Fans Marvel Buat Petisi Tolak Pemecatan James Gunn

Beberapa waktu lalu penggemar pop culture baru aja digonjang-ganjing sama lengsernya James Gunn dari kursi sutradara Guardian of The Galaxy 3. Seperti yang pernah kita bahas di sini, keputusan mendadak ini disebabkan gara-gara twit lama Gunn di sekitar tahun 2009-2012 yang nge-jokes perkara hal sensitif seperti pemerkosaan dan pedofilia.

Hal yang sangat tiba-tiba ini tentu aja bikin gonjang ganjing semua orang dong. Pasalnya, perubahan sutradara kan bukan hal yang main-main. Resiko-nya, mood dan keseimbangan cerita jadi terancam.

Di tengah kericuha ini, dukungan mulai berdatangan untuk sang sutradara. Dave Bautista, Zoe Saldana, dan Chris Pratt menjadi tiga orang pertama dari deretan pemeran Guardian of the Galaxy.

Tapi apakah dukungan buat Gunn berhenti sampe situ aja? Tentunya nggak, Joyfriends. Sejak Gunn dilengserkan dari kursi sutradara GotG Vol. 3, penggemar MCU langsung meluncurkan petisi dukungan lewat Change.org.

Petisi yang dibuat oleh Chandler Edwards tersebut menuntut Disney dan Marvel Studios untuk mengembalikan James Gunn ke posisinya sebagai sutradara Guardian of the Galaxy Vol. 3. Edwards juga dengan jelas menyatakan keberatannya terkait pemecatan Gunn melalui petisi tersebut.

“Jika seseorang dipecat gara-gara omongannya yang aneh-aneh saat dia sedang bekerja di sebuah studio, saya setuju. Tapi situasi ini sangat berbeda, dia (James Gunn) menulis lelucon-lelucon nggak pantas ini jauh sebelum bekerja dengan Disney,” tulis Edwards dalam petisi tersebut.

Pemecatan James Gunn memang akhirnya mengundang pro dan kontra di berbagai kalangan. Soalnya buat beberapa ekstremis, keberadaan James Gunn menjadi pembenaran kalo ada jaringan pedofil yang beroperasi di Hollywood. Tapi buat beberapa pihak lain, James Gunn ‘cuma khilaf’, otherwise twit yang dikeluarkan oleh James Gunn udah lama banget.

“Orang-orang yang mengikuti perjalanan karir saya tahu ketika saya memulai (jadi sutradara), saya memandang diri saya ini sebagai seorang provokator. Membuat film dan mengeluarkan lelucon kasar dan tabu. Seperti yang sudah saya sampaikan secara publik sebelumnya, saya saat ini sudah berkembang sebagai seseorang, begitu juga pekerjaan dan selera humor saya,” tulis Gunn dalam twit mengenai kasus pemecatan sepihak ini.

Melalui akun twitternya, Gunn juga menegaskan kalo dia yang sekarang sudah berbeda dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Tidak ada penyangkalan dari James Gunn mengenai pernyataan kontroversial tersebut. Menurutnya, pada saat itu dirinya dalam masa mencari perhatian orang dan masa-masa itu sudah selesai.

Sebelum dipecat, James Gunn sudah menyelesaikan naskah GOTG3 dan dijadwalkan mulai proses syuting di Atlanta di akhir tahun ini, dan di rilis pada tahun 2020. Tapi belum ada konfirmasi lagi baik dari pihak Marvel ataupun Disney terkait pemecatan Gunn ini apakah mempengaruhi tanggal rilis GOTG3 mendatang.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>