MCU Phase 4 akan Angkat Konsep Multiverse?

Avengers: Endgame jelas menjadi film yang paling dinanti di tahun 2019. Film yang sukses melengserkan Avatar sebagai film terlaris sepanjang sejarah ini emang telah ditunggu-tunggu selama 10 tahun oleh para pecinta komik Marvel dan penikmat fim. Sampai-sampai banyak orang yang rela pergi subuh ke bioskop setempat untuk menjadi penonton pertama. Tiket pun sudah terjual habis tiga hari sebelum hari penayangan perdana, sementara di media sosial beramai-ramai sepakat membuat tagar #Don’tspoiltheEndgame.

Avengers: Endgame atau bisa dibilang The Final Chapter of MCU: The Infinity Saga sukses menjadi bagian ikon pop-culture di abad 21. Bagaimana tidak, setelah 10 tahun, perjalanan Iron Man, Captain America, Black Widow, Thor, Hulk dan Hawkeye sebagai Earth’s Mightiest Heroes telah mencapai puncak dan meninggalkan kesan yang membekas di hati penonton. Bahkan di akhir filmnya, tidak ada end credit scene yang sudah menjadi khas film produksi Marvel Studios.

Namun, berakhirnya Infinity Saga tak berarti kisah MCU pun berakhir, JoyFriends. Apalagi, Disney selaku perusahaan induk Marvel Studios baru saja membeli perusahaan 20th Century Fox yang menaungi Fantastic Four dan The X-Men. Selain itu, Spider-man: Far From Home juga mengungkit konsep yang sangat menarik, yaitu Multiverse alias dunia pararel. Meski dalam film tersebut kemudian diungkap bahwa Multiverse yang disebut-sebut hanyalah bualan Mysterio.

Phase 4 Terdiri dari Film dan Serial

Nah, pada San Diego Comic Con 2019 lalu, Kevin Feige mengonfirmasi lima film dan lima serial yang akan mengisi fase keempat Jagat Sinema Marvel. Kelima film tersebut adalah Black Widow (2020), The Eternals (2020), Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2021), Shang-chi and the Legend of Ten Rings (2021), serta Thor: Love and Thunder. Sedangkan serial Marvel ada The Falcon & Winter Soldier (2020), WandaVision (2021), Loki (2021), What If…? (2021), dan Hawkeye (2021). Film Blade yang dibintangi Marhasha Ali juga dipastikan akan hadir, tapi masih belum jelas tanggal mainnya.

Nah, kalau melihat daftar film dan serial yang masuk dalam MCU Phase 4, sepertinya Marvel akan menonjolkan elemen Multiverse. Ada tiga “kunci” untuk mengangkat elemen Multiverse ini, Doctor Strange in the Multiverse of Madness (dari judul juga udah ketahuan), Loki, dan What If…? Doctor Strange kemungkinan besar akan menghadirkan kembali Mordo, mantan mentor Strange yang kecewa dengan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh The Ancient One.

Kemungkinan besar juga Mordo merupakan salah satu tokoh yang terkena “snap” dan terjebak di soul stone. Meskipun terjebak dalam Soul Stone, Mordo dengan segala cara mampu “meresap” atau mempelajari elemen-elemen yang ada di Soul Stone. Dan saat kembali “hidup”, Mordo mengetahui bahwa kapabilitas soul stone sangatlah luas dan bersifat “parallel” karena jati diri pembentukan infinity stones  yang sejak ada saat awal permulaan waktu. Saat kembali ke prime reality di mana Avengers mengalahkan Thanos muda di film Endgame, Mordo merasakan ada hal yang menarik ambisinya terhadap kekuatan, dan hal tersebut adalah saat Hulk pertama kali mencoba modified Infinity Gauntlent untuk mengembalikan para korban yang terkena snap, dan saat Thanos muda memasuki masa prime reality dan Mordo mempelajari bahwa eksistensi parallel bisa dimanfaatkan melalui ajaran dasar Kamar Taj, Mirror Dimension dan “mengeksploitasi”fungsi mirror dimension sebagai “saluran” space and time lainnya.

