KIFF 2017 Rayakan 44 Tahun Hubungan Korea Selatan dan Indonesia

The Battleship Islan menjadi salah satu film layar lebar Korea Selatan yang laris di Indonesia. Udah nonton belum?

Ada kabar baik nih buat para pecinta film Korea! Untuk kelima kalinya, Korea Indonesia Film Festival (KIFF) kembali hadir di Indonesia. Acara ini merupakan bagian dari Korea Festival 2017 yang diselenggarakan dalam rangka perayaan 44 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia.

KIFF 2017 bakal berlangsung selama 4 hari, yaitu pada 14-17 September 2017 di empat lokasi yang berbeda, yaitu di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jakarta; CGV Cinemas Paskal 23, Bandung; CGV Cinemas Focal Point, Medan; dan CGV Cinemas Marvell City, Surabaya.

Acara ini juga diharapkan dapat menjadi wujud apresiasi dan pertukaran budaya di bidang perfilman. Direktur Korean Cultural Center Cho Young Pyong menilai, film adalah media yang bagus untuk mengenal kebudayaan negara yang bersangkutan.

Festival film ini akan menghadirkan 14 film yang terdiri dari 11 film Korea Selatan dan 3 film Indonesia. Beberapa film Korea yang ditayangkan antara lain The Battleship Island, My Annoying Brother, The Admiral: Roaring Currents, dan Operation Chromite. Sementara film Indonesia-nya adalah Sweet 20, Buka’an 8, dan Kartini. The Battleship Island sendiri saat ini udah resmi menjadi film Korea terlaris di Indonesia dengan total pemasukan lebih dari $ 500.000 atau sekitar Rp 6,6 milyar.

Nggak cuma itu, dua dari film Korea yang dihadirkan sebenarnya adalah pertunjukan teater! Kedua film itu adalah Treasure Island dan Sim Chung. Treasure Island diangkat dari novel karya Robert Louis Stevenson dengan judul yang sama dan berkisah tentang petualangan Jim Hawkins dalam mencari harta karun di Pulau Tengkorak. Sementara Sim Chung adalah pertunjukan balet yang mengisahkan hubungan seorang ayah yang buta dengan putrinya.

“Kalau kita tanya orang soal Korea pasti yang diinget itu K-Drama. Padahal masih banyak film Korea yang memiliki genre yang berbeda. Kami ingin menawarkan alternatif itu (dalam KIFF 2017),” ungkap Wisnu Triatmojo, Brand Marketing Manager CGV Indonesia, saat konferensi pers KIFF 2017 (7/9) kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur CGV Cinemas Indonesia Tommy Kim menilai film Indonesia terus berkembang dalam beberapa tahun terahir. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya film Indonesia yang menembus 1 juta penonton.

“Untuk tahun lalu saja CGV mencatat ada 10 film lokal yang menembus angka 1 juta. Sementara untuk tahun ini sudah ada 6 film local yang menembus jumlah tersebut,” ujarnya.

Kehadiran KIFF 2017 ini tentu jadi waktu yang tepat buat kamu menambah referensi film-film Korea yang bukan K-Drama. So, mark your calendar and come to this event guys!

Is the Story Interesting?

0 0

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>