Enam Game Fate Series Yang Bisa Kamu Mainkan

Udah menjadi hal yang umum jika sebuah judul anime juga bakal mendapat adaptasi video game. Begitu pula Fate series. Beragam platform pun berlomba-lomba menarik minat para fans setia Fate series. Dengan mengambil pendekatan yang berbeda dari serial anime-nya, game dari Fate series rasanya juga menarik buat dimainkan. Kalau kamu tertarik, kami sajikan daftar game Fate series yang layak kamu coba.

FATE/EXTELLA (PS4, PS VITA, SWITCH, PC)

Dalam Fate/Extella kamu bisa memainkan salah satu dari 16 servant. Dengan servant yang kamu pilih, kamu bakal memilih map yang daerahnya dikuasai musuh. Game ini akan selesai kalau kamu bisa ngalahin semua musuh. Namun, nggak semudah itu buat selesain game-nya. Tiap daerah memiliki Rank tertentu di mana semakin tinggi rank-nya, bisa jadi semakin mudah diselesaikan atau bisa jadi semakin kuat musuhnya. Semakin banyak daerah yang kamu selesaikan, semakin dekat dengan Regime Matrix. Jika Regime Matrix bisa kamu selesaikan, final boss-nya bakal muncul dan harus kamu kalahkan.

FATE/EXTRA & FATE/EXTRA CCC (PSP)

Fate/Extra memiliki setting yang sama dengan Fate/stay night hingga suatu peristiwa membuat mana perlahan menghilang. Gameplay dalam Fate/Extra menggabungkan unsur action dan tema sekolahan. Meski temanya agak melenceng dari Perang Cawan Suci, tapi tetap menarik buat dimainkan.

Setelah melalui prolog bersama karakter misterius, kamu disuruh pilih gender dan nama, kemudian pilih satau servant: Saber, Archer, dan Caster. Kamu bakal mengeksplor sekolah yang di dalamnya terdapat ruang virtual yang disebut Arena, yang diawasi oleh SE.RA.PH. yang merupakan bagian dari Moon Cell yang menguasai Cawan Suci. Dalam Arena, kamu bakal melawan monster yang bertujuan melatih para Master. Para Master harus berpacu dengan waktu sebelum SE.RA.PH memisahkan mereka. Dalam Elimination Round, SE.RA.PH bakal memuskahkan siapa yang tersingkir dari pertarungan baik di dalam Moon Cell maupun di Bumi.

Fate/Extra memiliki sekuel bernama Fate/Extra CCC. Fate/Extra CCC memiliki game mechanic yang sama dengan Fate/Extra dengan sedikit perubahan. Arena telah berubah dan kamu bisa lolos dari pertarungan dengan lewat lantai bawah tanah. Tiap servant juga ditingkatkan kemampuannya.

Tiap karakter protagonis dan servant bakal mendapat kostum alternatif. Jika kamu punya save game Fate/Extra, kamu juga bakal dapat seragam olahraga. Semua karakter juga bakal memiliki Secret Garden dan Punish Start. Kalau kamu memilih protagonis cewek, maka Secret Garden-nya akan muncul foto cowok (kecuali servant dan bos-nya) begitu pula sebaliknya.

FATE/GRAND ORDER (iOS & ANDROID)

Fate/Grand Order adalah game RPG online berbasis iOS dan Android. Game ini disebut sebagai reboot dari Fate/Apocrypha.

Dalam Fate/Grand Order, para servant didapat melalui Saint Quartz. Penulis skenario game ini, Kinoko Nasu mengatakan “Dalam Fate/Grand Order, kalau kamu sudah mendapat karakter, kamu bakal belajar tentang identitas servant tersebut.” Setiap servant memiliki kisah mereka sendiri. Dengan memperkuat ikatan dengan servant, bisa menjadi hal yang bisa memengaruhi skenario game.

Fate/Grand Order memiliki jumlah servant yang cukup beragam. Jadi, kamu nggak perlu bingung buat milih servant favorit kamu.

FATE/KALEID LINER PRISMA ILLYA (NINTENDO 3DS)

Game ini adalah arena fighter di mana player bergantian menyerang jarak dekat dan serangan jarak jauh tergantung jarak dengan musuh. Lalu, muncul kartu elemental dan class. Ini merupakan serangan yang jauh lebih kuat dan akan mengakibatkan damage yang lebih besar kepada lawan. Kartu Class lebih kuat dan berguna dalam mengalahkan musuh. Ada 100 kartu berbeda, tapi player hanya dapat mengambil 10 kartu ke dalam pertarungan dan kebanyakan kartu hanya sekali pakai. Sementara, musuh cenderung memiliki unsur-unsur yang bisa mengisi energi, sehingga player harus menggunakan kartunya dengan hati-hati.

Cerita game ini yaitu player harus menemukan 7 Kartu Class di sekitar kota dalam 7 malam, tapi kamu bisa pergi hingga ke 3 lokasi dalam satu malam. Ada sejumlah 7 lokasi dan lokasi Kartu Class berikutnya ditunjukkan di map. Jika mengunjungi lokasi lain akan memicu dialog, pertempuran dengan karakter lain, atau mendapat 3 kartu elemen secara acak. Untuk mendapatkan Kartu Class, pemain harus pergi ke lokasi itu dan melawan Class.

FATE/TIGER COLOSSEUM & FATE/TIGER COLOSSEUM UPPER (PSP)

Fate/tiger colosseum ini merupakan fighting game yang berdasarkan serial Fate/stay night. Selain itu, game ini memiliki sekuel yaitu Fate/tiger colosseum UPPER, yang berlatar setelah Fate/tiger colosseum.

Karakter yang muncul dalam game ini antara lain Archer, Rin Tohsaka, Shirou Emiya, Sakura Matou, Saber, dan Taiga Fujimura (alias Tiger). Selain itu, semua servant yang pernah bertarung dengan Saber dalam kisah anime-nya juga bakal muncul. Karakter dari Fate/hollow ataraxia yaitu Bazett Fraga McRemitz dan Caren Hortensia juga bisa dimainkan.

Selain itu, ada bonus karakter yang juga bisa didapat yaitu Saber yang berkostum singa, karena hewan ini adalah hewan kesukaannya. Selain itu, Saber juga membawa Pedang Excalibur.

FATE/UNLIMITED CODES (PS2)

Fate/unlimited codes merupakan fighting game yang berdasarkan serial Fate/stay night. Gameplay-nya mirip dengan kisah anime-nya, tapi dengan sudut pandang setiap karakter. Kebanyakan karakter dalam game ini berasal dari Fate/stay night dan beberapa karakternya berasal dari Fate/Zero and Fate/hollow ataraxia.

Selain hadir di platform PS2, Fate/unlimited codes juga hadir di PSP dengan nama Fate/unlimited codes Portable.

Itu dia 6 game dari Fate series yang layak kamu coba. Kalau kamu juga punya referensi game dari Fate series, silakan komentar di bawah ya.

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>