Review Captain Marvel : Biasa Aja, Tapi Wajib Ditonton!

User Rating: 7.5
Perkenalkan, inilah dia kapten baru kita, Carol Danvers alias Captain Marvel! (doc. Marvel Studios)

Mungkin akan ada banyak fans garis keras Marvel kontra sama judul yang saya kasih, tapi kenyataannya memang Captain Marvel film yang biasa aja kok. Secara cerita memang film arahan sutradara Anna Boden dan Ryan Fleck ini cenderung biasa aja, tapi dari segi action dan bagaimana karakter Carol Danvers yang diperankan aktris manis Brie Larson ini berkembang, menurut saya cukup oke.

Boleh dibilang kalau Captain Marvel ini merupakan film perkenalan karakter Marvel terbaru yang cukup main aman. Meskipun sebenernya ada beberapa unsur dalam film ini, yang ada hubungannya dengan Marvel Comics ada perubahan yang mungkin akan bikin para die hard fans bertanya-tanya, “Kok si ini begini?”, “Loh kok karakternya jadi begini?”, dan lain sebagainya.

“Cukup main aman” yang saya maksud lebih kayak film-film perkenalan karakter-karakter Marvel pada umumnya. Nggak berat-berat amat ceritanya, menjelaskan asal usul dari mana kekuatan superhero baru kita mendapatkan kekuatan supernya dengan gamblang, banyak scene yang menghibur dengan jokes ala Marvel Cinematic Universe, sampai menyelipkan sejumlah hal yang punya kaitan dengan film-film MCU lainnya (dan ini penting banget).

Film Captain Marvel sendiri merupakan film yang menjembatani kita menuju film MCU paling ditunggu-tunggu, Avengers : End Game yang akan dirilis akhir April mendatang. Seperti yang saya bilang sebelumnya, sejumlah yang “terselip” di film ini ada kaitannya dengan film Avengers, terutama End Game yang memang udah ditunggu sejak tahun lalu.

Duet Carol dan Fury jadi biang lahirnya Avengers

Oke… bicara soal film yang intinya adalah memperkenalkan siapa Captain Marvel alias Carol Danvers itu dan apa pengaruhnya dalam MCU, kali ini ada sangkut pautnya dengan Nick Fury yang diperankan Samuel L. Jackson. Carol dan Fury di film ini menjadi duet nggak maut, melainkan menjadi duet yang tanpa disangka-sangka akan menjadi biang lahirnya Avengers.

Bagaimana cerita detailnya? Ya kamu cuma bisa mendapatkan jawabannya saat menonton filmnya di bioskop lah…

Baca Juga :

Tapi kalau dilihat di antara keduanya, memang terbangun sebuah chemistry dan rasa saling percaya yang tumbuh pelan-pelan seiring perkembangan karakter keduanya. Terutama saat pertengahan film sampai film yang kurang lebih berdurasi 2 jam ini, kita akan melihat bagaimana pada akhirnya Carol menginspirasi Fury untuk membentuk sebuah aliansi superhero, yang sekarang kita tahu bernama Avengers.

Mungkin keduanya bukan duet yang sempurna, terutama dalam melawan musuh dan menghabisi mereka. Namun, keduanya merupakan duet yang sangat berefek dalam MCU saat ini. Terutama soal bagaimana Carol membuat Fury membutuhkan superhero lainnya dalam mengantisipasi ancaman dari karakter-karakter jahat dari luar angkasa dan dimensi lain.

Calon karakter MCU yang lebih kuat dibanding Thor dan Hulk

Ya… lagi-lagi pasti akan ada pro-kontra di antara para die hard fans Marvel, terutama yang sering membandingkan MCU dengan komik. This is another universe dude, it’s not a comic universe but this is Marvel Cinematic Universe. Jadi pahami lah kalau ada perbedaan, terutama soal seberapa kuat si Captain Marvel ini.

