Spider-Man PS4 – Review : Berikan Kamu Pengalaman Seru!

User Rating: 8.5
Asik bisa mampir ke rumahnya Doctor Strange! (credited to Satria Perdana)

Yes, akhirnya game Spider-Man PS4 dirilis dan udah bisa kita mainkan sejak 7 September kemarin. Saya sih baru mainin Senin (10/9) malam, kebetulan karena emang baru bisa mainin aja dan produk Pre-Order ini agak terlambat sampai ke rumah karena ada sedikit masalah. Well, but that’s fine for me… 

Kurang lebih beberapa hari ini, terutama sampai tulisan review ini saya buat, semua media sosial dan internet ramai-ramai membahas soal game Spider-Man yang eksklusif dirilis di PS4 ini. Beragam media luar seperti IGN, Gamespot, dan lain-lain bahkan rajin untuk memberikan walkthrough maupun tips. Saya nonton juga sih, tapi nggak cuma ngikutin atau nurutin tips, ya harus langsung main lah.

Review game JoyPixel kali ini mungkin akan lebih banyak membahas soal gameplay dan juga pengalaman saya sebagai player memainkan game rilisan Insomniac Games yang saya dapatkan dari toko Play Inc ini. Kalau soal cerita, ya di samping saya memang belum tamat, kamu udah bisa simak review lain yang udah membahas soal story dari game yang lagi ngehits di awal September ceria ini.

Open Worldbeing a friendly neighborhood for New York fellas, and Spider-Cop

Yap, bicara soal game Spider-Man PS4 ini nggak lepas dari beragam video soal game ini sejak tahun lalu. Dijanjikan kamu akan mendapatkan pengalaman memainkan sosok superhero favorit Marvel ini dengan sajian open world, kamu bakal bener-bener puas deh memainkannya dan dijamin bakal langsung berayun ke sana-ke mari, tanpa langsung menjalankan misi utama dulu.

Saya sih setelah memainkan misi pertama, langsung jalan-jalan dulu, hahaha… Karena memang penasaran dengan gimana jadinya kalau Peter Parker a.k.a. our friendly neighborhood ini menyapa masyarakat kota New York. Soalnya banyak banget orang menyapa karakter ciptaan Stan Lee dan Steve Ditko ini jalanan.

Kita juga bisa menjadi “Spider-Cop” dan membantu polisi dalam menangani perampok, preman jalanan, bahkan menyelamatkan orang-orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Saya malah ketagihan jadi “Spider-Cop” dan lebih memilih jalan-jalan ketimbang langsung menjalan misi-misi utama. Soalnya emang selain seru, kita bisa jalan-jalan mengelilingi New York.

Ah ya, nggak ketinggalan juga kita bisa foto-foto di berbagai sudut kota, terutama memotret landmark kota. Saya juga ketagihan motret landmark, lantaran memberikan exp pada karakter kesayangan fans Marvel ini. Pun demikian dalam mencari tas milik Peter yang tersebar di berbagai sudut kota.

Ini bukan buang waktu by the way, tapi justru dengan jalan-jalan ini lah kita bisa dengan cepat menaikkan level Spider-Man, mendapatkan token untuk dapat meningkatkan skill, membuka suit baru, sampai meningkatkan atau meng-upgrade gadget kita di mana akan sangat bermanfaat dalam mengalahkan musuh. Mau itu kroco-kroco atau bahkan musuh-musuh utama.

Pokoknya bener-bener asik banget sih mainnya. Kita pun bisa jadi Spider-Man maupun Peter Parker, even Mary Jane alias MJ!

Cuma ya sayangnya sih, meskipun kita bisa mampir ke rumah Doctor Strange atau markas Avengers, ataupun Kedutaan Besar Wakanda, kita nggak bisa ketemu karakter-karakter tersebut atau at least mampir. Siapa tahu kan seru kalau bisa masuk-masuk ke markas mereka gitu.

Kontrol yang simple dan sajian fitur memotret yang bikin nagih

Kalau mau berayun ke sana-ke mari, kamu cukup menekan tombol R2. Beres. Tidak lupa menekan tombol X untuk high jump saat berayun maupun menambah sedikit dorongan untuk dapat berayun lebih cepat. Pun demikian untuk fighting ataupun mengeluarkan spider-web.

Simple banget. Apalagi kamu dimudahkan dengan adanya “reminder” di bagian bawah tengah tombol apa yang baiknya kamu tekan ketika sedang melakukan sesuatu, seperti berdiri di ujung atap gedung misalnya. Kamu diminta menekan L3 agar dapat jongkok ala Spidey.

Seperti yang udah saya sampaikan sebelumnya, fitur memotret dalam game Spider-Man PS4 ini bener-bener bikin saya ketagihan. Ya mungkin karena saya emang doyan motret juga sih aslinya. Namun, yang menarik kenapa saya ketagihan karena memang kamu bisa bikin foto-foto momen dengan beragam gaya, beragam frame, dan yang pasti beragam landmark keren yang terdapat dalam game ini.

Ini nih salah satu frame yang bisa kita pakai di Photo Mode. (credited to Satria Perdana)

Saya sih seneng banget ketika hunting foto di beberapa landmark, terutama seperti di rumahnya Doctor Strange, markas Avengers, atau foto bareng dengan warga sekitar. Kamu bisa mengedit fotonya dengan beragam gaya dan selera kamu agar menarik. Apalagi kalau kamu ikut Pre-Order, kamu bisa gonta-ganti suit sesuai selera kamu.

