget milik Iron Man hadir di tengah-tengah kita sekarang? Anyway, itu bukan pertanyaan bodoh atau sebatas khayalan anak kecil. Sebab kami udah mengumpulkan sejumlah bukti kalau beberapa gadget Iron Man sudah hadir di dunia nyata!

Baju Tempur

Dilansir mirror, perusahaan teknologi asal China, FutureWise, mengembangkan baju tempur layaknya film Iron Man. Bahkan, baju tempur ini bisa dikendalikan manusia dengan berada di dalamnya selayaknya Tony. Baju tempur bernama NK-01 ini pernah dipamerkan di Beijing. Baju tempur ini diwarnai hitam, perak, dan abu-abu, sehingga menunjukkan kemiripan baju tempur ini dengan War Machine yang dikenakan Rhodes, sahabat Tony.

Han Lei, CEO FutureWise mengatakan, “Saat masih muda, saya dan tim saya suka menonton kartun yang ada robotnya. Kami para penduduk China terpengaruh oleh animasi dari Amerika dan Jepang seperti Transformers. Sehingga kami mengerjakan proyek ini.”

Meskipun baju tempur ini masih prototype, FutureWise bisa jadi akan menjadi perusahaan pertama di dunia yang akan memproduksinya secara massal. Bikin pengen cepet punya nggak sih!?

 Smartphone Transparan

Masih ingat dengan smartphone transparan milik Tony Stark? Dilansir engadget, perusahaan di New York bernama Perception, sedang mengembangkan teknologi ini. Nggak tanggung-tanggung, mereka ingin menggandeng tiga perusahaan berbeda yaitu Microsoft, Ford, dan Samsung untuk mewujudkan proyek ini. Teknologi yang disebut UI (user interface) bukan lagi khayalan yang ada di film. Dari film Iron Man-lah tercipta gagasan untuk mengembangkannya di tiga alat berbeda: komputer, mobil, dan smartphone.

LePore, salah satu staf perusahaan, mengatakan, “Ini layaknya memberikan nyawa di dalam mesin. Menerapkannya di dalam dunia nyata merupakan impian kami. Kami tidak membuat UI tersebut mengikuti kepribadian pemiliknya, tapi UI itu sendirilah kepribadiannya.”

Tangan Bionik

Dilansir engadget, tangan mesin mirip Iron Man telah diterapkan pada seorang anak difabel berusia 7 tahun. Tangan bionik ini bisa digerakkan seperti membuka dan menutup tangan. Tangan robot ini diciptakan oleh Limbitless Solutions, sebuah organisasi non-profit yang berisikan mahasiswa teknik mesin dari University of Central Florida.

Mereka menciptakan tangan robot ini dengan bantuan donasi serta tabungan mereka. Para mahasiswa ini hanya mampu membuat tangan bionik khusus untuk anak-anak, soalnya biayanya lebih terjangkau. Meski teknologi ini belum terdapat indera peraba dan juga belum bisa dikendalikan lewat otak, tapi anak-anak pasti akan suka karena mereka mirip dengan pahlawan super favorit mereka.

Dengan harga $350 atau sekitar Rp 4,6 juta untuk biaya bahannya, mereka menggunakan printer 3D di laboratorium kampus untuk mencetaknya dan butuh waktu 30-50 jam untuk menyelesaikannya. Saat ini desain tangan Iron Man dibuat untuk anak bernama Alex, yang juga pernah mendapat versi Optimus Prime. Alex bahkan sempat berbincang dengan pemeran Tony Stark, Robert Downey Jr. lho.

JARVIS

Pada September 2013, Marvel merilis JARVIS khusus untuk iPhone. Kamu pasti udah tahu kalau JARVIS merupakan A.I. milik Tony Stark yang bertugas sebagai asisten pribadinya. Apilkasi JARVIS sendiri dirilis bersamaan dengan perilisan film Iron Man 3 kala itu.

Dilansir engadget, aplikasi JARVIS ini merupakan aplikasi layar kedua yang memungkinkan penggunanya mengontrol menu pada video Blu-Ray Iron Man 3 serta melihat 42 koleksi baju tempur Iron Man. Nggak cuma itu, JARVIS juga bisa bertindak sebagai asisten kamu, sehingga kamu bisa menjadi Tony Stark sungguhan. Inilah kelebihan lainnya yang disebutkan Marvel:

  • Seperti Tony Stark, kamu bisa mengaktifkan JARVIS melalui perintah suara.
  • Menerima pesan dari JARVIS, mengunduh ringtone, mem-posting status Facebook, dll.
  • Mengecek waktu, cuaca, serta memasang alarm lewat mode jam yang terintegrasi.
  • Membaca media yang disampaikan lewat suara, termasuk video, audio, gambar, ringtone atau website.
  • Meng-install ringtone yang unik.
  • Membuka 42 koleksi baju tempur Iron Man (termasuk tambahan file bernama “Ghost”).
  • Saat terhubung dengan jaringan yang sama dengan Blu-Ray player, JARVIS akan berfungsi sebagai remote control Blu-ray tersebut, atau kamu bisa katakan “Say what you see” dan aplikasi akan melakukan sisanya.

Sarung Tangan Laser

Dilansir dailymail, seorang ahli laser bernama Patrick Priebe menciptakan sarung tangan sosok penting di Avengers ini. Nggak cuma itu, sarung tangan ini bahkan bisa menembak laser ketika dipakai di telapak tangan. Dalam sebuah video, laser ini mampu meletuskan balon serta menyalakan korek api dari jarak yang jauh. Kalau kamu berminat, kamu bisa lho beli di laser gadget.

Meskipun awalnya cuma khayalan, setidaknya dengan perkembangan teknologi saat ini segala gadget yang ada di salah satu tokoh penting dan ikonik Marvel ini bisa jadi kenyataan. Kamu sendiri, gadget favoritnya apa sih?

Written by
Being adult with the spirit of Samurai X and Neon Genesis Evangelion, this man now decided to make a team of superhero like Avengers. Moviegoers and you can follow his visual track on instagram.

Is the Story Interesting?

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>