15 Alasan Final Fantasy VII Begitu Spesial

Tentu scene ini bener-bener memorable banget di kalangan pecinta Final Fantasy VII. Ya nggak? (doc. Square Enix)

Sejak dirilis 15 tahun lalu, Final Fantasy VII masih berkesan bagi para gamer di seluruh dunia. Berbagai kritikan positif pun dilayangkan kepada game yang dikembangkan oleh Square Soft ini, yang kini bernama Square Enix. Meski berbagai macam game dari seri Final Fantasy bermunculan, harus diakui  kalau Final Fantasy VII adalah game yang sangat spesial dan berbeda dari seri lainnya.

Kenapa sih bisa begitu? Kami mengutip dari GamesRadar+ tentang alasan mengapa Final Fantasy VII begitu spesial di hati para gamer di seluruh dunia!

Bikin semangat main game lagi

Sebelum FF VII dirilis di Amerika, PlayStation saat itu udah berumur dua tahun. Mayoritas gamer di sana udah menganggap game PS1 usang dan mereka perlu konsol baru. Namun, begitu FF VII dirilis, kebanyakan gamer di Amerika langsung jatuh cinta dan mengurungkan niat untuk memensiunkan konsol mereka. Meski grafiknya sangat jauh berbeda dibanding sekarang, dengan 3 disc yang disajikan, membuat FF VII beda dengan game lainnya di masa itu.

Membuat game bergenre RPG jadi terkenal

Sebelum FF VII, ternyata udah banyak lho game bergenre RPG saat itu. Namun, sebagian game tersebut kurang dikenal publik Amerika sehingga gamer di sana nggak memainkannya. Begitu FF VII dirilis, para gamer di sana mulai jatuh cinta dengan genre RPG. Yup! Bisa dibilang FF VII­-lah yang membuat gamer Amerika mengenal genre RPG. Pun demikian dengan gamer lain di seluruh dunia.

Plot rumit, tapi menarik

Plot Final Fantasy VII nggak cuma menyajikan action. Makin lama kamu main game ini, makin rumit ceritanya. Meski begitu, kamu bakal penasaran sama kelanjutan ceritanya kalau kamu makin meng-eksplor lokasi baru dan ketemu karakter lain dalam game ini. Selain itu, adanya plot twist dalam game ini bakal bikin kamu makin penasaran.

Latar belakang karakter yang beragam

Awalnya, kamu bakal berpikir kalau karakter dalam FF VII itu biasa aja. Namun, semakin lama kamu mainkan game ini, kamu bakal bertemu sama karakter dengan latar belakang kisah yang menyenangkan, tragis, dan juga menyedihkan. Latar belakang karakter yang berbeda inilah yang bisa membangun kisah dalam game ini. Nggak cuma karakter protagonis lho, tapi juga karakter antagonis juga punya latar belakang sendiri.

Adanya sistem Materia

Sistem Materia di FF VII nggak ada di game bergenre RPG lainnya. Dengan menambahkan equip Materia di weapon karakter, maka karakter itu akan bertambah kekuatan fisik serta sihirnya. Artinya, meng­-updgrade weapon-nya lebih penting daripada kekuatan fisik. Soalnya, dengan pemilihan upgrade yang tepat, kekuatan fisik otomatis juga akan meningkat.

Map yang sangat luas untuk dijelajahi

Pada awalnya, FF VII akan terfokus di Midgar dan kamu bakal berkunjung ke daerah lainnya di sekitar Midgar. Namun, ketika Cloud dan rekan-rekannya berpisah, map mulai meluas. Kamu bakal nggak sabar buat ketemu sama teman-teman baru, petualangan baru, dan daerah baru untuk dijelajahi. Bahkan di beberapa tempat memiliki rahasia unik, mulai dari menemukan materi yang sangat rare, sampai senjata terkuat di game ini!

Side quest yang nggak kalah seru

Yuffie dan Vincent bisa dibilang salah dua karakter ikonik dari FF VII. Sayangnya, kamu belum bisa memainkannya kalau belum ketemu mereka. Tentu kamu bakal merasa bosen karena butuh waktu lama buat ketemu mereka. Kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, side quest dalam FF VII bisa menjadi jawaban atas keresahanmu. Selain main story dalam game-nya, side quest-nya juga menarik untuk dimainkan.

