Deretan Pesawat Luar Angkasa Ikonik dalam Star Wars

Gini-gini Death Star masih tergolong pesawat luar angkasa lho!

Kisah Star Wars enggak lengkap tanpa deretan kapal luar angkasanya yang kece-kece. Hayo, siapa yang bisa nyebutin apa aja jenis spaceship yang ada dalam berbagai saga Star Wars? Kali ini kami bakal bahas pesawat luar angkasa yang paling membekas di hati para fans kisah ciptaan George Lucas ini. Sekalian pemanasan sebelum nonton Star Wars: The Last Jedi, ya gak Joyfriends? Let’s start it!

Millennium Falcon

Siapa sih yang enggak tau pesawat yang satu ini? Millennium Falcon ini adalah spaceship paling cepat di galaksi. Dipiloti oleh Han Solo dan Chewbacca, pesawat ini pertama kali muncul di Star Wars: A New Hope. Walaupun penampakannya biasa aja, pesawat ini pernah melakukan kessel run dan mencetak rekor kecepatan lho! Di era trilogi baru sekarang, Millennium Falcon emang udah tergolong pesawat uzur dan butuh banyak perbaikan. Di akhir The Force Awaken diperlihatkan kalau pesawat kesayangan Han Solo ini kini digunakan oleh Rey.

Imperial Star Destroyer/ Super Star Destroyer

Star Destroyer adalah pesawat induk milik Galactic Empire, pesawat luar angkasa ini tergolong berukuran sangat besar sampai bisa membawa banyak squadron pesawat kecil. Bisa dibilang Star Destroyer adalah aircraft carrier terbesar yang dimiliki Imperial Fleets. Tidak berhenti di situ, ada juga Super Star Destroyer, versi modern dan lebih besar daripada versi sebelumnya. Dengan berbentuk sama seperti panah, bahkan ukurannya hampir sama dengan dua Star Destroyer digabung menjadi satu.

Imperial Shuttle

Spaceship yang mempunyai kode Lambda Class T-4a Shuttle ini adalah kendaraan khusus yang digunakan Emperor Palpatine atau Darth Vader. Memiliki desain yang sangat streamlined, pesawat luar angkasa yang satu ini emang terkesan sangat mewah mengingat hanya digunakan oleh penumpang VVIP.

TIE Series

Imperials mempunyai fighter ship yang berkode TIE alias Twin Ion Engine (dan wujudnya emang kayak tie/dasi kupu-kupu). Ada banyak jenis TIE Series, tapi ada tiga tipe yang terkena; pertama adalah TIE Interceptor, yang memiliki kelebihan di kecepatan dan ketepatan. Darth Vader pernah terlihat menggunakan pesawat ini saat bertarung melawan Rebels Alliance. Tipe yang kedua adalah TIE Fighter, pesawat yang paling familiar karena memang mudah diproduksi dan hanya digunakan oleh low class troopers. Sementara tipe ketiga adalah TIE Bomber yang berbentuk unik karena storage bomb dia ada di sebelah kokpit pilot.

X-Wing

Kalo Imperials punya TIE Series maka Rebels punya X-Wing. Spaceship yang satu ini tergolong pesawat yang versatile karena mempunyai banyak persenjataan seperti laser dan misil. Selain itu ada slot untuk sebuah astromech droid (R2-D2 dan sebangsanya) sebagai unit navigasi dan repair. Luke Skywalker dan Poe Dameron dikenal sebagai pilot handal yang pernah mengendarai unit ini.  X-Wing hingga saat ini masih menjadi pesawat andalan Rebels Alliance.

Death Star

Kalo kamu berpikir Death Star bukan sebuah spaceship, you are wrong. Spaceship super besar ini adalah sebuah achievement bagi Imperial Fleets di bidang technologi. Dengan ukuran hampir sama dengan sebuah satelit dan kemampuan yang bisa menghancurkan sebuah planet, Death Star pantas menjadi headquarter bagi Imperial Fleets.

Itulah beberapa pesawat luar angkasa yang ikonik dari franchise “Perang Bintang” ini. Adakah pesawat favorit kamu dalam list di atas? Atau ada pesawat lain yang mau kamu tambahin? Leave out a comment! See ya!

 

Written by
Watch Anime Weekly | Play Game Routinely | "Omae wa mo Shindeiru" Kenshiro - Serial Tinju Bintang Utara

Is the Story Interesting?

0 0

Deretan Pesawat Luar Angkasa Ikonik dalam Star Wars

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0