Ini Urutan Timeline Cerita Film Marvel Cinematic Universe

Kalau kamu baru ikutin film Marvel Cinematic Universe, simak deh nih urutan timeline ceritanya! (doc. Marvel Studios)

Nggak bisa disanggah kalau Marvel Studios dan Walt Disney lagi gila-gilaan banget menggarap cerita-cerita di komik Marvel untuk diadaptasi ke layar lebar, layanan web streaming, TV series, maupun animated series dengan kualitas yang oke punya. Tapi tentu aja yang semakin happening saat ini ialah film Marvel Cinematic Universe, salah satunya yang hype-nya bakal meledak adalah Avengers : Infinity War yang akan rilis di Indonesia 25 April mendatang.

Sejak dimulai 2008 lewat film Iron Man, film Marvel Cinematic Universe semakin mendapatkan fans baru dan menambah fans Marvel secara keseluruhan. Baik itu yang suka Marvel Comics jadi semakin nambah, sampai animasinya juga memiliki fans-fans baru.

Kalau kamu baru banget nikmatin film garapan Marvel dan mau ikutin cerita atau timeline cerita sebenernya dimulai dari mana, nggak usah bingung! Kami mengutip dari CNET urutan-urutan timeline cerita film Marvel Cinematic Universe dari awal sampai yang nanti bakalan rilis. Anyway ini timeline ceritanya lho, bukan urutan awal filmnya. Buat kamu para fans karbitan tentu harus baca dengan seksama nih. Buat fans Marvel freaks tentu ini merupakan refreshing buat kalian! Berikut urutannya JoyFriends!

Captain America: The First Avengers

Cerita awal mula Marvel Cinematic Universe emang berawal dari film Iron Man, tapi kisah Steve Rogers lah yang harus kamu tonton lebih dulu. Steve Rogers yang hidup sejak jaman Perang Dunia II merupakan manusia yang awalnya hanya memiliki postur badan yang sangat kecil. Namun berkat bantuan serum yang dikembangkan oleh pihak militer, Steve yang waktu itu cuma jadi korban bullying akhirnya memiliki postur badan yang kekar dan menjadi banyak idola kaum hawa dan mendapatkan label sebagai Captain America. Steve akhinya terjebak di dalam bongkahan es hingga puluhan tahun.

Marvel’s Agent Carter (Season 1 – Season 2)

Diangkat ke serial layar TV oleh channel ABC, pacar dari Steve Rogers alias Captain America ini jadi menu kedua dan ketiga sekaligus beserta episode-episode yang disajikannya setelah kamu nonton film Captain America: The First Avengers. Serial ini lebih banyak mengangkat kisah Agent Carter pasca berpisah dengan Steve di film. Di sisi lain ada juga beberapa poin penting di mana cukup berpengaruh terhadap filmnya dan juga referensi-referensi dari komiknya. Kamu wajib ikutin nih, walaupun ini series.

Iron Man

Flm yang lebih dulu digarap di Marvel Cinematic Universe setelah bekerja sama dengan Disney yaitu Iron Man. Mengkisahkan seorang futuris, Tony Stark yang mempunyai keinginan terus maju dan berkembang dengan menciptakan segala teknologi yang super canggih. Kenapa harus nonton Captain America dulu baru Iron Man? Soalnya ada scene di mana tameng kesayangan Captain America merupakan hasil ciptaan Ayah dari Tony Stark ini muncul. Ah ya, di sisi lain secara logika timeline yang linier sih garis waktu cerita filmnya juga maju.

The Incredible Hulk

Memang, Hulk ini nggak digarap secara utuh sama Marvel Cinematic Universe. Namun ada baiknya kamu tonton dulu. Asal mula Bruce Banner sampai bisa jadi monster hijau bernama Hulk ini bisa menjawab arah pertanyaan kamu kenapa Bruce bisa tiba-tiba join Avengers. Peran Bruce sendiri diganti sama Mark Ruffalo sewaktu Hulk dibawa ke MCU. Yah, kalau dari segi ceritanya sih belum nyambung-nyambung banget padahal, tapi secara sejarah sih jelas nyambung dan penting buat kamu tahu.

