5 Film Bertema Video Game yang Layak Kamu Tonton

Nggak semua film bertema video game itu gagal total. Nih buktinya film-film ini sukses dapet ruang di hati penggemar.

Belakangan ini di layar lebar kita melihat banyak film-film yang “berbau” video game. Mulai dari adaptasi game di konsol seperti Tomb Raider yang bikin kita nostalgia, sampai Ready Player One yang bener-bener mengangkat tren Virtual Reality (VR) di mana di masa depan akan masuk jadi kehidupan sehari-hari kita, plus kita akan bertemu beragam ikon pop culture juga. Sebut aja Hello Kitty, Gundam, sampai Godzilla ada di film arahan Steven Spielberg ini.

Nah, mumpung lagi panas-panasnya film seperti ini, tentu kamu penasaran dong film-film apalagi yang punya tema video game? Di bawah ini beberapa film keren yang mengusung tema video game guys, kamu bisa langsung sikat nonton deh!

Scott Pilgrim vs. The World

Di Toronto, Kanada seorang remaja kesepian dan nganggur bernama Scott Pilgrim (Michael Cera), yang sehari-harinya disibukkan dengan main band, tiba-tiba kehidupannya berubah saat bertemu gadis misterius bernama Ramona Flower (Mary Elizabeth Winstead), yang juga muncul dalam mimpinya sekaligus juga hidupnya. Scott menjadi terobsesi dengan Ramona dan untuk memenangkan hatinya doi kudu ngelawan tujuh mantan Ramona yang jahat dan punya kekuatan super (WOW!).

via GIPHY

Film ini kentel banget nuansa pop culture awal 90’an dan bakal bikin anak yang lahir di era itu kegirangan. Nuansa video game juga kentel banget di setiap adegannya kayak Zelda, Demonhead, Final Fantasy, Street Fighter, DDR dan banyak game jadul lainnya deh. Nggak cuma itu, berkat pengarahan yang keren dan akting yang di atas rata-rata plus musik yang kece abis bikin film ini jadi permata yang layak untuk selalu diinget.

Ah ya, patut diinget juga kalau film ini selain punya tema video game, film ini juga diadaptasi dari komik berjudul sama lho. Yap, betul, ini salah satu film adaptasi komik dan saat rilis 2010 lalu film ini jadi salah satu film yang happening banget di kalangan pecinta pop culture.

WarGames

Anak SMA David Lightman (Matthew Broderick ) nggak sengaja nge-hack supercomputer militer pas nyari video game baru. Pas lagi mau main game yang judulnya Global Thermonuclear War itu, Lightman ternyata bener-bener ngaktifin persenjataan nuklir nasional sebagai balasan terhadap ancaman Uni Soviet. Berawal dari hacker asal-asalan, Lightman, yang ditemani pacarnya (Ally Sheedy) harus nemuin cara buat ngingetin pihak berwenang atas ancaman Perang Dunia III.

via GIPHY

Film yang dirilis tahun 1983 ini dengan cerdas masuk ke isu perang dingin saat Amerika Serikat berada dalam bayang-bayang perang nuklir dengan Uni Soviet. Semua unsur-unsur geek yang lazim ditemukan di masa itu dengan benar-benar pas diramu dengan isu sosial dan jadilah film yang diingat sepanjang masa. Kalau kamu nonton Ready Player One pasti bisa nemuin judul ini disebutin di film.

King of Kong: A Fistful of Quarters

Dengan julukan “Pemain Video Game Abad Ini” pada 1999, Billy Mitchell mencetak rekor di game Donkey Kong yang mana banyak orang nggak pernah bisa sampai di tahap itu. Beberapa tahun setelahnya, Steve Wiebe, seorang guru yang baru aja kehilangan pekerjaannya, belajar tentang rekor tersebut dan mencoba untuk mengalahkannya. Keduanya pun mengadakan pertarungan lintas negara bagian di Amerika Serikat demi mencatatkan salah satu nama mereka di Guiness Book of World Records sebagai raja tak terkalahkan di game elektronik 2007.

Billy Mitchell via GIPHY

Kendati sekarang rekor Billy Mitchell udah dianulir, film bertema video game dengan gaya dokumentasi dramatik ini tetep keren buat kamu tonton di mana kedua orang berkompetisi buat jadi yang terbaik di game Donkey Kong atau kalau mau lebih lebaynya di seluruh dunia. Di sini bagus banget kalau kamu nonton perjuangan Wiebe yang bener-bener mendedikasikan hidupnya demi melawan sang juara bertahan yang antisosial. Sebuah penceritaan yang solid dan menyentuh dalam kontes kelas dunia.

The Last Starfighter

Seorang remaja yang hidup di rumah-trailer Alex Rogan ( Lance Quest ) akhirnya mampu mencapai rekor tertinggi di mesin arcade favoritnya, Starfighter. Terkejutnya dia saat didatangi oleh sang kreator game tersebut, Cantauri (Robert Preston) yang bilang kalau dia menciptakan Starfighter itu sebagai mesin latihan buat merekrut pilot sungguhan untuk perang luar angkasa. Dari rumah-trailer ke planet-planet, Alex pun memaksimalkan kemampuan bermainnya di video-game untuk benar-benar bertempur di luar angkasa.

via GIPHY

Salah satu film underrated rilisan 1984 yang mungkin belum semua pernah nonton tapi kami wajibkan harus nonton deh. Meski berbudget rendah tapi The Last Starfighter pede banget dalam eksekusi dan efek CG di sini udah outstanding banget pada zamannya (saat semua masih pake minatur buat film luar angkasa). Remaja, video game, dan luar angkasa, film ini bakal jadi salah satu yang kamu inget sepanjang hidup deh, JoyFriends. Oh iya, ada DeLorean di sini! Cool!

Wreck-It Ralph

Wreck-it Ralph mengisahkan tentang Ralph (disuarakan oleh John C. Reilly) , seorang karakter penjahat di sebuah game arcade yang bosan jadi jahat. Semua didasari oleh alasan dirinya mendapatkan perlakuan yang nggak mengenakkan dari penghuni game arcade lainnya di sebuah toko game lokal. Didasari mimpinya jadi pahlawan, Ralph berpindah-pindah dari satu permainan arcade ke permainan arcade lainnya, dan akhirnya menemukan ancaman yang lebih besar daripada konflik internal pribadinya.

via GIPHY

Didasari oleh guyonan-guyonan yang mungkin cuma dipahami oleh penggemar game, Wreck-it Ralph benar-benar menghibur target audience-nya tersebut. Hebatnya, film ini dapa dinikmati oleh semua orang karena temanya yang sangat universal tentang pertemanan, rasa iri, dan kenyataan bahwa perubahan nggak bisa dihindari. Pengisi suara kawakan, skenario yang jitu, dan plot twist nggak receh buat film ini jadi film bertema video game yang bisa dinikmati oleh semua usia.

Baca Juga :

Jadi itulah 5 film bertema video game terbaik pilihan kami. Adakah judul yang belum disebutkan dan dirasa layak masuk? Tulis ya di kolom komentar di bawah ini dengan alasannya!

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0

5 Film Bertema Video Game yang Layak Kamu Tonton

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0