Ah ya, bicara soal suit, kita bisa dapetin beberapa Spidey suit yang ada di Spider-Verse. Mulai dari suit-nya Ben Reily, Spider-Man Noir, sampai suit favorit fans Marvel saat ini yaitu Iron Spider! Beberapa di antaranya bisa didapatkan dalam kode yang didapat saat Pre-Order. Namun, beberapa lainnya bisa didapatkan dengan mengoleksi token tertentu lebih dulu sebelum dapat membuka suit yang kamu inginkan.

Setiap kostum memiliki kekuatan masing-masing

Mungkin kalau kamu memainkan game Spider-Man yang udah-udah, rasa-rasanya kemampuan sebuah kostum atau suit-nya ya cuma gitu aja, alias nggak begitu ngaruh. Namun, untuk game Spider-Man PS4 ini ada ngaruhnya. Setiap kostum punya kemampuan masing-masing yang disebut Suit Power dengan menekan L3+R3. Namun nggak cuma bisa dipakai di satu kostum, tapi juga di kostum lain.

Contohnya untuk kostum Spider-Man Insomniac. Ia bisa menambah fokus dan dapat meningkatkan Focus Bar lebih cepat di mana setiap kita melakukan Finisher Move, bar tersebut dapat meningkat dengan lebih cepat. Di sisi lain kalau pakai Iron Spider, empat kaki yang muncul saat melakukan Suit Power dapat meningkatkan damage saat menghajar lawan.

Setiap kostum juga bisa kamu pakaikan token agar kemampuan bertarung maupun akrobatik kamu saat berayun lebih asik. Ketika kamu melakukan upgrade kostum maupun gadget, kamu bakal mendapatkan pengalaman yang beragam dan bener-bener memberikan sensasi tersendiri yang mungkin bikin kamu nagih memainkan game ini. Bahkan mungkin kamu nggak mau game ini cepat tamat.

Mungkin ya kalau game ini bisa kasih liat proses Peter Parker berganti kostum menjadi Spider-Man dengan kontrol tertentu, bakal lebih perfect lagi ini game. Soalnya kayak nanggung gitu nggak sih, sampai harus ada scene tertentu atau misi tertentu dulu baru bisa pakai Peter Parker? Nggak bisa langsung ganti jadi Peter Parker gitu?

Mini game dan side mission berguna banget

Karena saya orangnya belakangan suka grinding level karakter, saya sering banget naikin level karakter dengan melawan musuh. Tapi tentu untuk game satu ini nggak cukup lawan musuh atau penjahat kroco, melainkan kamu harus rajin memainkan mini game maupun side mission untuk game ini.

Kalau menjalankan mini game, lumayan lho exp kita bertambah 50-200 poin. Kalau side mission bisa naik atau mendapatkan sekitar 1.000-1.500 poin guys! Berguna banget lah pokoknya menjalankan side mission maupun mini game di Spider-Man PS4 ini.

Verdict

Udah kayak IGN banget nulisnya pakai verdict segala… Hahaha… Serius sih, game Spider-Man PS4 ini harus banget kamu mainin. Bukan cuma karena lagi hype, tapi secara gameplay game ini mudah dimainkan, memberikan kamu pengalaman baru, bahkan membuat kamu mengenal lebih dalam karakter-karakter yang hadir di game ini juga.

Buat saya sih memang kekurangan game ini mungkin lebih kepada kosongnya soundtrack ataupun scoring kali ya. Karena buat saya sih game open world macam ini, yang bertemakan pahlawan kota dan karakter terkenal, mestinya bisa dikasih nuansa yang bikin mood lebih cepat naik dan happy ketika ada soundtrack yang cakep. Ya maksudnya yang bikin mainnya jadi lebih semangat.

Ah ya, di sisi lain ada beberapa bagian yang mungkin sedikit mengganggu. Seperti saat kita memanjat gedung, terkadang untuk manjat bagian tertentu agak susah dan malah terjatuh. Ya, mungkin itu bug atau apa lah ya. Nggak ganggu banget sebenernya, tapi bikin “gatel” aja gitu kayak ada yang ganjel.

But overall, I think this game should given a title as one of the best of the year. Visual yang ciamik, pengalaman yang seru dan baru, bahkan di sini kamu bener-bener merasa jadi Spider-Man, dan segala keunggulan game ini yang udah saya paparkan di atas, titel tersebut pantas disematkan untuk game Marvel baru besutan Insomniac Games ini.

Kalau kamu penasaran seperti apa gamenya atau masih ragu mau beli sekarang atau nanti, setelah baca review ini baiknya langsung beli deh. Terutama nih disarankan beli di Play Inc, hehehe… Kalau kamu udah main dan mungkin udah tamat, kamu bisa kasih pengalaman kamu di kolom komentar ya guys!

Enjoy the game and be greater!

Summary
Ya, Spider-Man PS4 jadi game yang wajib kamu punya tahun ini. Gameplay yang seru, kostum-kostum Spidey yang banyak dari Marvel Universe maupun Marvel Cinematic Universe bikin kamu ketagihan deh pokoknya. Kamu bahkan nggak pengen game ini cepat tamat. Dijamin! Hahaha...
Good
  • Bisa jadi Peter Parker!
  • Serunya kita bisa gonta-ganti kostum Spidey
  • Side mission dan mini game bikin nagih
  • Banyak landmark keren dari Marvel Universe yang bisa jadi spot foto
  • Photo Mode bener-bener bikin nagih
  • Gameplay yang simpel dan nggak bikin kamu bingung
Bad
  • Semestinya ada soundtrack atau scoring yang bikin game ini lebih "nendang" dan bikin mood mainnya jadi lebih happy
  • Ada beberapa momen ketika memanjat gedung atau bangunan di mana dirasa agak ribet
  • Semestinya ada karakter Avengers yang mampir di game ini!
8.5
Great
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>