Mario Kart Tour Mobile – Review: Balapan Menyenangkan Dalam Genggaman!

User Rating: 8

Sudah siap balapan bareng Mario dan teman-teman di Mario Kart Tour, JoyFriends?

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Masih ingatkah kamu dengan karakter Mario yang menggemaskan pada gim-gimnya? Tak dapat dipungkiri kalau Mario adalah salah satu raja ikon pop culture dunia. Karakter yang juga menjadi ikon dari Nintendo ini sukses menjadi gim yang paling laku dalam sejarah, dikalahkan oleh serial Nintendo lainnya, yaitu serial gim Pokemon.

Berawal dari serial aksi petualangan Super Mario Bros. yang identik dengan musik serta rintangan-rintangan unik dalam gim, Mario melebarkan sayap franchise-nya ke dalam genre gim lain, nggak ketinggalan dengan gim balapan yang melegenda, Mario Kart. Mario Kart pertama diperkenalkan ke konsol milik Nintendo pada 1992 di SNES, alias Super Nintendo Entertainment System.

Kini dengan pertumbuhan pemain gim di smartphone, Nintendo akhirnya kembali mengeluarkan lini gim-nya di luar platform Nintendo; dimulai dengan Super Mario Run yang rilis 2016 silam di iOS dan Android, Nintendo kini kembali merilis lini lainnya, Mario Kart Tour Mobile pada 25 September 2019 lalu. Nah, kira-kira kayak gimana sih JoyFriends, gameplay Mario Kart Tour Mobile ini? Apakah seseru versi Switch-nya? Yuk, ikutin terus ulasannya, JoyFriends!

Also Enjoy This : Dobrak Stigma MOBA, Genesis Mulai Open Beta

USER INTERFACE

Mario Kart Tour - joypixel

Tampilan menu utama

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Impresi pertama itu adalah salah satu unsur penting karena menyangkut apakah pemain ini akan terus main gim ini atau nggak. User Interface dari Mario Kart versi mobile-nya ini menurut saya membuat saya bingung, JoyFriends. Animasinya cakep, warna cerah bikin kesannya makin fun, nggak usah ditanya lagi. Tapi kemudahan operasi dan tampilan awalnya itu lho, yang menurut saya kurang.

Awal-awal kamu sudah dibawa ke pilihan lintasan balap yang tersedia. Kamu nggak diizinin dulu untuk eksplor, dan langsung terfokus untuk balapan. Padahal fitur lain seperti Shop, atau fitur lainnya cukup berguna untuk ada ditampilan awalnya, nggak langsung ke balapannya.

Navigasi saat memilih antar tur pun terasa sedikit sulit karena nggak bisa di-swipe, hanya bisa diketuk satu-satu. Sedikit kurang user friendly, lah istilahnya. Saya awal mengunduh dan mencoba memainkan aja bingung sendiri.

ANIMASI

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Ketika balapan, saya langsung terkesima dengan grafik yang ditampilkan dalam gim ini, terutama lintasan-lintasannya. Lintasan pada gim ini tuh variatif banget, mulai dari mansion yang seram, kastil megah, lintasan nostalgia a la Super Mario Bros., hingga lintasan di luar angkasa yang paling saya suka, JoyFriends.

Desain karakter dan keseluruhan aspek gaming-nya juga eye catching dan fun banget! Ini salah satu aspek selain game play-nya yang bikin betah lama-lama mainin gim ini.

KARAKTER, KART, DAN PARASUT!

Contoh penggunaan kombinasi karakter, kart, dan parasut.

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Yap, gim Mario Kart Tour berpatokan pada ketiga kombinasi ini; karakter, kart, dan parasut. Setiap kombinasi ketiga ini terdiri dari tiga kombo poin, yakni poinnya yang dikali x1, x1.5, dan x2. Semakin kamu memilih kombinasi yang paling tinggi di x2, berarti kamu berkesempatan menang lebih tinggi dan mendapatkan poin yang tinggi pula.

Masing-masing kombinasi ini akan naik poinnya ketika kamu gunakan untuk balapan, atau ketika kamu mendapat tiket untuk menaikan poinnya; yang bisa kamu dapatkan dengan membeli atau bonus harian log in. Kombinasi ini bisa juga kamu naikin level-nya, cuma sulit, karena nggak ngandelin experience yang didapat saat balapan, tapi cenderung pay to win.

Menaikan point!

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Setiap karakter, kart, dan parasut-nya bisa kamu dapatkan dengan menggunakan rubbies ataupun sekarang ada update yang membuat kamu bisa beli melalui koin yang didapatkan setiap balapan.

