Dua Event Game Di Jepang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Buat para gamer, mengunjungi negara pembuat game seperti Jepang atau Amerika adalah sebuah impian. Apalagi kalau bisa datang ke event di mana bisa nyobain game baru yang bakal dirilis. Selain itu, bisa ketemu sama staf di balik perusahaan game terkenal bisa jadi pengalaman tersendiri yang nggak bakal dilupain. Kalau kamu ke Jepang, kamu wajib datang ke 2 event game, yaitu Tokyo Game Show dan Tokaigi Game Party.

TOKAIGI GAME PARTY

Tokaigi Game Party merupakan game event yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Di event ini para pengunjung bisa mampir ke booth perusahaan game buat nyobain game terbaru yang belum dirilis. Selain itu, game digital hingga analog, game terbaru hingga game retro semua dihadirkan di sini. Di Tokaigi kamu juga bisa lihat adu skill para gamer maupun pengunjung dalam berbagai turnamen yang diadakan oleh panitia.

Di tahun 2018 ini, Tokaigi mulai mempromosikan eSports yang semakin booming di negara-negara Asia. Bahkan, tim eSports lokal juga bekerjasama dengan Tokaigi untuk ngasih workshop kepada para pengunjung. Nggak cuma itu, ada sesi exhibition match dengan para pro-gamer juga lho.

Kamu juga bisa berburu merchandise berbau game di dini. Selain itu, ada juga parade cosplay dan pertunjukan musik yang bikin event ini makin menarik. Keunikan dari event ini adalah bagi yang nggak bisa hadir ke venue, panitia udah nyiapin live streaming di niconico. Keren ‘kan?

Di Tokaigi Game Party tahun ini, perusahaan game ternama seperti Nintendo, Capcom, Konami, Monster Energy, dan Bandai Namco ikut serta memeriahkan acara. Bukan nggak mungkin tahun depan makin banyak perusahaan yang ikut serta.

Tokaigi diadakan setiap bulan Februari dan diadakan di Makuhari Messe convention center, Chiba. Jaraknya kurang lebih 30 menit dari pusat kota Tokyo dengan naik kereta. Kamu bisa turun di stasiun Kaihinmakuhari yang dekat sama venue-nya.

Tiket Tokaigi Game Party tahun ini dijual per hari dengan harga ¥1.500 (sekitar Rp195.000) untuk pre-sale, ¥2.000 (Rp260.000) saat masa pre-sale habis, dan ¥2.500 (Rp325.000) untuk tiket terusan. Tiket terusan hanya dijual selama masa pre-sale. Jadi, kalau kehabisan tiket terusan, kamu terpaksa harus beli tiket per hari.

TOKYO GAME SHOW (TGS)

keseruan TGS 2018 (doc. Hara T./OtakuMode)

TGS adalah event game terbesar di Jepang. TGS pertama diadakan tahun 1996. Pada tahun 1996 hingga 2002, event ini diadakan 2 kali setahun yaitu saat musim semi dan musim gugur. Setelah itu, event ini diadakan sekali tiap tahunnya pada bulan September. Pada awal TGS diadakan, Tokyo Big Sight dipercaya menjadi venue acara. Setelah itu, venue dipindahkan ke Makuhari Messe convention center di Chiba.

TGS disponsori oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang. Hal inilah yang menjadi salah satu keunikan di mana pemerintah ikut serta dalam promosi dunia game Jepang. Perusahaan game seperti Sony, Nintendo, Sega, Capcom, Square Enix, Bandai Namco, dan Konami ikut serta dalam event ini. Selain itu, event ini juga jadi ajang promosi bagi perusahaan mobile game dan game indie.

Sama halnya dengan Tokaigi Game Party, TGS juga ngadain beberapa event seru seperti main game yang bakal dirilis, adu skill sesama pengunjung atau dengan pro-gamer. Tentu aja ngga ketinggalan ada panggung live music dan parade cosplay. Buat yang berburu merchandise ala game juga tersedia di sini. Pengen beli gaming device? Bisa juga tentunya.

Pengunjung TGS 2018 mencoba VR Visual Novel Tokyo Chronos (doc. Hara T./OtakuMode)

Di TGS juga ada area Game School  di mana beberapa universitas di Jepang sharing soal digital art, animasi, programming, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan industri game. Selain itu, di area ini juga memamerkan hasil karya mahasiswa. Semua area terbuka untuk umum kecuali business area.

TGS terbgai ke dalam dua sesi, yaitu business day dan public day. Sesi public day adalah sesi yang terbuka untuk umum seperti event lain pada umumnya. Sementara, sesi business day diadakan 2-3 hari sebelum pelaksanaan. Di business day ini hanya media, tamu undangan, dan pengunjung tertentu yang diperbolehkan datang. Biasanya dikarenakan ada pengumuman soal game atau konsol baru yang belum boleh diketahui publik hingga hari pelaksanaan. Di business day juga ada penandatanganan kontrak kerjasama.

Untuk harga tiket, TGS tahun ini mematok harga ¥1.000 (sekitar Rp.130.000) per hari saat pre-sale dan ¥1.200 (sekitar Rp156.000) perhari jika masa pre-sale selesai. Tiket ini kamu bisa beli via website resminya. Untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun, nggak usah beli tiket alias gratis.

Meski Tokaigi belum sebesar TGS, rasanya event ini layak dikunjungi mengingat suguhannya juga sedikit beda dengan TGS. Kalau kamu juga punya daftar event game lainnya di Jepang, nggak usah ragu buat kasih komentar kamu di bawah, JoyFriends.

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>