Deretan Film yang Harus Kamu Tonton di KIFF 2018!

Buat kamu yang suka banget sama film-film Korea, mungkin Korea Indonesia Film Festival (KIFF) menjadi salah satu event yang paling kamu tunggu-tunggu. Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2013, KIFF seakan nggak pernah berhenti memberikan asupan film-film korea yang berkualitas. Setuju nggak sih?

Berlangsung dari tanggal 18-21 Oktober, KIFF 2018 bakal menayangkan 19 film lho, Joyfriends! Dengan film sebanyak itu, Kamu harus intip-intip film apa aja yang beneran worth the watch. Well, we already list top 6 movies that you must watch!

The Negotiation

Film ini yang bakal jadi pembuka KIFF tahun ini. Dibintangi oleh Ye-jin Son dan Hyun Bin, film crime – thriller ini bakal ngajak kamu buat menyimak negosiator dari tim krisis Seoul Metropolitan Police Agency sedang menghadapi pedagang senjata yang menculik dua warga Korea di Bangkok. Dan tentunya, seperti film Korea pada umumnya – mereka menawarkan plot twist yang nggak biasa.

Golden Slumber

Kalo tadi kita disuguhi film crime-thriller, di film ini kamu bakal disuguhi action-thriller. FYI, film ini disutradarai oleh Noh Dong-seok, dan dibintangi oleh Gang Dong-won, Kim Eui-sung, Kim Sung-kyun, Kim Dae-myung, Han Hyo-joo dan Yoon Kye-sang. Film ini dibuat berdasarkan novel Jepang karya Kotaro Isaka yang terbit tahun 2007 dengan judul yang sama. Jadi, ceritanya film ini soal kurir antar barang yang harus kabur setelah dia dianggap bertanggung jawab atas ledakan yang menyebabkan kematian seorang calon presiden. Nah loh?

The Spy Gone North

Okay, enough with the thriller. Sekarang kita kedapetan film drama detektif, dimana film ini diambil dari kisah nyata Park Chae-seo, mantan agen Korea Selatan yang menyusup ke fasilitas nuklir Korea Utara. Film ini mengambil latar pertengahan tahun 1990-an. Film ini disutradarai oleh Yoon Jong-bin, dan dibintangi oleh Hwang Jung-min, Lee Sung-min, Cho Jin-woong dan Ju Ji-hoon.

The Battleship Island

The Battleship Island merupakan highlight utama di KIFF 2017 lalu, Joyfriends. Skaing terkenalnya, film ini pun kembali untuk kedua kalinya ke Indonesia. Latar belakangnya, perjuangan 400 orang Korea yang harus bertahan hidup di ‘Battleship Island’ (sebutan untuk Pulau Hashima) – bahkan merencanakan untuk kabur! Film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris besar asal Korea Selatan. Sebut aja, Hwang Jung-Min, So Ji-Sub, Lee Jung-Hyun, Kim Su-An, dan tentu aja Song Jong-Ki.

The Princess and The Matchmaker

Kalo dari awal kamu ngerasa filmnya pada ‘berat’, tenang aja, nggak semua film di KIFF 2018 berat kok, Joyfriends. Soalnya di film The Princess and the Matchmaker kamu bakal disuguhi film komedi romantis. Film ini bercerita soal seorang ahli saju (mak comblang), Seo Do-yoon, yang menerima perintah dari Raja untuk membantunya memilih seorang suami untuk putrinya, Putri Song-hwa, berdasarkan keberuntungan mereka. Nah, drama dimulai ketika Putri Songhwa menolak untuk menikahi salah satu dari empat pelamar yang dianggap baik. Dia kemudian melarikan diri dari istana untuk menemukan pria yang benar-benar dia cintai.

Forgotten

Kamu pengen nonton film yang dark? Forgotten mungkin bisa menjawab antusiasmu! Bercerita soal kepindahan Jin-Seok (Kang Ha-Neul) ke rumah baru dengan kakak laki-lakinya Yoo-Seok (Kim Moo-Yul), ibu (Na Young-Hee) dan ayah (Moon Sung-Geun). Jin-Seok menderita hipersensitivitas, tetapi dengan obat dia bisa hidup normal. Suatu malam hujan, Jin-Seok melihat kakak laki-lakinya dilempar ke dalam van oleh sekelompok pria. Setelah 19 hari diam, Yoo-Seok kembali ke rumah, tetapi dia tidak ingat apa-apa dari kepergiannya. Jin-Seok merasakan perubahan dalam kepribadian dan perilaku kakaknya – dan ia mulai mencurigai bahwa orang yang telah kembali bukanlah Yoo-Seok.

Itu dia enam film rekomendasi kami yang wajib banget kamu tonton di Korea Indonesia Film Festival, Joyfriends! By the way, nggak hanya film Korea, tapi ada empat film Indonesia yang juga diputar di KIFF. Sebut aja, Dilan 1990, Pengabdi Setan, Doel The Movie, dan Susah Sinyal. Seluruh film ini merupakan hasil kurasi tim Korea Cultural Center dan CGV Cinemas.

“Kami memilih beberapa judul film untuk diajukan kepada tim KCC, kami juga berdiskusi dengan tim CGV Cinemas. Apakah konten ini cocok? Apakah line up ini diminati penonton film di Indonesia?” ujar Rivki Morais dalam konferensi pers yang berlangsung di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Kamis, 11 November 2018.

Korea Indonesia Film Festival sendiri bertujuan untuk saling memperkenalkan kebudayaan dari dua negara, jadi nggak cuma film aja yang bisa kamu nikmati disini. Selama KIFF, akan ada tiga Korean Special Art berupa rekaman pertunjukan teater – A Bird Story, Magic Flute, serta Dallae Story – lalu ada juga presentasi special tahun ini: Gonjiam: Haunted Asylum yang akan diputar dalam format ScreenX. Sayangnya, buat Gonjiam: Haunted Asylum hanya tersedia di CGV cinemas Grand Indonesia. Jadi, buat kamu yang ada di Jakarta, Palembang, Yogyakarta, dan Makassar – mark your calendar and book your seat!

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>