Kamu di sini disajikan banyak karakter, bukan hanya Mario saja. Bahkan variasi Mario pada gim ini juga banyak banget. Ada Mario kecil, Mario versi besi, Mario versi emas, begitu pula karakter lainnya seperti halnya Luigi, atau Waluigi. Setiap karakter di gim ini punya panggungnya sendiri. Jadi kamu nggak harus namatin nyampe akhir dulu ini karakter, padahal dilintasan lain dia cuma akhirnya akan mendapat poin x1, bukan x1.5 maupun x2.0, begitupula dengan kart dan parasutnya. Sedikit tips, pokoknya pilih yang paling atas aja, biar dapet poinnya gampang.

Semua desain karakter, kart, dan parasut ini uniknya nggak ada yang nggak saya suka. Biasanya kalau di gim lain ada yang nggak saya suka desain karakternya, dan di Mario Kart Tour ini saya suka semua, jadi saya nggak masalah kalau harus gonta-ganti karakter setiap balapan.

Kemudian, berbeda dengan gim Mario Kart yang lain, versi mobile-nya ini nggak bisa mengganti ban kart-nya.

GAMEPLAY

Memainkan ketiga kombinasi kombo!

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Mungkin kalian akan menyadari tangkapan layar yang saya ambil itu berorientasi potrait, bukan lanskap seperti gim balapan kebanyakan. Karena tentang itulah gim ini; optimalisasi untuk versi mobile-nya. Jika versi Nintendo Switch tetap berorientasi lanskap, versi mobile-nya akan berorientasi portrait; mungkin untuk optimalisasi penggunaan satu tangan, plus dapat dimainkan dalam kondisi apapun.

Pilihan lintasan

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Tentunya untuk memainkan gim ini, kamu harus membuat akun Nintendo terlebih dahulu. Langkah-langkahnya akan langsung dipandu dengan mudah, sampai sini sih nggak ada masalah.

Pada tampilan awal saat kamu mulai memasuki gim, kamu akan langsung disajikan deretan balapan dari masing-masing cup dalam tur-nya; yang masing-masing terdiri dari empat balapan, JoyFriends. Balapan akan terbuka ketika kamu sudah menyelesaikan satu-persatu balapannya. Tiga diantaranya adalah balapan dengan tiga lintasan yang berbeda. Sekali balapan biasanya terdiri dari dua lap

Sisa satu lintasannya adalah sebuah lintasan yang di mana kombinasi karakter, kart, dan parasut-nya dipilih sendiri oleh gim-nya, meski kamu belum mendapatkan kombinasi-kombinasi di atas. Berlainan dengan balapan konvensional, lintasan terakhir ini lebih kepada lintasan mini-game, yang terkadang membagikan tips-tips balapan, mini games kayak harus lewatin ring, harus lompat berapa kali, atau balapan-balapan unik lainnya dibanding tiga balapan lainnya.

Pemilihan karakter sebelum balapan!

(Source: JoyPixel/Iman Ramadhan)

Kart yang digunakan berdasarkan point, dan tergantung tempat balapan.

(Doc. JoyPixel/ImanRamadhan)

Pilihan parasut berdasarkan poin

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Setelah memilih lokasi lintasan, kamu akan dihadapkan pada pilihan kombinasi antara karakter, kart, dan parasut yang sudah dibahas tadi. Setiap lintasan punya karakter yang berbeda untuk dimainkan agar mendapat kombo poin yang paling tinggi. Misal nih, saya di lintasan pertama bisa menggunakan karakter Mario dengan kombo poin tertinggi, tetapi tidak di lintasan setelahnya. Ini membuat kamu harus ngatur strategi untuk milih karakter, kart, dan parasut mana yang harus ditamatin. Karena kita nggak bisa kayak gim lain yang harus namatin karakter, kart, sama parasutnya biar dapat poin tertinggi. Cara kerja di Mario Kart Tour Mobile ini berbeda. Setiap karakter, kart, dan parasutnya punya panggungnya masing-masing.

Awalnya, kamu hanya bisa mengendarai 50cc, namun seiring waktu, 100cc dan 150cc akan terbuka dengan menyelesaikan lintasan balapan. Untuk membuka yang 200cc alias yang paling kencang, kamu harus menggunakan Gold Pass, alias kamu harus beli dulu pake uang asli. Semakin besar cc-nya, semakin besar pula poin yang akan didapat saat finish.

