4 Teori Penyebab Time Loop di Happy Death Day 2U

Nggak disangka Happy Death Day ternyata punya sekuel. Petualangan time looping Tree Gelbman ( Jessica Rothe) kembali berlanjut setelah resmi diumumkannya film kedua oleh Universal Pictures berjudul Happy Death Day 2U. Emang bisa cerita yang udah kelar di film pertama dikembangkan?

Sekadar mengingatkan, di film pertama diceritakan kalau Tree mengalami kejadian aneh dimana dirinya terjebak di time loop di hari ulang tahunnya. Nggak cuma terjebak, apesnya nambah karena dia dikejar-kejar oleh pembunuh bertopeng bayi dimana setiap dia terbunuh, harinya ke-reset jadi balik awal lagi di hari ultah. Setelah berkali-kali mati, dia pun mampu mengungkap siapa di balik “baby-face” dan menjalani waktu seperti orang normal lagi.

Nah, di sekuelnya cerita dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak orang yang terlibat dalam time loop tersebut. Dari trailernya terlihat bila ada lebih dari Tree yang masuk ke dalam pusaran misterius ini. Apakah dengan ini semua hal aneh bisa diketahui penyebabnya?

Dalam wawancara dengan Insider, penulis sekaligus sutradara Happy Death Day 2U, Christoper Landon ( orang yang sama untuk film pertama) mengaku bila tidak semua hal dia jelaskan di film pertama. Kayak kita nggak pernah tau apa yang bakal terjadi dan kita nggak mau terlalu pede, jadi alasan kenapa Tree bisa terjebak nggak kita ungkapkan di situ (film pertama). Maka dari itu di 2017 Landon sempat berujar bila dikasih kesempatan lagi buat garap sekuelnya, alasan kenapa Tree bisa terjebak bakal dia jadikan premis.

Makanya nggak heran bila kamu cermat pasti banyak menemukan “easter egg” di sepanjang film pertama. Hal ini pun diamini oleh Landon.

“Saya sangat, sangat, sangat, berniat untuk menaruh banyak easter egg di berbagai tempat” ujarnya.

Jadi apa aja sih itu? Yuk kita bahas satu-persatu dengan mengelaborasikan beberapa bagian dari trailer Happy Death Day U2. Perlu diingat bila ini hanyalah teori-teori dari Gamespot dan buah pikiran beberapa orang di reddit. Syukur kalau bener ya mohon maaf kalau luput yah!

Gelang Ibu

Apakah gelang ini yang jadi penyebab time loop mematikan Tree? ( Universal Pictures )

Banyak teori di Reddit berfokus pada time loop dan penyebabnya, dan dugaan awal mereka ada di gelang Tree. Pasalnya perhiasan itu adalah sambungan langsung kepada mendiang ibunya yang meninggal 3 tahun lalu. Sayangnya, setiap Tree hidup lagi, gelang tersebut selalu tertinggal tidak sengaja di kamar Carter.

Teori yang paling kuat berkata bila melupakan gelang tersebut adalah pemicu timbulnya time loop. Semesta mencoba mengingatkan apa yang benar-benar Tree lupakan. Coba diperhatikan apakah gelang ini akan kembali hadir lagi di film kedua? Bila itu mungkin teori inilah yang benar.

Lilin Ulang Tahun

Tradisi merayakan ultah bersama sudah ditinggalkan Tree, apakah ini juga jadi celah? ( Universal Pictures )

Teori yang masih melibatkan hubungan Tree dengan sang ibu adalah tentang lilin ulang tahun. Kesamaan tanggal ulang tahun membuat mereka berdua memiliki tradisi menyalakan hanya satu lilin saja dan meniupnya berdua.

Di masa dewasanya terlihat Tree selalu merayakannya sendiri. Teori ini pun bisa dihubungkan dengan gelang di mana kedua hal yang dilupakan Tree membuat semesta menciptakan time loop demi meningatkan kembali hal-hal berharga yang telah dilalui dengan sang ibu.

Danielle

Kartu ucapan ulang tahun bernuansa duka, pantaskah?

Di film pertama, ada satu kartu ucapan ultah di meja Tree dengan penampilan unik; hitam legam dengan pilihan kata yang bernuansa seram. Kartu ucapan ini dikirimkan oleh Danielle, ketua geng wanita yang diikuti oleh Tree. Danielle sempat masuk ke daftar orang yang dicurigai sebagai sang pembunuh dimana Tree sempat berkonfrontasi dengannya dan mati berdua tertabrak bis.

Setelah hidup kembali, Danielle dicoret dari daftar dan alur film bergerak cepat dalam montase kematian demi kematian seolah mengajak kita melupakan sosoknya. Apakah Danielle termasuk juga orang yang jadi kunci Tree mengulangi kembali pola kematiannya di film kedua?

Sepatu bercorak sama dengan yang digunakan baby face bisa jadi sebuah petunjuk ( Universal Pictures )

Menambah kecurigaan adalah sepatu hitam dengan lis putih yang sama dengan yang dipakai baby-face. Sepatu Danielle sama dengan John Tombs, sang pembunuh bayaran dan juga suster teman sekamar Tree, Lori.

Terakhir adalah credit dimana sang pemeran Danielle ditaruh dalam peti mati sama dengan nama pemeran sang pembunuh di film pertama. Kebetulan? Apakah memang sengaja diberikan?

Masalah Ganda

Memang ada dua Ryan ataukah cuma halusinasi saja? ( Universal Pictures )

Teori ini didapat dari trailer Happy Death Day 2U dimana ada potongan adegan yang pasti nggak kamu lewatkan karena kaget. Ya, itu adalah saat Ryan bertemu dengan kembarannya.

Layaknya sebuah lubang di multiverse ala-ala komik, bisa jadi mekanisme waktu rusak karena time loop yang Tree buat. Atau memang Ryan dari universe lain sengaja dipertemukan untuk meninggalkan satu Ryan yang hidup? Menarik bukan? Teori mana yang benar bisa kita temukan di Happy Death Day U2 yang bakal rilis di bulan Februari ini.

Written by
Being adult with the spirit of Samurai X and Neon Genesis Evangelion, this man now decided to make a team of superhero like Avengers. Moviegoers and you can follow his visual track on instagram.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>