Bisa juga setelah Mordo berpisah dengan Dr.Strange, Mordo bertemu dengan Loki, JoyFriends! Pasalnya, kalau diingat kembali, para heroes kita di Endgame “bermain” dengan waktu, kembali ke masa lalu dan di saat mengambil Tesseract, yang gagal dillakukan oleh Iron-Man dan Ant-Man sehingga malah jatuh ke tangan Loki. Loki yang berhasil mencuri Tesseract inilah yang akan dijelaskan di serial Loki. Kemungkinan besar, plot serial Loki berlatar belakang di jagat yang berbeda atau alternate reality.

Setelah Loki kabur, ada beberapa kemungkinan besar yang akan diperlihatkan dalam serial tersebut. Latar belakang dalam serial tersebut kemungkinan tetap mengikuti alur MCU dari Phase 2 sampai Phase 3, tetapi ada yang berbeda atau memperlihatkan suatu scene dari sudut pandang berbeda atau dalam hal ini sudut pandang Loki atau petualangan Loki untuk memenuhi ambisinya sebagai Rightful Ruler of Asgard. Atau bisa juga mengasingkan kembali dan mengumpulkan hal yang penting dan menunggu Ragnarok. Atau… Sampai bingung mau nulis apa lagi. Yang jelas, dengan statusnya yang berlatar di alternate reality, patut ditunggu petualangan terbaru dari Loki versi tahun 2012 ini.

Nah, yang nggak kalah menarik adalah serial What If…..? yang akan dinarasikan oleh Uatu The Watcher. Serial animasi What If….? adalah adaptasi dari serangkaian buku komik yang diterbitkan oleh Marvel Comics yang cerita-ceritanya mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan lain dalam kisah-kisah mainstream dalam Marvel Comics. Lini komik What If…? telah diterbitkan sebanyak 13 volume, di mana masing-masing volume terdiri dari beberapa issue.

Dari serangkaian film MCU dari phase 1 sampai phase 4 sudah banyak pilihan yang dihadapi para Earth’s Mightiest Heroes untuk menentukan masa depan. Nah dalam serial Watch If….? kemungkinan besar Uatu The Watcher akan menceritakan alternate realiy berdasarkan pilihan yang tidak pilih oleh our superheroes. Misalkan, seperti apa nasib Winter Soldier jika Captain America  ikut menandatangani perjanjian Sokovia yang mengatur wewenang superheroes? Atau bagaimana jika Captain America berhasil selamat di PD 2 ? Atau bagaimana jika Vision tidak pernah diciptakan dan membiarkan Ultron berkeliaran.

Jika memang Phase 4 akan  mengangkat multiverse dan dilanjutkan di Phase 5, ditambah lagi sukses mengenalkan Fantastic 4 dan X-Men, maka story arc yang pas setelah Infinity Saga adalah Secret War. Meskipun jika dilihat dari pilihan film tersebut masih “mengambang” atau hanya sekedar filler, potensi untuk mengenalkan alternate reality sampai multiverse sangatlah mendukung, khususnya dari film dan serial yang udah disebutkan di atas. Jika tidak menonjolkan multiverse, tapi berhasil mengenalkan Fantastic 4 dan X-Men dan fokus dengan tema kosmik, tidak ada salahnya jika story arc MCU selanjutnya diadaptasi dari game Marvel : Ultimate Alliance (2005). Game Marvel :Ultimate Alliance menceritakan S.H.I.E.L.D diserang oleh Dr.Doom yang mempunyai ambisi untuk menguasai dunia dan Latveria sebagai pusat rezim kekuasaannya. Ambisi Dr.Doom mencari kekuatan absoluti sehingga Dr.Doom mencari kekuatan absolut tersebut sampai melampaui galaksi.

Kamu sendiri lebih berminat kisah mana yang diangkat di MCU Phase 4, JoyFriends?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>