Bubu.com Gelar IDBYTE Esports 2019, Total Hadiah 750 Juta Rupiah

Esports menjadi peluang ekonomi besar di masa depan. Data dari PUBG Mobile Asia Tenggara pada bulan Mei 2019 menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan pengguna PUBG Mobile tertinggi sedunia. Bahkan hingga akhir April 2019, tercatat dalam satu bulan rata-rata 220 kota di Indonesia, dan 23 juta orang mengakses PUBG Mobile!

Sementara para peminat esports Indonesia bukan hanya PUBG Mobile tapi juga game lainnya. Perkembangan pelaku esports di Indonesia diyakini akan terus bertambah, seperti disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bahwa potensi bisnis esports di Indonesia telah mencapai US$700 juta atau sekitar Rp9,8 triliun pada 2017 dan terus meningkat.

Mengetahui hal tersebut, pionir perusahaan digital di Indonesia, Bubu.com, akan kembali menggelar acara tahunannya yaitu IDBYTE. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, pada tahun ini IDBYTE 2019 akan mengangkat esports sebagai tema utamanya. Dengan tagline “Gaming for Change”, IDBYTE 2019 siap menjadi pionir untuk menghadirkan konferensi esports pertama di Indonesia yang dihadiri berbagai pembicara internasional serta mewakili brand yang sudah mendunia.

Tidak hanya konferensi, di waktu dan tempat yang sama, Bubu.com juga menggelar BUBU Esports Tournament, atau yang disingkat sebagai B.E.S.T. Bermitra dengan Tencent Games dan didukung oleh IESPA, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA), B.E.S.T akan mempertandingkan salah satu game mobile dengan komunitas yang besar di Indonesia, PUBG Mobile.

Acara ini juga didukung oleh Sinar Mas Land yang terus berinovasi dalam mengembangkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Keseriusan Sinar Mas Land dalam pengembangan ekonomi berbasis digital diwujudkan dalam pengembangan Digital Hub, suatu kawasan seluas 26 hektar yang didedikasikan untuk menjadi pusat pendidikan, riset, komunitas dan perusahaan berskala startup hingga multinasional yang berfokus di bidang digital dan teknologi.

Project Leader Digital Hub, Irawan Harahap menyatakan, “Transformasi BSD City menjadi the first integrated smart city dilakukan di berbagai sektor berbasis digital. Esports menjadi salah salah satu fokus kami dalam pembangunan sektor ekonomi digital. Oleh sebab itu, kami menyambut baik kesempatan untuk menjadi tuan rumah acara ini, terlebih karena PUBG telah memiliki reputasi dan komunitas yang baik. Belum lama berselang, kami secara resmi juga menjadi tuan rumah untuk NXL, manajemen esports terbesar di Indonesia. Kami dari Digital Hub dan Sinar Mas Land berharap acara ini dapat memberi dampak positif untuk kemajuan esports dan ekonomi digital di Indonesia.”

Prizepool Turnamen PUBG Mobile Wanita Terbesar di Asia Tenggara

Berbeda dari turnamen PUBG Mobile lainnya, B.E.S.T hadir tidak hanya dengan prizepool fantastis sebesar 750 juta Rupiah, tetapi juga menggelar kompetisi PUBG Mobile yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu divisi pria dan wanita.

Selaras dengan tagline yang diusung, melalui B.E.S.T, Bubu.com ingin mengubah pandangan masyarakat Indonesia tentang gaming, terlebih kesetaraan gender antara wanita dan pria, mengingat jumlah gamer wanita di dunia telah mencapai 44 persen menurut riset dari Newzoo. Oleh karena itu, B.E.S.T telah menyiapkan 290 juta Rupiah sebagai prizepool untuk turnamen divisi wanita saja. Hal ini otomatis membuat B.E.S.T menjadi kompetisi esports PUBG Mobile wanita di Asia Tenggara dengan hadiah terbesar yang pernah ada!

“B.E.S.T 2019 merupakan sebuah langkah awal dari Bubu.com yang menargetkan sebuah perubahan dan perkembangan ekosistem esports Indonesia,” kata Shinta Danuwardoyo selaku CEO Bubu.com.

“Perubahan ini sudah mulai terlihat dari banyaknya tim esports besar yang membuat tim wanita. Perubahan dan perkembangan ini diharapkan akan menjadikan Indonesia sebagai ekosistem esports terbesar dan terkuat di Asia Tenggara.”

Selain pertandingan PUBG Mobile, B.E.S.T juga akan menghadirkan Talent Hunt by BUBU Awards. Adapun tujuan diadakannya Talent Hunt adalah untuk memberi kesempatan kepada individu yang hendak menampilkan bakat terbaik mereka, dan tentunya menyediakan hadiah khusus bagi pemenang.

Talent Hunt by BUBU Awards nantinya akan mencari talenta-talenta dalam beberapa bidang yang berhubungan dengan esports dan game, yaitu shoutcaster, streamer, dan pastinya cosplay yang akan dinilai langsung oleh Alodia Gosiengfiao, cosplayer asal Filipina yang kerap diundang ke berbagai event internasional.

IDByte 2019 dan B.E.S.T. akan digelar di ICE BSD pada tanggal 13-14 September 2019 yang akan dihadiri Kevin Lin, COO & Co-Founder Twitch, Allan Phang, Head of Esports Airasia, Shigenori Araki, Head of Esports Capcom, Alodia Gosiengfiao, dan pembicara serta talent kelas dunia lainnya.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, bisa disimak langsung di https://best-tournament.com

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.