Film Coco Tunjukkan Citra Positif Meksiko di Mata Dunia

Buruan deh nonton film Coco, soalnya ini film animasi terbaik yang bakal bikin kamu melihat sisi positif dari Meksiko (doc. Disney Pixar)

Film Coco memang baru akan tayang di Indonesia per 24 November mendatang, tapi sebenarnya film ini udah tayang di Meksiko pada 20 Oktober lalu dalam 15th Morelia International Film Festival dan debut secara resmi sepekan setelahnya, 27 Oktober. Dilansir dari Variety, film yang disutradarai oleh Lee Unkrich dan Adrian Molina ini mendapat respon yang positif. Bahkan banyak yang menangis terharu setelah menonton kisah Miguel.

“Sangat menyenangkan bisa melihat banyak orang begitu emosional dan berterima kasih kepada kami karena telah membuat film ini,” ujar sang sutradara, Lee Unkrich.

Menurut penuturannya, orang-orang sangat berterima kasih kepada tim produksi Coco karena telah memberi citra positif tentang Meksiko kepada dunia. Memang, dalam berbagai kesempatan biasanya Meksiko selalu digambarkan sebagai sarang narkoba, negara yang nggak pernah damai, dan penuh korupsi. Nggak heran kalau Coco mendapat respon yang begitu positif di sana.

“Mereka benar-benar bangga dan mengatakan bahwa kami membuat sebuah karya yang akurat dan respectful,” tambahnya.

Sutradara dan penulis berkebangsaan Meksiko, Carlos Cuaron, mengaku sangat berharap film animasi ini akan sukses di box office worldwide. Saudara dari Alfonso Cuaron tersebut menegaskan kalau film ini benar-benar menggambarkan kecintaan orang Meksiko terhadap keluarga, tradisi, dan budayanya.

“Kami ingin orang tahu bahwa negara kami ini nggak cuma soal politisi korup, Narcos, dan gempa bumi,” tandasnya.

Sementara itu co-director Molina mengaku yakin bahwa film ini akan sukses di pasaran walaupun mengusung unsur budaya yang sangat spesifik. Menurutnya justru hal tersebut akan menarik perhatian orang untuk menonton film Coco ke bioskop. Belum lagi unsur musikal juga disebut-sebut menjadi “senjata utama” bagi Miguel dan keluarganya menaklukkan pasar Amerika dan dunia.

Kepercayaan diri sang co-director pun terbukti. Dilansir dari Deadline, dalam dua pekan film Coco udah menjadi film nomor satu sepanjang masa di Meksiko berdasarkan pendapatannya. 19 hari setelah perilisannya, film Coco berhasil meraup 824 juta Peso atau sekitar Rp 584 juta! Hal ini ngggak lepas dari strategi Disney untuk merilis Coco di “rumahnya” sendiri sebelum dirilis di seluruh dunia dan memanfaatkan liburan Dia de Muertos.

Gimana guys? Jadi makin nggak sabar buat nonton Coco ya? By the way kami udah bikin beberapa artikel tentang Coco lho, salah satunya review-nya yang bisa kamu baca di sini. Jangan lupa dicek ya!

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.