Gim besutan Nintendo ini juga nggak sepenuhnya real time multiplayer. Kamu dalam gim ini nggak sepenuhnya beneran bertanding lawan karakter lainnya seperti pada gim PvP (Player vs Player). Tapi lebih ke bertanding PvP ala-ala. Alias nama-nama pembalapnya beneran ada, tapi nggak tanding bareng. Jadi nggak real time gitu kamu bertanding dengan delapan orang lainnya. Ngeselinnya meski nggak beneran PvP, kamu tetep nggak bisa pause game. Tapi jangan khawatir, tanggal 8 Maret 2020 fitur baru untuk Online Multiplayer akan dikenalkan oleh Nintendo untuk gim Mario Kart Tour ini.

Cara mengendarai kart-nya pun unik. Dibanding ada pilihan bagaimana mengendarai kart seperti hanya menggunakan layar sentuh atau memiringkan handphone, Mario Kart ini mengandalkan tanda panah di depan karakter yang kita gunakan sebagai penanda harus belok ke mana karakter dan kart-nya ini. Mengendarainya otomatis, alias kamu nggak perlu mencet untuk ngegas-nya. Belum lagi kita bisa membuat karakter ini drifting dengan slide jari kita di bagian bawah layar. 

Satu sisi, ini salah satu cara dari Nintendo untuk mempermudah penggunaan satu tangan, satu sisi, cara mengemudikan seperti ini terasa kurang enak aja gitu, JoyFriends. Pada praktiknya, hal ini juga nggak efektif. Karena kamu tetap harus terfokus pada layar, mengendarai kart-nya, memegang dua tangan, dan sulit dimainkan dalam situasi apapun seperti yang diharapkan Nintendo. Kamu tetap harus memainkannya dengan konsentrasi penuh.

Orientasi pada balapannya pun bukan meraih juara satu seperti kebanyakan gim balap; namun meraih poin yang paling banyak, sehingga nggak harus ambis-ambis banget juara satu, yang penting akhirnya dapet bintang lima. Tapi yah, kalau juara satu pun, kamu akan mendapat poin lebih banyak hingga bisa mendapatkan bintang lima. Tapi nggak jarang kamu bisa dapat bintang lima tanpa harus mendapat juara satu.

Frenzy mode!

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Saat balapan, akan ada banyak item box pendukung yang menunjang permainan. Mulai dari nitro sehingga kamu bisa melesat dengan cepat, jatuhin pisang atau oli biar pembalap lain kepleset, memperbesar mobil dan melahap pembalap lain, hingga bubble yang membuat kamu anti serangan pembalap lain. Nah, banyaknya item yang bisa dipakai tergantung pada kombinasi poin karakter yang kamu pakai. Kalau kamu pakai karakter yang tanda kura-kura hijau satu, kamu hanya dapat menggunakan satu item, kalau kamu pakai karakter dengan tanda kura-kura hijau dua, kamu akan mendapat dua item, begitupula untuk yang tanda kura-kura hijau tiga, berarti kamu akan mendapatkan tiga item sekaligus. Jumlah yang paling besar ini pula yang akan mudah mendapat point lebih besar saat balapan. Tiba-tiba dapet aja kombo lebih.

Satu pesan dari saya ketika memainkan gim ini: jangan dibawa serius. Beneran, bawa seneng aja. Jangan bayangin gim ini game play-nya akan kayak Real Racing 3. Karena pasti kamu kesel kalo misal kamu hampir finish nih juara satu udah di depan mata, tiba-tiba dari belakang ada yang nyerang kamu pakai item yang bikin kamu berhenti, dan tiba-tiba kamu udah ada di posisi delapan aja. Rasanya udah kayak pengen banting handphone aja.

 

Akumulasi poin untuk mendapatkan Grand Star.

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Di akhir, akumulasi poin akan dikumpulkan berdasarkan basis tiga kombinasi itu serta dari keseluruhan balapan. Nantinya kamu akan mendapatkan Grand Star berdasarkan akumulasi poin, serta kalau kamu menyelesaikan Daily Challenge, JoyFriends. Kamu juga nantinya akan mendapatkan banyak badge tergantung kamu melakukan apa saat balapan.

Koleksi badge penulis

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Daily Challenge-nya ini macem-macem. Ada yang cuma minta kamu naruh pisang di lintasan biar lawan kepleset, jatuhin lawan dengan serangan kura-kura hijau maupun merah. Challenge ini biasanya hanya terdiri dari tiga challenge perhari-nya. Hadiahnya adalah kamu mendapat Grand Star, yang bisa kamu gunakan untuk membuka rangkaian tur lainnya.

Ada satu lagi game play yang seru untuk dibahas: coin rush! Jadi di mode ini kamu akan menukar rubbies yang kamu punya dengan satu balapan menggunakan Gold Mario. Tugasnya kamu hanya balapan mengumpulkan koin sebanyak mungkin. Ada kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan karakter Gold Mario dalam mini-game Coin Rush ini, JoyFriends.

