Happy Death Day – Review : Time Loop Mencekam Tapi Seru

User Rating: 7.5
Film ini bakal ngasih tau kamu gimana frustrasinya dikejar pembunuh bertopeng bayi di hari ulang tahunmu. (doc. Universal Pictures)

Berulang kali mati dan hidup lagi memang bikin capek. Apalagi kalau lama kelamaan harus bikin kita nyari tahu siapa pembunuh sebenernya. Seperti yang terjadi di film Happy Death Day, yang udah tayang mulai Sabtu (14/10) ini. Tapi kami nonton duluan Kamis (12/10) kemarin, hehehe…

Jadi film ini tentang Tree Gelbman (Jessica Rothe, La La Land) si tipikal cewek kuliahan bintang kampus yang bisa kamu temui di universitas manapun. Anggun, menarik, cantik dan selalu jadi lirikan cowok-cowok. Di satu hari dia terbangun di kamar asrama cowok yang nggak dia kenal bernama Carter (Israel Broussard, The Bling Ring) dan menyadari bahwa hari itu adalah hari ulang tahunnya.

Bergegas Tree pun menjalani harinya seperti biasa, cuek dan angkuh. Mulai dari mengabaikan temannya, nge-flirt profesor di kampusnya sampai dikejutkan dengan surprise party dari teman-teman asramanya. Biasa banget kan?

Nggak lama seorang misterius bertopeng bayi membunuhnya dan saat dia sadar lagi, dia mengulang hari ulang tahunnya dengan terbangun di ranjang Carter. Hari-hari yang sama pun diulang terus sampai dia berhasil menemukan sang pembunuh sebenarnya dengan kesadaran yang semakin menipis setiap kali Tree mati dan mengulang harinya kembali.

Groundhog Day homage

Saat Tree cerita ke Carter tentang time loop-nya. Apakah Carter percaya? (doc. Universal Pictures)

Buat kamu yang suka nonton film dan masuk di generasi 90-an, pasti nggak asing dengan tipe cerita kayak gini dan langsung teringat kembali dengan film Groundhog Day. Ya, memang sutradara Christoper B. Langdon bilang kalau Happy Death Day adalah versi “gelap” dari Groundhog Day setelah dia membaca skrip dari Scott Lobdell yang membawa tema waktu yang terus berulang (time loop) di hari yang sama. Bedanya adalah film ini lebih gelap dan banyak darah, berkali-kali pembunuhan dengan skema berbeda yang dijamin bisa bikin kamu capek dan jengkel waktu menontonnya.

Akting ciamik Jessica Rothe

Nggak cuma pinter jerit, akting Jessica Rothe di sini bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri (doc. Universal Picture)

Saya mengira film Happy Death Day ini bakal sangat “biasa” kalau aktris yang memerankan karakter utamanya membawakannya dengan kurang sempurna. Untungnya Jessica Rothe bisa memerankan Tree, mahasiswi bintang kampus yang egosentris dengan sangat pas. Nggak cuma di ekspresi dan gerak-gerik, tapi juga cara dia menjiwai si karakter.

Udah saya bilang kan kalau film ini juga menyelipkan unsur komedi? Ya, Rothe juga bisa berakting kocak dan bikin kita senyum-senyum sendiri seiring dengan perkembangan karakternya yang terus membaik setelah berulang kali mengalami berbagai macam kematian. She is so lovely there dan bikin kamu para cowok pengen punya pacar kayak dia.

Pentingnya berhubungan orang lain

Jarang sekali saya mendapati film horor dengan moral value yang tinggi, apalagi tipikal horor jaman sekarang alias jaman now lebih banyak menyelipkan taglinebased on true story” agar bisa lebih menjual. Film Happy Death Day adalah film horor fiksi ilmiah remaja yang bisa memberikan pesan betapa berharganya hari ini dan betapa pentingnya menjaga hubunganmu dengan orang-orang. Ya, di akhir film kamu bakal menyadari kalau arogansi dan ego kecilmu bisa berakibat fatal sampai bikin kamu jadi target seorang pembunuh.

 

Summary
Overall it's a good and fun movie to watch on the weekend. Tapi memang harus bersabar sih nontonnya, karena memang bakal bikin kamu capek melihat latar dan adegan yang kurang lebih sama terus sepanjang film.
Good
  • Minim Jumpscare (udah terlalu pasaran)
  • Twist ada meski nggak wah banget
  • Jessica Rothe is the best, kayak Jim Carry
Bad
  • Tema Time Loop bisa bikin orang males nonton karena udah paham ceritanya
7.5
Good
Written by

“Witness me!” – Mad Max : Fury Foad (2015) is his inspiration for life. A kid that grow with Japanese pop culture and getting older with the influence from DC Comics and MCU. Follow his magnificent (odd) visual track on his instagram.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>