Seberapa Perlu Kah Kamu untuk Membeli PlayStation 4 Pro?

Dilema untuk kalangan gamers nggak akan seburuk ini sebelum PlayStation 4 Pro keluar beberapa bulan lalu. Pasalnya, konsol keluaran Sony ini sebenernya nggak banyak perubahan banget dari PlayStation 4 (PS4) reguler atau yang pertama dirilis. Awamnya nih, cuma unggul peningkatan grafis sedikit. Sisanya? Sama aja.

Namun tentu kalau kamu anaknya suka grafis banget dan sampai sekarang belum tahu seluk beluk PlayStation 4 Pro, coba cari tahu dulu lebih dalam deh.

PS4 Pro awalnya berasal dari rumor bernama PS4 Neo. Console ini dianggap sebagai versi upgrade dari PS4. Dengan grafis yang lebih baik, video 4K, serta dilengkapi VR. Kemudian muncullah nama PS4 Pro sebagai wujud nyata rumor tersebut. Dirilis November 2016, PS4 Pro dibanderol dengan harga $ 400 atau sekitar Rp 5,3 juta.

Kalau kamu punya PS4, kamu nggak akan melihat perbedaan di antara dua console ini dari luar. Sebenarnya, sekilas PS4 Pro sama seperti pendahulunya, kecuali perbedaan pada grafis yang dihadirkan. Namun, nggak semua orang ingin memiliki console ini kalau udah punya PS4. Bagi yang belum punya, apakah perlu membeli PS4 Pro? Nah itu pertanyaan yang tentu menjadi dilema. Seperti dikutip Cheatsheet, ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu pikirkan nih.

Seperti yang udah dijelaskan sedikit sebelumnya, adalah sebuah dilema untuk merogoh kocek sebesar Rp 5,3 juta demi memiliki PS4 Pro. Apalagi kalau kamu berencana membeli console lain atau membeli game terbaru untuk console yang udah kamu miliki. Sekarang coba kamu pertimbangkan dulu nih!

Sudah punya PS4?

Kalau kamu udah punya PS4, nggak perlu risau. Dengan rilisnya PS4 Pro, bukan berarti console kesayangan kamu terpinggirkan. Kamu tetap bisa memainkan game yang akan dirilis setelah PS4 Pro. Sony sebagai pengembang nggak akan membedakan kedua console ini. PS4 Pro dikhususkan bagi mereka yang ingin menikmati grafis yang lebih superior, meskipun sebenarnya buat beberapa gamer sih sama aja.

Dilansir Kotaku, Sony mengatakan PS4 Pro hanya bisa dinikmati pada televisi bersolusi 4K serta teknologi HDR. Resolusi 4K berarti memiliki resolusi yang lebih jernih daripada TV HD lainnya. Jika umumnya TV HD memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel, maka TV 4K memilki resolusi yang jauh lebih besar yaitu 3840 x 2160 pixel. Dengan resolusi sebesar itu, tentu grafis yang disajikan lebih detil. Sementara, HDR (High Dynamic Range) merupakan teknologi yang membuat layar TV menyajikan palet warna yang lebih banyak. Namun, sebelum teknologi ini ada, TV 4K umumnya nggak memilikinya. Jadi, nggak masalah kalau memiliki TV 4K yang nggak ada teknologi HDR-nya. Kalau kamu nggak punya TV 4K, sebaiknya urungkan niat buat membeli PS4 Pro deh.

Kalau belum punya PS4 gimana?

Kalau kamu udah mengerti ulasan di atas, pikirkan dulu apakah kamu udah punya TV 4K yang memiliki teknologi HDR. Kalau punya, silakan beli PS4 Pro. Kalau belum, tentu lebih baik membeli PS4 saja. Sebab, grafis pada game PS4 bisa dibilang sama bagusnya kalau dimainkan pada TV HD 1080 pixel. Nggak perlu repot-repot beli TV 4K demi memainkan PS4 Pro. Harga TV 4K di pasaran aja, biasanya lebih mahal dari PS4 Pro sendiri.

Namun, dilansir Kotaku, ada harapan kalau game resolusi 1080p nantinya bisa lebih berkembang. Sebab, rata-rata game PS4 Pro berasal dari game PS4 dengan pengembangan grafis, kalau Sony mau repot-repot mengembangkan grafis game untuk console terkininya. Di samping itu, tentu game selanjutnya setelah PS4 Pro diharapkan memiliki perlakuan yang sama. Jadi, para gamer nggak perlu repot buat beli TV 4K demi menikmati grafis yang lebih bagus.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, bisa dibilang pilihan beli PS4 Pro cuma cocok buat yang udah punya TV 4K HDR. Kalau belum punya, PS4 aja udah cukup untuk menjadi pilihan. Atau, kamu bisa menunggu pengembangan grafis bagi game PS4 seperti yang dilakukan pada game PS4 Pro. Se-simple itu!

Written by
Being adult with the spirit of Samurai X and Neon Genesis Evangelion, this man now decided to make a team of superhero like Avengers. Moviegoers and you can follow his visual track on instagram.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>