Review Avengers Endgame : Epilog yang Epic dan Memorable

User Rating: 10
Kamu akan dibuat deg-degan sepanjang film berlangsung! (doc. Marvel Studios)

Akhirnya saya menulis review Avengers Endgame, salah satu film Marvel Studios paling ditunggu tahun ini. Bagaimana tidak, antusias para penikmat film dan tentu aja fans dari Marvel akhirnya menyelesaikan penantian selama satu tahun untuk mengetahui bagaimana nasib Avengers setelah kalah di Infinity War dan bagaimana ronde kedua mereka melawan Mad Titans, Thanos.

Mulai Rabu (24/4) ini, para fans di seluruh Indonesia udah mulai dapat menonton film Avengers Endgame ini di bioskop-bioskop terdekat atau kesayangan, kalau emang sayang sama bioskopnya. Antusias fans di dunia maya juga udah melonjak banget, bahkan ada sejumlah rekan dan followers di akun Instagram saya dan juga JoyPixel yang menanyakan bagaimana filmnya, bagus atau nggak, siapa yang mati, sampai ada berapa credit scene di film ini.

Tentu aja jawaban saya yang udah nonton duluan di premiere screening film Avengers Endgame di IMAX Kelapa Gading, Selasa (23/4) malam, sederhana banget. NONTON DULU AJA DI BIOSKOP!

Saya menonton film ini tanpa menaruh ekspektasi. Saya hanya penasaran bagaimana akhirnya Avengers dapat mengalahkan Thanos dan juga akan seperti apa nasib trisula dari Avengers di film ini. Menyaksikan trailer dan tv spot yang beredar di YouTube saya sih bodo amat, karena saya yakin nggak semua scene masuk dan pasti lah ada beberapa scene yang hasil akhirnya udah dimodifikasi.

Pun demikian dengan mainan-mainan yang dirilis oleh sejumlah produsen mainan, saya nggak peduli mereka mau rilis apa dengan fitur seperti apa, karena saya yakin pasti akan ada desain mainan yang sama sekali berbeda dengan filmnya. Jadi jelas dong, kalau menonton filmnya di bioskop adalah cara yang tepat untuk mengetahui secara pasti seperti apa filmnya?

Tiga jam nggak berasa, it’s so epic!

Ehem… Informasi yang beredar sebelumnya soal durasi film selama tiga jam bisa dibilang benar adanya. Setidaknya saat premiere screening ada lah kurang lebih tiga jam. Namun, karena film ini epic banget buat saya, yang bahkan satu studio beberapa kali berteriak dan bertepuk tangan, sampai ada yang nangis juga, durasi film selama tiga jam tuh jadi nggak berasa.

Buat sebagian orang yang mungkin nggak suka cerita superhero atau fiksi, mungkin akan bilang review Avengers Endgame ini lebay setelah menonton filmnya langsung. Ya itu hak kamu, tapi buat saya film ini bener-bener menyajikan cerita yang kokoh, drama yang menyentuh, kemasan yang fun di sejumlah momen tertentu, sampai adegan-adegan aksi yang luar biasa.

Di sisi lain, buat saya kenapa film ini epic dan mungkin akan bikin fans setia dengan film-film Marvel Studios ini, ialah karena yang bikin film ini dag-dig-dug dari awal film sampai akhir, justru berada pada sejumlah momen-momen krusial yang memengaruhi jalannya cerita film ini dan proyek film garapan Marvel Studios selanjutnya.

Nggak lupa juga kalau di film ini, seperti di trailer yang udah kamu tonton, formasi pertama Avengers tampil solid, meskipun mereka sedang dalam tekanan yang sangat besar. Mengingat separuh makhluk hidup yang ada di dunia udah “dihabisi” oleh Thanos. Aksi dari masing-masing personil, mulai dari Tony Stark/Iron Man (Robert Downey Jr.), Steve Rogers/Captain America (Chris Evans), Ronin/Hawkeye/Clint Barton (Jeremy Renner), Thor (Chris Hemsworth), Bruce Banner/Hulk (Mark Ruffalo), dan Natasha Romanoff/Black Widow (Scarlett Johansson) di film ini akan sangat memorable buat kita!

Mereka nggak cuma tampil cool dan beraksi melawan musuh, Thanos, tapi juga mampu membuat kita tersentuh di film ini. Sejumlah penonton pun saat premiere screening kedapatan menangis sih. Makanya saat menonton film ini jangan lupa bawa tisu ya!

