eSport Indonesia Semakin Berkembang Lewat Game Stream

Sekarang eSport Indonesia semakin berkembangan, meskipun harus menghadapi sejumlah tantangan yang terbilang klasik. (doc. Nimo TV)

Setelah gelaran akbar Asian Games 2018 pada Agustus kemarin, eSport Indonesia jadi salah satu perhatian banyak orang. Selain tergolong baru, bisa dikatakan adanya kategori eSport kemarin juga jadi ajang pembuktian bahwa industri eSport Indonesia tengah bertumbuh. Terlebih dengan popularitas game macam Arena of Valor (AOV) dan Hearthstones.

Berdasarkan studi riset terbaru dari Newzoo baru-baru ini, industri game di Indonesia terus berkembang dengan jumlah pemain game sebanyak 43,7 juta orang dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 261,7 juta orang. Dari data tersebut, berarti 16,7 % penduduk Indonesia aktif bermain game dan jumlah ini semakin bertambah seiring melambungnya popularitas eSports di Indonesia. Pendapatan dari industri game di Indonesia mencapai USD 879,7 juta dan menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar ke-16 untuk industri game di dunia.

Perkembangan industri eSport Indonesia dan gaming ini tentu nggak lepas dari peran para game streameryaitu pemain game yang melakukan live streaming saat bermain game. Saat ini, game streaming sudah menjadi kategori hiburan tersendiri dengan segmen penonton yang loyal. Bahkan, selain kesempatan untuk mengasah kemampuannya sebagai atlet eSport, game streamer pun bisa mendapatkan penghasilan yang nggak sedikit.

Salah satu game streamer yang paling dikenal saat ini adalah Ryan Prakasha, yang dikenal dengan julukan SuperNayr. SuperNayr merupakan seorang fenomena di dunia game Indonesia, karena ia merupakan pemain profesional eSport yang ahli dalam beberapa game, sebut aja DOTA, Overwatch, PUBG, dan banyak game lainnya. SuperNayr sering ikut serta dalam turnamen eSport tingkat dunia dan menjadi juara yang mengharumkan nama Indonesia.

SuperNayr sendiri secara resmi telah bekerja sama dengan Nimo TV, platform game streaming terkemuka di Indonesia sebagai partner pemain profesional resmi. Sebagai pemain eSport profesional, superNayr nggak cuma mengharumkan nama Indonesia, tapi juga mendapatkan penghasilan yang sangat menjanjikan setiap bulan sebagai game streamer andal. Hal ini menunjukkan bahwa industri eSport Indonesia memiliki potensi yang luar biasa.

“Memiliki pekerjaan yang sama dengan hobi yang diminati tentu adalah mimpi banyak orang dan saya nggak pernah menyangka kalau ketertarikan saya bermain game dapat membawa saya menjadi salah satu game streamer terkemuka di Indonesia. Hasil yang saya dapatkan dari bermain game membuktikan bahwa game streamer bukanlah suatu pekerjaan yang dapat dipandang sebelah mata, di mana profesi ini memiliki kontribusi yang cukup besar dalam perkembangan industri eSport di Indonesia,” ujar Ryan.

“Sebagai pro-players, kami nggak menyangka akan menjadi sorotan secara positif oleh masyarakat dan pemerintah. Kami senang  keahlian kami ternyata mendapat apresiasi dan bisa mengharumkan nama bangsa di ajang internasional melalui kompetisi-kompetisi internasional yang kami ikuti,” tambah superNayr dalam rilisan pers yang kami terima.

Kamu bisa jadi game streamer di Nimo TV

Nimo TV, sebuah platform game streaming global, yang telah beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, hingga Brasil percaya bahwa game streaming bisa berkontribusi untuk perkembangan industri eSport dan game di Indonesia. Selain sebagai bentuk kategori hiburan baru, platform game streaming juga menjadi wadah berkumpulnya pencinta game streaming mengasah kemampuannya hingga terbuka kesempatan lebar menjadi atlet eSport di masa mendatang.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pemain profesional (pro-players) maupun pemain yang berpotensi menjadi seorang pro-players dalam mengembangkan platform kami. Interaksi antara mereka dengan komunitas pencinta game secara umum merupakan modal utama perkembangan industri eSport dan gaming di Indonesia. Nimo TV sebagai platform game streaming membuka kesempatan interaksi positif antara pencinta game dengan pro-players andal. Sehingga pecinta game nggak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga mendapatkan pembelajaran berharga dari pro-players secara langsung. Besar harapan kami, Nimo TV dapat menjadi bagian penting dari proses pembinaan atlet eSport di Indonesia,” ungkap Kevin Raharja, Head of Marketing Huya Limited untuk Nimo TV Indonesia.

Eddy Lim, Ketua Indonesia eSport Association (IeSPA) turut menambahkan bahwa ia percaya kedepannya akan semakin banyak atlet eSport Indonesia yang akan bersaing di tingkat dunia. Ini tentunya membutuhkan satu ekosistem yang bisa sepenuhnya mendukung pengembangan kemampuan mereka.

“Ekosistem yang dimaksud adalah kesatuan antara peran pemerintah, asosiasi, pro-players, dan platform game streaming yang saling berperan satu sama lain. eSport di Indonesia masih pada tahap awal, tapi ini merupakan awal yang sangat menjanjikan,” tegasnya.

Siapa yang bercita-cita ingin jadi pemain game profesional kayak SuperNayr? (doc. Nimo TV)

Tantangan yang dihadapi eSport Indonesia

Meskipun secara umum terlihat berkembang dengan baik, perkembangan eSport di Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan. Antara lain perbedaan pandangan mengenai industri game dan eSport itu sendiri. Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa game merupakan suatu hal yang dilakukan sebagai pengisi waktu luang, bukan sebuah cabang olahraga yang dijalankan secara profesional. Selain itu, kesiapan infrastruktur pendukung kegiatan eSport, terutama jaringan telekomunikasi, masih menjadi tantangan utama bagi perkembangan eSport di Indonesia.

“Meski perkembangan industri game dan eSport sangat cepat, Indonesia masih membutuhkan waktu untuk proses adaptasi dan sosialisasi mengenai cara pandang sebagian masyarakat terhadap industri game dan eSport itu sendiri,” tutur Dedy Irvan, pengamat gaming dan eSport.

“Apabila ditekuni secara disiplin dan didukung oleh ekosistem yang tepat, ada banyak profesi terkait industri game dan eSport yang bisa menjadi lapangan pekerjaan baru dan unik. Game streamer adalah salah satunya. Profesi ini, selain dapat menjadi mata pencaharian, dapat pula membawa dampak positif dalam skala yang lebih luas sehingga perkembangan eSport di Indonesia dapat diterima secara lebih luas,” tambahnya dalam pandangannya terhadap perkembangan eSport di Indonesia.

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.