Kamu bakal ketagihan sama Chocobo

Chocobo bukan sekedar makhluk mirip anak ayam yang bisa mengantarmu ke berbagai tempat. Dengan tools yang benar serta kesabaran, kamu bisa berternak Chocobo yang punya kemampuan berbeda-beda. Awalnya, kamu harus punya sepasang Chocobo jantan dan betina. Lalu, memberi makan mereka. Kamu bahkan bisa membuat Chocobo berwarna emas lho. Selain berpetualang, rasanya berternak Chocobo adalah hal yang menarik dalam game ini.

Mini game yang nggak bikin bosen!

Kalau kamu butuh istirahat dari kejaran pasukan Shinra, pergilah ke Gold Saucer. Di tempat ini kamu bakal bersenang-senang sejenak. Kamu bisa coba main ke Speed Square untuk latihan kecepatan menembak, ke Battle Square untuk menguji kekuatan bertarungmu dan dapat hadiah, atau main ke Wonder Square. Kalau Gold Saucer nggak cocok, tenang aja. masih ada mini-game lainnya seperti snowboarding atau lomba squat.

Humor yang bikin ketegangan mereda

Final Fantasy VII  adalah tipe game yang cukup serius. Meski begitu, tetap ada unsur humornya kok.  Dialog dengan karakter tertentu bisa memunculkan humor yang ngga kamu duga. Selain itu, tingkah Cloud yang ber-cosplay menjadi Chocobo juga lucu dan menghibur. Sisi humor dalam game inilah yang mungkin bikin FF VII banyak yang suka.

Soundtrack-nya memorable banget

Harus diakui, scoring dalam FF VII begitu enak didengar dan cocok dengan situasinya. Orang dibalik itu semua adalah Nobuo Uematsu. Beliau membuat semua lagu dalam FF VII berkesan baik dari opening theme, boss theme, hingga Chocobos theme. Nggak cuma itu lho. Adegan sedih dan senang disesuaikan dengan karakternya. Setiap karakter punya scoring yang berbeda-beda membuat kamu bakal penasaran pengin men-download soundtrack-nya.

Bertarungan dengan epic boss

Apa sih yang paling ditunggu kalau main game? Tentu bertarung dengan final boss-nya. Di FF VII, kamu bakal bertarung dengan pasukan Shinra dan melawan Sephiroth. Di sinilah bagian yang paling ditunggu. Meski grafisnya masih belum sebagus sekarang, dengan didukung soundtrack yang kece, kamu bakal puas sama battle yang disajikan. Namun kamu juga bisa ketemu banyak epic boss lainnya yang juga kuat dan nggak terduga, salah satunya Ultima Weapon and his friends.

Adegan sedih dan bikin terharu

Kematian Aerith mungkin menjadi salah satu momen dalam FF VII yang bikin sedih. Ketika Aerith gugur, kamu bakal disuguhi soundtrack Aerith’s Theme yang bisa bikin kamu terharu. Adegan di City of the Ancients inilah yang membuat FF VII sangat spesial di hati para fans-nya. Siapa sih yang nggak sedih pas lihat Aerith dibunuh Sephiroth?

Game yang harus ditamatin

Berapa banyak sih game jadul yang pernah kamu tamatin? Buat generasi sekarang, pertanyaan itu rasanya aneh. Kenapa? Soalnya dari segi grafis dan teknologi jauh banget sama era sekarang. Namun, ini nggak berlaku bagi mereka yang mainin FF VII. Meski grafisnya nggak sekeren sekarang, gameplay, serta plot cerita yang kuat bikin para gamer pengin namatin game jadul ini.

Bikin para gamer akrab

“Di Gold Saucer kamu kencan sama siapa?”, “Kamu bisa ngalahin Ruby Weapon nggak?”, “Gimana perasaanmu waktu Aerith gugur?”, pertanyaan-pertanyaan tersebut yang bikin kamu bisa diskusi sama teman atau gamer lain yang kamu belum kenal. Diskusi inilah yang bisa bikin kamu dan juga gamer lain kasih walkthrough atau sharing soal hal yang belum diketahui dari game ini.

Itu dia alasan Final Fantasy VII begitu spesial di hati para gamer di seluruh dunia. Kalau dari pengalaman JoyFriends main FF VII, apa sih yang spesial dari game ini? Share di kolom komentar ya.

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.