Iron Man 2

Film kedua Iron Man yang di mana Tony kedapatan musuh yang sama jeniusnya ini wajib kamu tonton. Banyak easter egg yang bakalan muncul di film-film Marvel selanjutnya dari film ini lho. Apalagi di sini armor yang dibikin Tony juga mulai tambah banyak. Plus kamu akan tahu kenapa reaktor di dada Tony ini sebenernya jadi dua mata pedang buatnya. Ah ya, di sini pula akhirnya War Machine muncul, plus gimana ceritanya Rhodes bisa menjadi War Machine dijelaskan di sini.

Thor

Film debutan Thor Odinson yang bertajuk Thor ini jadi santapan kamu selanjutnya. Cerita yang bener-bener mengkisahkan peran Thor dari asal muasalnya sampai perannya bisa menjawab semua rasa penasaran kamu. Dan lagi, karakter baru yang juga anggota dari Avengers muncul dalam film ini. Ini sih awal cerita akhirnya Avengers bisa berkumpul.

Marvel’s The Avengers

Film debutan buat kumpulan para superhero ini baru bisa kalian santap sehabis film debutannya Thor di layar lebar. Sedikit menjawab pertanyaan kamu siapa aja yang ikut ke dalam Avengers dan siapa yang mereka lawan. Tapi yang jelas cerita ini nyambung banget dari Thor dan juga Captain America : The First Avengers. Makanya usahakan jangan melewatkan satu film pun.

Iron Man 3

Selang satu film lagi, kamu harus tonton Iron Man 3. Kelanjutan dari Iron Man ini awalnya dirumorkan jadi peran terakhir Tony sebagai Iron Man. Namun ternyata kamu akan tertipu dan memang Tony lanjut muncul di beberapa film MCU lainnya, salah satunya Spider-Man Homecoming. Ah ya, di sini juga kamu tahu kalau ternyata armor Iron Man jadi semakin banyak.

Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 1 (Episode 1 – 7)

Balik lagi ke film layar kaca garapan Marvel dengan channel ABC yang mengkisahkan tentang peran pelindung umat manusia ini harus kamu tonton tapi jangan kamu abisin dulu. Tonton cukup episode 1 sampai 7 aja dulu. Karena setelah itu akan lanjut ke kisah Thor selanjutnya.

Thor: The Dark World

Thor yang berlanjut ke filmnya yang kedua jadi santapan kamu sehabis nonton AoS (Agent of S.H.I.E.L.D). Film ini soalnya bakalan kasih pengaruh ke serial TV AoS. Plus di sini pula kamu baru akan ngeh kehadiran dari Infinity Stones dan kamu akan tahu cerita di MCU ke depan bakal jadi semakin menegangkan.

Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 1 (Episode 8 – 15)

Nah, cukup bersabarnya buat lanjutin AoS. Sekarang kamu boleh lanjut, tapi cukup sampai episode 15 dulu deh. Di episode tersebut bakal ada pengaruh dari film Thor yang kedua.

Captain America: Winter Soldier

Setelah lumayan lama, akhirnya kamu harus lanjut tonton Captain America yang kedua nih. Reuni cantik antara Steve dengan Bucky yang merupakan sahabat lama dan sama-sama manusia hasil percobaan manusia. Di sini pula kamu bakal bertemu Nick Fury dan Black Widow lagi setelah Avengers dan juga Iron Man 2. Cerita di sini penting banget buat kamu ikuti, karena menyangkut perkembangan karakter Steve Rogers dan masa depan SHIELD.

Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 1 (Episode 16 – 22)

Lanjut lagi, kamu sekarang waktunya habisin semua episode AoS di musim perdananya ini. Pengaruh dari Captain America yang kedua sekarang berpengaruh ke serial TV ini.

Guardians of the Galaxy

Here we are! Film perdana Peter Quill dkk ini bisa kamu nikmatin sehabis ngabisin AoS di musim perdananya. Di sini kamu akan diajak berpetualang ke luar angkasa dan jalan-jalan antar galaksi. Kehadiran mereka penting banget, karena di sini lah kamu akan melihat Thanos dengan jangka waktu lebih lama di layar lebar. Plus kehadiran dari Infinity Stones lain muncul di sini. Makanya Guardians of the Galaxy ini penting banget untuk kamu kenal dan juga ikuti ceritanya.

Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 2 (Episode 1 – 19)

Eits, musim kedua AoS udah mulai lagi dan harus kamu telan secara perlahan dari episode 1 sampai episode 19 setelah kamu nonton debutnya Groot dkk.