Setelah menonton Gala Premiere film ini di XXI Kota Kasablanka, Jakarta pada Selasa (5/3) malam, saya berpikir kalau Thor dan Hulk akan kalah kuat dibanding Carol Danvers. Yang saya tahu sih memang kalau di komik si Carol ini kuat banget, tapi saya memang kurang tahu perbandingan di komiknya sekuat apa dan bagaimana detailnya.

Brie Larson sukses mencari perhatian kamu nih guys di film Captain Marvel. (doc. Marvel Studios)

 

Namun, saya percaya kok kalau Carol bakal jadi yang terkuat, terutama saat udah bergabung di Avengers. Karena kayak yang kamu lihat di trailer filmnya sendiri, kamu udah melihat bagaimana Carol dapat menghancurkan sejumlah kapal perang musuh yang dihadapinya seorang diri. Kamu juga akan menyaksikan di filmnya nanti kalau Carol mampu menebak mana Skrull mana yang bukan tanpa menggunakan bantuan alat canggih milih Kree.

Nggak cuma jadi karakter yang lebih kuat dibanding Thor yang diperankan Chris Hemsworth dan Hulk/Bruce Banner yang diperankan Mark Ruffalo, saya pikir Carol akan jadi karakter Avengers yang lebih bijak dan lebih cocok memimpin Avengers di masa depan dibandingkan Captain America/Steve Rogers yang diperankan Chris Evans dan juga Iron Man/Tony Stark yang diperankan Robert Downey Jr. guys.

Di sisi lain, Carol juga merupakan karakter yang nggak cuma kuat dan kekuatannya sangat luar biasa, tapi ia juga cerdas dan mampu bertarung dengan taktik yang tepat. Ah ya, nggak ketinggalan juga Carol merupakan sosok yang nothing to lose ketika bertarung dengan musuhnya. Serta nggak lupa juga dia merupakan manusia yang baik hati, apalagi Brie Larson sukses bikin kita jatuh hati kepada karakter yang diperankannya.

Kurang “wah” sebenernya…

Kalau tadi saya bilang filmnya biasa aja dan memang benar adanya, Captain Marvel juga bukan film yang “wah” sebenarnya. Apalagi di film ini mengambil latar terjadinya perang antara Kree dan Skrull, yang sebenernya nuansa perangnya tuh kurang berasa dan kurang ada ketegangan yang benar-benar dapat berakibat masif ke keseluruhan film.

Di sisi lain saya merasa 15-20 menit pertama film ini cukup bikin pusing dan membingungkan. Karena alur dan kejelasan cerita film ini di awal buat saya kurang dapat memahami apa yang sedang terjadi sebenarnya terhadap Carol. Terlalu abstrak buat saya di awal, entah alurnya maju atau mundur, pun dengan dialog yang kurang jelas siapa yang ngomong kepada siapanya.

Baca Juga :

Oh ya bicara soal nuansa perang, semestinya sih aksi tembak-menembaknya lebih banyak dan lebih intens. Karena buat saya persoalan perang di film ini kurang greget. Seharusnya tim Marvel Studios dapat membuatnya lebih seru dan lebih greget.

Ada lagi yang bikin saya gregetan, saya berharap Agent Coulson dapat memiliki peranan yang juga penting, sepenting Nick Fury. Karena Coulson di film ini sekadar jadi pemanis. Namun, yang patut diberi applause sih buat saya selain Brie Larson sendiri, karakter Goose juga wajib diapresiasi. Kehadiran Goose di sini cukup mencuri perhatian lho.

Kostum yang ciamik

Buat saya semua kostum dan make-up yang disajikan di film ini bener-bener ciamik. Saya suka dengan bagaimana para karakter “alien” ini benar-benar bikin kita nggak bisa nebak siapa aktornya. Jadi kalau pengen tahu siapa yang memerankan Minerva misalnya, kita harus lihat dulu di Wikipedia kalau ternyata Gemma Chan lah yang memerankan karakter tersebut.

Di sisi lain saya sangat mengapresiasi soal bagaimana Marvel Studios memasukkan referensi kostum dari komik Captain Marvel terdahulu. Di mana ada beberapa kostum jadul yang muncul dan juga bagaimana wujud dari helm yang dikenakan pasukan Kree dan juga Carol Danvers.

