Sony Rilis Lensa FE 24mm G Master, Apa Aja Keunggulannya?

Baru-baru ini Sony Indonesia resmi meluncurkan salah satu lensa terbaru yakni FE 24mm F1.4 GM (model SEL24F14GM) dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, Jumat (19/10). Lensa fixed dengan bukaan besar ini masuk ke dalam lini G Master yang merupakan seri andalan mereka. Digadang-gadang memiliki performa luar biasa yang memenuhi standar lensa G Master, yuk kita simak fitur-fitur yang bisa bikin lensa ini jadi pilihan kamu untuk dibawa pulang di akhir tahun ini!

Resolusi Tinggi Untuk Landscape Fotographer

Lensa FE 24mm F1.4 GM membanggakan desain optikal baru yang terdiri dari 10 kelompok berisi 13 elemen yang menampilkan dua elemen XA (extreme aspherical) dan tiga elemen ED (Extra-low Dispersion). Penggabungan dua elemen XA inilah yang diklaim secara efektif mampu menahan saggital flare3 agar titik sumber cahaya direproduksi secara akurat. Inilah yang membuatnya menarik untuk fotografer starscape. Nggak cuma itu, untuk standarnya ada lapisan Nano AR Coating Sony yang unik digunakan untuk mengurangi flare dan ghosting untuk kejelasan pengambilan gambar landscape di mana posisi matahari seringkali menjadi masalah jika menggunakan lensa normal.

Bokeh Anti Lateral Chromatic Aberration

Selain kemampuan mengambil gambar landscape dan starscape, lensa FE 24mm F1.4 GM juga memiliki performa jarak dekat 0,24 meter (0,79ft) yang sangat baik. Inilah yang sering diidam-idamkan karena mampu memberikan kualitas resolusi dalam jarak dekat dipadukan dengan bukaan besar menghasilkan bokeh yang halus dan alami. Fitur inilah yang sering dipakai oleh pembuat film karena kualitas bokeh secara langsung dipengaruhi oleh spherical aberration dan axial and lateral chromatic aberration yang dapat menimbulkan color bleeding. Semua faktor ini dengan susah payah dikendalikan pada tahapan desain dan pembuatan agar dapat menghasilkan kualitas gambar yang maksimal.

Hadirnya Ring Aperture

Buat kamu yang suka main video, Sony memberikan sebuah fitur yang pastinya bakal dibutuhkan banget. Lensa FE 24mm F1.4 GM memiliki beberapa pengendalian professional yang mempermudah penggunaan saat mengambil foto maupun video. Aperture ring memberikan pengendalian apertur intuitif sementara aperture click switch memungkinkan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan click stops sesuai kebutuhan.

Nggak cuma itu, diberikan juga Focus ring yang menampilkan Linear Response MF untuk pengendalian fokus manual yang halus dan responsif memberikan pengguna kendali yang dibutuhkan untuk fokus manual yang cepat dan akurat. Tombol focus hold dapat disesuaikan sesuai keinginan pengguna dan tombol focus mode memungkinkan untuk memilih fokus auto atau manual dengan cepat untuk menyesuaikan dengan situasi pengambilan gambar yang berubah-ubah.

Kelebihan tersebut diikuti dengan adanya DDSSM (Direct Drive SSM) baru dan bekekuatan tinggi yang memberikan thrust sekitar tiga kali lebih kuat dibandingkan dengan DDSSM sebelumnya, menghasilkan respon yang cepat, ketepatan berposisi tinggi dan penggunaan yang tidak bersuara untuk pengambilan foto dan video.

Enteng Banget

Di atas semua keunggulan itu ada satu faktor yang nggak boleh dilewatkan dalam pemilihan lensa yaitu beratnya. Lensa ini dikemas dalam body yang sangat ringkas dan ringan, dengan berat hanya 445g. Bagi fotografer landscape yang seringkali harus berjalan jauh untuk menemukan lokasi pengambilan gambar yang sempurna, lensa ini menyediakan pengurangan dalam berat yang harus dibawa, sebuah kelebihan yang ditunggu banget.

“Lensa ini sangat ringan dan memiliki desain yang ringkas untuk lensa di kelasnya, membuatnya sangat mudah untuk dibawa bepergian. Lensa G Master FE 24mm F1.4 juga dapat diatur dengan mudah, cocok untuk mengambil gambar diam serta merekam film. Saya yakin para penggemar foto dapat menikmati lensa ini, terutama untuk foto-foto, landscape, portrait, street serta foto pada malam hari,” jelas Kazuteru Makiyama, President Director Sony Indonesia.

Harga yang dipatok untuk membawa FE 24mm F1.4 GM pulang adalah Rp22,999 juta yang udah bisa di pre-order sekarang dengan penjualan offline yang dimulai 3 November depan.

 

Written by
Being adult with the spirit of Samurai X and Neon Genesis Evangelion, this man now decided to make a team of superhero like Avengers. Moviegoers and you can follow his visual track on instagram.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>