Guardians of the Galaxy Vol.2

Baru tayang di dekat penghujung tahun 2017 lalu, rupanya petualangan Peter, Gamora, dan yang lain harus kamu tonton dulu lho. Soalnya akan menyangkut cerita di Avengers : Infinity War.

Marvel’s Daredevil Season 1

Netflix yang saat itu muncul secara perlahan ke dunia per-streaming-an akhirnya bekerja sama dengan Marvel buat beberapa judul yang mereka adaptasi dengan genre yang berbeda. Nah, peran Matt Murdock harus kamu tonton duluan.

Avengers: Age of Ultron

Avengers akhirnya berkumpul lagi setelah di film debutnya berhasil nendang para penikmat karya-karya Marvel. Dan di film keduanya ini harus kamu tonton setelah kamu nikmatin Daredevil di Netflix.

Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 2 (Episode 20 – 22)

Di penghujung episode AoS bisa kamu tonton setelah kamu tonton film Avengers yang kedua.

Marvel’s Jessica Jones Season 1

Puas sama adaptasi Daredevil ke dalam web-series, selanjutnya kamu bisa nikmatin Jessica Jones di musim perdananya. Dan selanjutnya kamu bisa catat yang harus kamu tonton nih, apa aja itu? Di bawah ini lanjutannya lebih detail guys!

  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 3 (Episode 1 – 10)
  • Marvel’s Daredevil Season 2
  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 3 (Episode 11 – 19)
  • Captain America: Civil War
  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 3 (Episode 20 – 22)
  • Marvel’s Luke Cage Season 1
  • Doctor Strange
  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 4 (Episode 1 – 15)
  • Marvel’s Iron Fist Season 1
  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 4 (Episode 16 – 22)
  • Spider-Man: Homecoming
  • Marvel’s The Defenders
  • Marvel’s Inhumans
  • Thor: Ragnarok
  • Marvel’s The Punisher
  • Marvel’s Runaways
  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 5 (Paruh musim perdana)
  • Marvel’s Cloak and Dagger
  • Black Panther
  • Marvel Agents of S.H.I.E.L.D Season 5 (Paruh musim selanjutnya)
  • Marvel’s Jessica Jones Season 2
  • Avengers: Infinity War
  • Marvel’s Daredevil Season 3
  • Ant-Man & The Wasp
  • Marvel’s Luke Cage Season 2
  • Marvel’s Iron Fist Season 2
  • Marvel’s New Warriors
  • Captain Marvel
  • Avengers 4 (untitled)
  • Spider-Man 2
  • Guardians and the Galaxy Vol.3

Selain film dan serial televisi yang udah dipaparkan di atas, Marvel masih punya One Shots atau cerita pendek dengan banyak judul. Beberapa di antaranya seperti The Consultant (September 2011) merupakan film pendek setelah film Incredible Hulk. Ada juga a Funny Thing Happened on the Way to Thor Hammer’s (Oktober 2011) yang hadir sebelum film Thor tayang. Item 47 (September 2012) setelah pertempuran di New York dalam film perdana Avengers. Agent Carter (Agustus 2013) yang mulai setelah Captain America: The First Avengers. Juga All Hail the King setelah 2 tahun tayangnya Iron-man 3 tayang.

Kemudian Marvel juga membuat serial pendek dalam web. Di antaranya ada:

  • WHIH Newsfront with Christine Everheart dengan 5 episode pada Juli 2015 yang tayang setelah film Ant-Man, tapi mengambil alur sebelum kejadian dalam film Ant-Man.
  • WHIH Newsfront with Christine Everheart dengan lanjutan 5 episode lagi yang tayang pada April 2016 yang tayang sebelum Captain America: Civil War.
  • Agent of S.H.I.E.L.D: Slingshot (Desember 2016) dengan total 6 episode yang mengambil alur sebelum musim keempat Agent of S.H.I.E.L.D di mulai. Mini webseries ini menceritakan tentang Inhuman yang merupakan salah satu agen dari S.H.I.E.L.D dengan julukan Yo-Yo.
Written by
Comic makes you alive.

Is the Story Interesting?

2 0

Ini Urutan Timeline Cerita Film Marvel Cinematic Universe

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

2 0