5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Main God of War PS4

Dari bertarung sendiran, sekarang jadi punya temen. Yuk belajar caranya maksimalin Kratos di God of War PS4

God of War terbaru udah rilis dan sekaranglah waktunya kamu bermain jadi Kratos sekali lagi. Tapi tunggu dulu, salah satu judul blockbuster PlayStation 4 udah nggak kayak dulu alias beda jauh dibanding tiga game sebelumnya. Kalau mau dibilang, God of War PS4 ini udah beda genre meski tetep penuh aksi yang bakal kamu betah main seharian.

Jadi saat kamu pertama main kamu pasti banyak menemukan hal asing, bahkan buat veteran Kratos sekalipun. Mulai dari figur dan mekanisme pertarungan yang benar-benar baru sampai cara eksplorasi dan mode permainannya.

Mungkin bisa dibilang God of War sekarang udah ngikutin pola permainan RPG ala Final Fantasy di mana setiap aksi yang dilakukan akan menghasilkan XP. Kumpulan XP tersebut nantinya bisa kamu gunakan di skill tree multi cabang di mana setiap cabangnya adalah jenis serangan. Belum lagi kalau berbicara crafting dan upgrade armor. Wow! Lumayan ribet ya?

So nggak usah pake lama, ini dia tips biar kamu terbiasa dan lebih lihai pas main God of War PS4

Kasih Waktu Lebih Banyak Buat Eksplorasi

Hal ini mungkin terdengar asing buat tipikal gamers action tapi kayak yang udah dibilang di atas, God of War PS4 jauh lebih terbuka secara struktur. Memang kita mulai permainan secara linear tapi saat kamu udah sampai ke Lake of Nine, dari titik inilah dimulai pilihan kamu buat mengeksplorasi lingkungan secara lebih lagi. Di sini bakal keliatan juga keseriusan developer yang menggarap karena semua diambil secara one shot dan tidak ada cutscene.

Asiknya saat menjelajah inilah kamu bisa nemuin banyak side quest yang punya cerita unik yang berdiri sendiri dan tentunya memberikan banyak benefit, seperti hacksilver, item buat crafting dan XP. Inilah yang jadi bekal kamu buat menjelajah lebih lagi pilihan serangan di skill tree. Cerita utama God of War mungkin keren tapi side questnya jangan dilupain kalau kamu mau dapet lebih banyak pengalaman bermain. Inget untuk lebih detil mengeksplorasi dan jangan males puter otak kalau ketemu puzzle.

Kustomisasi Runic Ability

Selagi kamu udah cukup nyaman pake serangan dan default combo, jangan lupa buat pake Runic Attack. Serangan spesial ini bisa dipasang di senjatamu dan diaktifkan dengan nahan L1 dan tekan R1 atau R2.

Ada dua tipe Runic Attack, Light dan Heavy. Nah, God of War PS4 ngasih beragam Runic Attack buat kamu pasang, masing-masing punya karakter sendiri seperti efek, atribut dan cooldown. Kamu juga bisa upgrade dengan XP buat nambah kekuatannya.

Jika Runic Attack digunakan di saat yang tepat, dijamin bisa ngebantu banget kamu ngubah arah permainan. Dengan combo dahsyat kamu bisa balik keadaan dari terjepit jadi pemenang. Coba deh bereksperimen dengan Runic Attack dan sesuaikan dengan gaya bermainmu.

Bijak Memilih Skill

Dalam lima sampai enam jam pertama permainan, kamu nggak bakal punya banyak XP buat dihabiskan. Jadi dengen “budget” yang terbatas inilah kamu kudu ngasih prioritas ke skill bertarung yang bakal di-unlock. Skill macem Grinding Storm dan Guardian Sweep adalah pilihan tepat kalau kamu lagi dirubung musuh. Di sisi lain, kamu bisa berfokus di model damage tinggi  pake Rage Combat.

Satu hal yang perlu diingat adalah tetap taruh di pikiran kalau skill-skill itu harus berkorelasi dengan gaya bermainmu. Kalau nggak percuma kamu milih skill yang dahsyat tapi nggak bisa ngegunainnya dalam waktu yang tepat. Nggak perlu takut buat salah milih karena bakal banyak cukup XP di mid sampai late game buat unlock semua dari skill tree. Tapi untuk early game bijaklah memilih skill andalan seperti di atas ada rekomendasi yang diberikan oleh IGN.

Kreatif dalam Bertarung dan Pertahankan Gaya Pertarungan

Seperti yang udah kamu baca di atas, melalui skill tree ada banyak banget manuver yang bisa dilakukan pas pertarungan. Bahkan buat awal-awal, ini udah kebanyakan. Tapi jangan kamu ambil pusing karena serangan itu bisa dengan cepat dipelajari lalu diterapkan di berbagai macam situasi dan bikin combo mematikan buat ngehabisin musuh.

Untuk lebih efektif, baiknya kalau kamu belajar skill yang baru kamu punya dan detilnya. Contoh berapa lama skill tersebut bisa dilepas, berapa lama waktu eksekusinya, efeknya ke musuh kayak gimana dan reload time skill berapa lama. Setelah itu pikirkan tentang kombinasinya dengan Runic Attacks buat ngelengkapin kombo terbaikmu.

Nah, biar lebih keren, kamu bisa langsung pilih gaya pertarungan apa yang bakal kamu pakai. Soalnya Kratos di sini bisa dikustomisasi sesuai yang kamu suka. Mau tipikal God of War lama jadi tanker yang asal hajar atau taktikal ala-ala mage fighter juga bisa. Simak video di atas buat lebih jelasnya.

Yang pasti sekali kamu pilih, cobalah setia dengan itu biar kamu nggak kagok lagi karena semakin ke depan, musuh juga bakal semakin banyak dan susah dilawan. Buat kelangsungan hidupmu juga, nih.

Maksimalkan Atreus dan Buat Harmonisasi Serangan

Awalnya fungsi anaknya Kratos, Atreus, mungkin nggak begitu kerasa di awal game buat bantuin kamu kayak panahnya cuma bikin geli-geli musuh alias nggak banyak guna. Cuma nanti saat permainan berjalan, Atreus bisa milih senjata apa yang bakal dia gunakan dan jadi berguna banget saat pertarungan.

Sebut saja manuver serangan yang lompat ke musuh buat cekik leher jadi ada kans buat Kratos ngasih serangan pamungkas. Kalau model gini yang kamu suka, ada saran dari gamespot buat ngasih dia panah Light and Shock yang bisa ngasih status ailments ke musuh. Tapi kalau kamu lagi terpojok dan butuh bantuan, Atreus juga bisa berguna buat mancing musuh biar mengalihkan perhatian ke arahnya. Jadi kamu ada waktu buat mikir ulang strategi atau nyari health item di sekitar. Belum lagi dia bisa dipasangin Runic Summon yang berguna banget buat pengontrol masa.

Jadi itu tips yang harus kamu ketahui sebelum mulai memainkan gamenya, atau buat kamu yang udah main duluan adalah tips-tips lain belum disebutkan versi kamu? Share ya melalui kolom komentar di bawah ini

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 1