Beli PlayStation VR, Perlu Nggak Sih? Cek Plus Minusnya Nih!

Selama kurang lebih 20 tahun, PlayStation mampu menghadirkan empat generasi console kepada para pecinta video game di seluruh dunia. Mulai dari Playstation generasi pertama hingga yang terbaru PlayStation 4 Pro. Namun, di antara generasi terbaru keluarga PlayStation (PS), ada juga yang namanya Playstation VR (Virtual Reality).

Sejarahnya dimulai 18 Maret 2014 ketika Sony, selaku pencipta dan pengembang PS, mengumumkan rencana merilis console game berbasis VR. Proyek yang diberi nama Project Morpheus itu akhirnya berganti nama menjadi PlayStation VR. Proyek terbaru ini digadang-gadang sebagai proyek jangka panjang. Sehingga saat ini Sony berfokus pada pengembangan PS4 serta PS VR.

Perusahaan asal Jepang ini berharap teknologi terbaru yang dihadirkan dua console ini akan menarik minat para penggemar setianya. Jadi mau nggak mau ada yang harus jadi korban dan dalam hal ini ialah PS Vita. And yes, Sony memutuskan untuk nggak lagi merilis game dan pengembangan buat PS Vita.

Kalau kamu, khususnya anak PS sejati pengen beli PS VR tapi galau mau beli atau nggak, mungkin perlu ditanya dalam diri kamu apakah perlu beli PS VR? Apa saja plus dan minus bermain PS VR? Pertanyaan kamu tersebut, kebetulan diulas Naples Herald dan udah kami rangkum buat kamu supaya kamu nggak galau lagi untuk membelinya… atau nggak!

Apa sih sebenarnya Playstation VR?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita ulas dulu mengenai PS VR. Jadi perangkat satu ini merupakan perangkat eksklusif yang dikhususkan untuk PS4. Makanya perangkat ini diklaim mampu memberikan pengalaman yang sangat berbeda dengan perangkat virtual reality yang dikhususkan buat smartphone, sebelumnya. 2015 lalu, Ram Madhavan, yang bekerja di Layanan Dukungan dan Pengembangan Sony Computer Entertainment America, memperkenalkan PS VR dan beliau menjelaskan spesifikasinya, cara kerja, serta keuntungan menjadi bagian eksklusif dari PS4.

Dalam presentasinya, Ram menjelaskan bahwa perangkat PS VR memiliki pandangan 110 derajat, tampilan layar 5.7 inchi dengan kualitas bagus serta gambar beresolusi 1920×1080, dukungan gerakan 360 derajat, audio berkualitas tinggi via headphone, gambar akan ditampilkan pada perangkat VR dan layar TV, serta desain headset yang cocok bagi mereka yang berkacamata, dan juga gameplay yang nantinya lebih nyaman dimainkan.

Salah satu fitur terbaik yang ada di PS VR adalah sifat laten yang rendah. Dengan kata lain, jarak waktu antara pemain beraksi dan melihat efek aksi tadi. Jika sifat latennya rendah, maka efeknya bagus, tapi jika sifat latennya tinggi, maka menghasilkan efek yang sebaliknya.

Selain itu, PS VR memiliki framerate yang lebih tinggi. Zaman sekarang, animasi, film, video, serta setiap gambar bergerak dijalankan dengan frame. Frame merupakan gambar yang disajikan berurutan untuk menghasilkan animasi, sementara framerate merupakan ukuran seberapa cepat frame tadi bergerak. Video game sebelumnya menggunakan framerate rata-rata antara 30-60 Hz. Framerate ini nggak akan bekerja pada VR karena membuat mata kita nggak nyaman. PS VR sendiri menggunakan framerate 120 Hz (sekitar 8 milidetik per frame).

Ram juga mengatakan fitur multiplayer pada PS VR bisa dilakukan. PS VR akan diterapkan pada PS Move controller. Karena PS VR akan menampilkan gambar pada perangkat dan layar TV, ini akan menjadi jalinan antar gamer. Ada dua cara untuk penerapan multiplayer ini yaitu mode mirror dan layar terpisah.

