Middle-earth: Shadow of War The Mobile Game – Review : Membosankan

User Rating: 5
Kalau kamu udah main game konsolnya, boleh aja sih main game satu ini. Tapi mungkin bakal cepet bosen.

Udah jadi hal yang lumrah sekarang untuk developer game meluncurkan versi mungil atau mini dari sebuah judul barunya guna menyenangkan semua pihak, di mana dalam hal ini diperuntukan bagi pengguna smartphone atau mobile gamers. Oleh karena itu nggak heran saat Middle-earth : Shadow of War rilis di pasaran, versi mobile-nya juga ikut-ikutan. Malahan sebulan sebelum versi besarnya dirilis, Middle-earth : Shadow of War The Mobile Game udah bisa kamu nikmati di smartphone.

Hubungan darah yang kental bakal bisa kamu rasakan di game rilisan Warner Bros. dan developer IUGO Mobile ini. Baik dari jalan cerita maupun gameplay mekanik yang bakal kita bahas sebentar lagi. Sayangnya, saya terpaksa menyebut game ini sebagai kakak tiri karena alih-alih menggunakan format Action Role-Playing, Middle-earth : Shadow of War The Mobile Game mengusung sistem real time RPG. Meski nggak melenceng terlalu jauh, tapi hal ini bakal berdampak besar bila melihat game ini secara keseluruhan.

All along the way (automatically)

Kalau kamu ngikutin game Middle-Earth, kamu pasti tahu kalau di sini kita bakal berperan sebagai Talion yang berbagi tubuh dengan Raja Elf, Celebrimbor. Berdua mereka membuat Ring of Power untuk dibagikan kepada pejuang-pejuangnya dengan tujuan menyelamatkan Middle-Earth dari pasukan Sauron. Ring of Power ini belum terkorupsi oleh kekuatan jahat Sauron jadi pastinya aman dipakai. Seperti diketahui, Middle-Earth : Shadow of War merupakan sekuel dari game Middle-Earth : Shadow of Mordor yang mengambil rentang waktu sesudah The Hobbit dan sebelum The Lord of The Rings.

In game, kamu kamu bakal mengendalikan empat heroes dalam satu battle, yang tentunya bisa dipilih dari banyaknya hero yang disediakan. Battle system-nya mirip-mirip Diablo, di mana kamu bakal berlari sepanjang jalan dan melawan sekumpulan musuh dalam beberapa kelompok musuh. Namun bedanya di sini pertarungannya bakal otomatis gebuk. Tetapi untuk beberapa hal kamu masih bisa melakukan hal-hal berguna seperti memfokuskan serangan ke satu musuh atau mengatur posisi hero kamu dengan menariknya mundur atau maju.

Sistem pertarungannya mirip Diablo namun lebih otomatis, terlalu otomatis malah

Sepanjang pertarungan tersebut kamu juga bisa melakukan “special moves” kalau meter gauge udah penuh dengan cara menekan wajah sang hero di mana setiap karakter bakal memiliki jurusnya masing-masing.

Oleh karena itu setiap karakter bakal memiliki spesialisasi masing-masing ala-ala RPG seperti heavy-hitter, long range dan healer. Jadi pilihan hero kamu yang bakal turun ke pertempuran pun mempengaruhi jalannya permainan. Tapi nggak butuh waktu lama kok buat ngulik dan belajar, dalam beberapa pertempuran aja pun kamu udah bisa menguasainya.

Nemesis system : active

Satu hal yang cukup menyenangkan di sini adalah developer membenamkan Nemesis System ke dalam Middle-earth : Shadow of War The Mobile Game ini. Sepanjang cerita, kamu nggak cuma bisa merekrut tokoh baik dari manusia, elf atau dwarf, tapi juga musuh-musuhnya yaitu Orc. Tentunya yang direkrut adalah kepala-kepala pasukan di mana sama seperti yang lain, mereka juga memiliki kekuatan dan kemampuan yang berbeda satu dengan yang lain.

Yang jadi penekanan di kata Nemesis adalah pilihan sebelum kamu melakukan perekrutan. Apakah kamu bakal mempengaruhinya dengan sihir untuk berjuang bersama atau kamu bunuh demi runes yang bisa kamu pakai buat boost status hero kesayangan kamu. Di sinilah kamu bakal banyak bimbang.

Nggak jaman adu ayam, sekarang jamannya adu Orc, ululululu ~

Bahkan sesudah kamu rekrut pun Orc atau Uruk itu masih bisa dipergunakan dengan banyak pilihan. Entah itu diadu ala gladiator biar mereka tambah kuat atau mau kamu kirim buat misi ala-ala buat dapetin item dan experience.

Sayangnya…

Ya, sayangnya nggak ada gading yang nggak retak. Kendati udah pake battle system ala Diablo dan warisan Nemesis System, Middle-earth : Shadow of War The Mobile Game cuma bisa mengimpresi saya sebentar. Pasalnya sistem pertarungan yang otomatis jalan dalam satu path lurus hampir nggak ada variasinya sehingga menimbulkan kebosanan yang kental. Saya pun memutuskan berhenti bermain stelah 7 jam main.

Bahkan Nemesis System pun nggak bisa menyelamatkan hal tersebut. Terlebih lagi ratio Play 2 Win dari game ini juga tinggi di mana kamu harus serius grinding buat naikin levelmu atau beli poin buat ningkatin artibut buat karakter kamu.

Name : Middle-earth : Shadow of War The Mobile Game
Developer: IUGO Mobile Entertainment Inc.
Genre(s): Role-PlayingAction RPG
Release : September 2017
Status : Free Game

Summary
This game should be worth to play for a long time kalau seandainya gameplay mechanic tidak repetitif hingga cenderung bisa bikin bosan. I consider this one is potential.
Good
  • Story Mode mirip-mirip dengan game versi besar jadi buat kamu yang penasaran bisa menikmati game ini demi cerita
  • Nggak cuma karakter dari Middle-Earth, karakter dari The Lords of The Ring ternyata dihadirkan sebagai playable di game mobile ini
Bad
  • Battle Sistem model one path automatic attack rentan bikin bosan
  • Keharusan melakukan microtransaction hanya untuk mencoba fitur atau menaikan atribut bisa bikin player gampang bete. Apalagi didukung dengan kekurangan di point pertama.
5
Average
Written by
Being adult with the spirit of Samurai X and Neon Genesis Evangelion, this man now decided to make a team of superhero like Avengers. Moviegoers and you can follow his visual track on instagram.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>