PERBEDAAN DENGAN GIM MARIO KART LAINNYA

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Selain orientasinya yang menjadi portrait, nggak banyak yang membedakan Mario Kart Tour dengan Mario Kart di platform lainnya. Contohnya nih, gim ini adalah Mario Kart pertama yang karakternya bisa dimainkan semua, serta ketiga kombinasinya bisa dinaikan level-nya.

Sisanya hanya perubahan-perubahan kecil kayak jumlah yang balapan jadi delapan orang dari tujuh, lap-nya yang jadi hanya dua di mana biasanya tiga lap, item triple red shell jadi nggak ada, Golden Mushroom yang fungsinya diganti oleh Mushrooms Frenzy, banyak item yang bisa diperoleh dari satu item boks, nggak adanya lintasan retro, nggak bisa ganti ban, JoyFriends. Yah, intinya nggak jauh beda lah dengan versi Mario Kart lainnya.

FINAL VERDICT

Tangkapan layar penulis.

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Dengan melahirkan seri Mario Kart-nya ke platform mobile gaming, Nintendo berusaha membuat Mario Kart versi Mobile ini optimal untuk penggunaan satu tangan, namun rasanya kurang berhasil. Dengan orientasi portrait serta pengendaraan kart menggunakan tanda panah rasanya masih kurang pas untuk dimainkan satu tangan.

Meski begitu, animasi serta warna-warna cerah yang disajikan dalam gim ini menambah kesan fun yang memang sudah disajikan pada gim-nya. Kombinasi karakter, kart, parasut, serta lintasan yang bisa dimainkan juga sangat bervariasi dan memanjakan mata.

Target market dari gim ini tentunya untuk berbagai kalangan, dari yang emang suka gim balap profesional, atau sekadar yang hanya ingin melepas penat dari rutinitas. Memainkannya juga mudah dimengerti.

Tapi kamu juga harus inget, main gim ini jangan dibawa serius-serius banget, karena ya nanti kalau nggak pasti emosi. Kayak tiba-tiba udah mau finish posisi satu, tiba-tiba kena item lawan lain yang akhirnya kita gagal finish. Bawa fun aja. Gim-gim sampingannya pun juga terasa seru aja, nggak kerasa nggak penting gitu.

Sampai saat review ini ditulis pun gameplay nya masih PvP berdelapan ala-ala yang segera akan dibuat online multiplayer-nya tanggal 8 Maret 2020 nanti, JoyFriends.

Sayangnya, seperti gim freemium lainnya, ada item-item yang harus dibeli, dan orientasinya menuju pay to win. Kalau kamu mau sulit-sulit, ya harus lebih keras untuk mendapatkan item-item penting lainnya.

Tampilan depannya pun terasa kurang asyik memberikan kesan pertamanya. Saya hampir ngapus gim ini karena awalnya nggak ngerti.

Tetapi secara keseluruhan, gim ini layak banget buat JoyFriends mainkan dalam segala kondisi, kecuali kalo lagi meeting, ya. Saat kamu males bawa Nintendo Switch, sekedar melepas penat atau kamu pecinta gim arcade racing, Mario Kart Tour Mobile ini cocok banget buat kamu. Langsung aja kamu download di Google Play Store ataupun App Store milikmu, JoyFriends!

Summary
Dengan melahirkan seri Mario Kart-nya ke platform mobile gaming, Nintendo berusaha membuat Mario Kart versi Mobile ini optimal untuk penggunaan satu tangan, namun rasanya kurang berhasil. Meski begitu, unsur animasi serta gameplay-nya terbilang fun dan addicted, JoyFriends!
Good
  • Animasi yang bagus dan fun,
  • Pilihan karakter, kart, dan parasut yang bervariasi,
  • Pilihan tempat balapan yang banyak dan bervariasi,
  • Gim balap yang cocok untuk siapapun,
  • Gameplay yang mudah, asyik, dan fun!
Bad
  • Orientasinya sedikit menuju pay to win,
  • Sistem pengendalian kart-nya, sulit kalau harus menggunakan tanda panah,
  • Kalau perpindahan tur, harus download data lagi, meski nggak terlalu besar,
  • User Interface bagian depan terasa kurang,
  • Tidak bisa modifikasi kart,
  • Kurang optimal untuk dioperasikan satu tangan.
8
Great
Seorang mahasiswa yang hobinya kuliah sekaligus figuran di band @nextgentheband & @valdivieso_band | Gemar memotret di akun @ishoothem dan menulis gan

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.