Referensi komik diimplementasikan cukup baik

Meskipun saya nggak khatam baca komik-komik Marvel, berdasarkan diskusi dan baca-baca seputar komik Marvel yang menceritakan Avengers, saya merasa kalau referensi komik yang diaplikasikan dalam film Avengers Endgame ini lebih berasa. Sederhananya dari armor terbaru Tony Stark aja deh, di mana akhirnya warna klasik Iron Man seperti saat awal-awal diperkenalkan Marvel Comics akhirnya muncul.

Nggak ketinggalan juga Clint Barton atau Hawkeye yang beraksi dengan alias Ronin. Kehadirannya tentu bikin heboh para penggemar Marvel, apalagi sebelumnya Hawkeye nggak muncul di Infinity War karena di Civil War ia dipenjara lalu kemudian pensiun, serta kita nggak tahu bagaimana nasibnya saat event Infinity War berlangsung.

Kalau untuk urusan kostum, Rocket Raccoon juga tampil dengan menggunakan kostum seperti yang ada di sejumlah komiknya. Disusul pula dengan Captain America, yang menurut saya di film ini paling mencuri perhatian ya. Soalnya Steve itu…. bisa ditonton di bioskop segera!

Perjuangan Avengers benar-benar lebih berasa

Seperti yang kita tahu, Civil War adalah momen di mana Avengers terbelah, gara-gara pertengkaran antara Tony dan Steve. Hasilnya di masa depan ialah terjadinya pertempuran melawan Thanos dan pasukannya, di mana para Avengers yang rapuh mengalami kekalahan total. Apalagi konsentrasinya terbagi, satu di Bumi satu lagi di Titans.

Di film Avengers Endgame ini saya melihat Russo Brothers benar-benar membuat sebuah cerita yang membangun perjuangan Avengers dari yang memiliki semangat yang udah hancur lebur menjadi lebih semangat lagi dalam menjaga kedamaian di Bumi.

Konflik antara Tony dan Steve pun seperti kita tahu di trailer memang udah baikan, tapi prosesnya ternyata nggak dalam waktu singkat. Bagaimana Avengers membangun kembali semangat dan asa untuk menyelematkan dunia dari tangan Thanos juga terbangun dengan baik, lebih berasa juga karena saat di beberapa momen atau scene, bulu kuduk saya jadi merinding. Hati pun juga bergetar karena ada sejumlah scene yang memang bikin kita sedih, senang, dan tenang.

Selain lebih berasa perjuangannya, ada juga sejumlah kejutan yang memang bisa bikin heboh satu studio bioskop. Ya, hebohnya sih bisa aja kamu kecewa dengan sejumlah keputusan-keputusan arah cerita dan nasib superhero kita, bisa juga heboh karena ada sejumlah referensi komik yang ikonik akhirnya diimplementasikan juga ke dalam Marvel Cinematic Universe.

Buat saya, secara keseluruhan sih film ini sempurna. Bukan cuma mampu mengemas kisah dari babak akhir pertempuran melawan Thanos jadi epic, tapi juga mampu membuat hati kita tergugah karena sejumlah scene dan adegan penting. Ada sejumlah plot twist juga yang pasti nggak kamu duga sebelumnya, tapi mungkin fans Marvel Comics akan lebih paham juga.

Yang jelas, mulai Rabu ini jangan lupa buat nonton filmnya di bioskop ya, jangan spoiler sama sekali deh! Oh ya, buat fans sejati Marvel pasti akan tetap duduk di kursi bioskopnya sampai film benar-benar berakhir! Jangan lupa ya!

Summary
Film Avengers Endgame ini menjadi film wajib tonton selama kurang lebih satu bulan ke depana. Kamu akan menyaksikan bagaimana Avengers bangkit untuk melawan Thanos, sampai usaha mereka untuk mengembalikan keadaan di Bumi menjadi seperti sebelumnya.
Good
  • Ada sejumlah plot twist
  • Sejumlah scene drama dapat menyentuh
  • Scoringnya mantep
  • Cerita filmnya dikemas kokoh
  • Referensi komiknya lebih berasa
10
Perfect
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

3 0

1 Comment

  1. Is there any epilogue in this movie?
    I am seriously asking…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.