Jangan tinggalkan kursi sampai kredit film benar-benar selesai

Tentu kamu penasaran juga dong ada berapa post credit scene di film Captain Marvel ini bukan? Tenang, jawabannya lebih dari satu post credit scene dan semuanya nyambung ke film Avengers tentunya. Apakah ke End Game? Wah, tentu aja jawabannya ada di film guys. Namun yang penting sih kita akan menyaksikan lagi aksi Carol Danvers di End Game ya…

Sepanjang film diputar sebaiknya kamu aware dengan sejumlah detail deh. Pasalnya, meskipun film ini terkesan cukup “berani” mengganti beberapa poin penting yang ada di Marvel Comics, film ini tetap memberikan tribute kepada Marvel Comics juga kok. Contohnya aja soal referensi kostum dan juga hadirnya kucing bernama Goose milik sang kapten.

Kalau kamu pengen tahu lebih lanjut seperti apa filmnya, setelah baca review ini kamu jangan lupa langsung nonton film Captain Marvel di bioskop terdekat segera! Saya sarankan sih nontonnya di IMAX aja biar puas. Kalau udah beres nonton, bisa kali berbagi review ke kami JoyFriends!

Summary
Film Captain Marvel mungkin ceritanya memang biasa aja, tapi kamu harus banget nonton film ini! Soalnya akan ada hubungannya dengan Avengers : End Game yang akan tayang akhir April mendatang. Di sisi lain kamu juga akan jatuh hati dengan karakter yang diperankan Brie Larson ini.
Good
  • Duet Carol dan Fury berpengaruh terhadap MCU
  • Aksi Goose mencuri perhatian kita semua
  • Banyak beragam hal dari film MCU sebelumnya dan yang akan datang muncul di film ini
  • Referensi kostum dari komik hadir di film ini
Bad
  • Ceritanya yang biasa aja
  • 15-20 menit pertama kurang jelas
  • Coulson sebagai pemanis aja, padahal bisa jadi lebih baik lagi
7.5
Good
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

2 0

5 Comments

  1. Menurut saya Captain Marvel ini berfokus kepada eksplorasi diri Carol Denvers. Tipikal film-film pengenalan karakter superhero, cuman Captain Marvel ini lebih unik karena menruut saya ini tidak secara gamblang dengan alur maju tapi dengan alur kilas balik.

    Reply
  2. Kapan ya bisa nonton….

    Reply
  3. wih.. seru nih kayaknya

    Reply
  4. Film captain marvel jadi salah satu film yang saya tunggu2 dan begitu nonton filmnya.. woww suka bangett. Dan jadi new my favorite superhero 😍. Krn saya seneng banget nonton begitu lihat captain marvel dengan 4D sistem asikk bangett. Terus terang setiap kali ntn, yang saya selalu perhatikan adalah value atau nilai2 apa yg ingin disampaikan dari film tersebut bukan dr segi sinematografinya sehingga saya menikmati setiap film yang ingin saya lihat. Overall, Saya sangat puas dengan Captain Marvel walau dari berbagai reviewer kurang greget atau datar, tp cukup melihat akting dari Brie Larson yang begitu kuat menurut saya dalam memainkan karakter Captain Marvel sudah lebih dr cukup 😊

    Reply
  5. Film captain marvel jadi salah satu film yang saya tunggu2 dan begitu nonton filmnya.. woww suka bangett. Dan jadi new my favorite superhero 😍. Krn saya seneng banget nonton begitu lihat captain marvel dengan 4D sistem asikk bangett. Terus terang setiap kali ntn, yang saya selalu perhatikan adalah value atau nilai2 apa yg ingin disampaikan dari film tersebut bukan dr segi sinematografinya sehingga saya menikmati setiap film yang ingin saya lihat. Overall, Saya sangat puas dengan Captain Marvel walau dari berbagai reviewer kurang greget atau datar, tp cukup melihat akting dari Brie Larson yang begitu kuat menurut saya dalam memainkan karakter Captain Marvel sudah lebih dr cukup 😊

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>