Mode mirror memungkinkan player dalam ruangan melihat apa yang player dengan perangkat VR alami. Mode layar terpisah akan menampilkan pengalaman masing-masing player pada TV dengan game yang sama, sehingga yang nggak main pun bisa ikut serta bermain tanpa menggunakan perangkat VR ini.

Apa aja yang diperlukan untuk bermain PS VR?

Yang paling menarik dari PS VR yaitu “External Processing Unit”. Menurut Ram, ini ibarat “teman” buat PS4. Dia menambahkan, PU ini meningkatkan sifat laten dan pengalaman bermain game.

Agar bisa bermain dengan PS VR, dibutuhkan PS4, headset, PU, serta PS Move controller. Sementara, penjualan dalam satu paket perangkat tersebut di Indonesia cukup beragam. Namun, untuk harga PS VR sendiri harganya sekitar R 4,7 juta.

Plus-Minus PlayStation VR

Berdasarkan penjelasan di atas, jelas kalau PlayStation VR adalah console yang ketat secara penggunaan. PS VR cocok buat kamu yang nggak mau repot-repot dalam hal meng-upgrade console dan nggak ingin buang-buang ongkos. PS VR bukanlah investasi satu kali, tapi perangkat ini memiliki beberapa hal yang nggak dimiliki perangkat VR lainnya. Console game hanya perlu ditingkatkan versinya, sementara sebagian game komputer terus-menerus ditingkatkan dan juga diubah seiring perkembangan teknologi.

Keunggulan lainnya adalah dukungan multiplayer. Sejauh ini, banyak perangkat VR lainnya nggak memiliki kemampuan ini. Namun, kelemahannya adalah hanya ada beberapa jenis game tertentu yang cocok bagi PS VR. Bermain dengan PS VR memang akan jauh lebih terkontrol daripada menggunakan VR lainnya, sebab PS VR hanya cocok digunakan untuk PS4. Tapi, PS VR akan hadir dengan jumlah game yang banyak, dari tulisan ini diturunkan akan hadir 50 judul game baru yang akan dirilis.

Selama bertahun-tahun, game PC telah berkembang dalam perubahan gaya, cara memainkan, dan lebih banyak karena pengembangannya. Bagi game PC, hal ini dapat lebih mudah dilakukan daripada jenis game lainnya. Perubahan nggak bisa dilakukan bagi game PC VR, tapi kemungkinan besar saat itu akan tiba.

Jadi perlu beli Playstation VR atau nggak?

Pikirin dulu matang-matang deh, sebelum beli PS VR. Pertanyaan yang paling penting adalah soal uang dan kesehatan kamu. Apakah membeli console VR benar-benar butuh atau justru nggak sama sekali. Beberapa perangkat VR dikenal menyebabkan mabuk, bahkan hal ini menimpa mereka yang nggak rentan terhadap penyakit ini. Tentu saja, ada pengembangan perangkat ke depannya untuk mencegah kondisi atau efek samping satu ini.

Cari tahu gaya permainan yang kamu sukai. Single player atau multiplayer. Setiap perangkat akan memiliki gaya dan genre game yang berbeda pula. Hal ini sama halnya dengan PS4 yang lebih cocok bagi gamer di Asia dan Xbox One yang lebih cocok bagi gamer di benua Eropa atau Amerika.

Sesuaikan game yang cocok buat kamu. Apakah itu console, PC, atau perangkat mobile. PS VR adalah satu-satunya perangkat VR yang sekarang ada khusus untuk console game. Oculus lebih cocok pada PC dan Gear VR untuk smartphone. Pertimbangkan platform apa yang paling banyak kamu gunakan sekarang untuk kebutuhan kamu bermain game.

So, it’s all up to you.

Writer: Roi Umam

Written by
Being adult with the spirit of Samurai X and Neon Genesis Evangelion, this man now decided to make a team of superhero like Avengers. Moviegoers and you can follow his visual track on instagram.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>