Seperti Apa Kisah Film Solo Aquaman Nanti?

Sebelum nonton filmnya akhir tahun nanti, simak dulu kisahnya di sini. (doc. DC/Warner Bros.)

Di kala Marvel menggempur bioskop-bioskop di seluruh dunia dengan Black Panther, Avengers: Infinity War, dan Ant-Man and the Wasp sedari awal 2018 ini, DC dan Warner Bros. hanya akan merilis film solo Aquaman yang dijadwalkan bakal naik layar 21 Desember mendatang.

Yup, Aquaman jadi satu-satunya film DC Extended Universe yang bakal tayang tahun ini ini. Padahal mestinya film solo The Flash, Flashpoint, juga tayang di tahun ini. Cuma seperti yang kita tahu, proyek itu sempet nggak punya sutradara selama satu tahun sebelum akhirnya duo John Francis Daley dan Jonathan Goldstein dipercaya untuk membuat film tersebut.

Oke, mari lupakan drama tersebut dan balik fokus ke Sang Raja Atlantis. JoyFriends pasti banyak yang bertanya-tanya, kira-kira apa yang bakal diceritain dalam Aquaman? Sama, kami juga penasaran. Maka dari itu kami mau ngajak JoyFriends buat bareng-bareng menganalisa beberapa fakta yang ada sampai saat ini terkait Aquaman.

Yang jelas sih ini film origin

First of all, Jason Momoa sendiri sebenernya udah bilang beberapa waktu lalu kalau film ini bakal jadi film origin sang Raja Atlantis.

“Kamu bakal lihat Arthur saat masih kecil dan segala macemnya. Film ini bahkan bakal menceritakan kisah dari sebelum dia lahir,” ungkap Momoa dilansir dari Comicbook.

Sebenernya nggak heran sih kalau film ini bakal jadi film origin. Pasalnya, Aquaman emang belum diperkenalkan secara proper dalam DC Extended Universe. Sang Raja Atlantis pertama kali muncul sebagai cameo dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice saat Diana/Wonder Woman ngecekin video-video meta-human yang berhasil di-hack dari LexCorp.

Lalu kita baru bisa melihat Sang Raja Atlantis secara utuh di Justice League yang tayang tahun lalu. Nggak kayak versi komiknya yang ganteng dan membawa kesan berwibawa, Arthur Curry versi DCEU jauh lebih serem dan urakan. Selain itu, dari secuil scene saat Steppenwolf menginvasi Atlantis, kita bisa menyimpulkan kalau Arthur belum jadi raja Atlantis (or at least belum full-time), bahkan tampaknya ada konflik pribadi dengan Mera, sosok yang bakal jadi istrinya di masa depan.

Siapa aja karakter yang bakal bikin rusuh?

Baiklah, sang Raja udah mengatakan kalau film ini bakal menceritakan asal usul Arthur Curry, bahkan tampaknya bakal menceritakan drama orang tuanya juga. Sekarang kita coba lihat cast film ini.

Ini penampakan Ocean Master di komik.

Selain Jason Momoa dan Amber Heard yang berperan sebagai Raja dan (calon) Ratu Atlantis, ada Patrick Wilson yang bakal jadi Orm/Ocean Master, saudara tiri Arthur. Terus ada Dolph Lundgren sebagai King Nereus, Willem Dafoe sebagai Nuidis Vulko, dan Yahya Abdul-Mateen II sebagai Black Manta.

Tanpa mengecilkan peran Dolph Lundgren dan Willem Dafoe, mari kita langsung fokus ke Patrick Wilson dan Yahya Abdul-Mateen II. Buat yang nggak familiar dengan kisah Aquaman, karakter-karakter yang diperankan oleh kedua aktor tersebut adalah dua musuh abadi Arthur.

Orm Marius, seperti yang udah disebut, adalah adik tiri Arthur, putra Ratu Atlanna dengan salah seorang tentara Atlantis (origin versi New 52). Karena seumur hidupnya dia nggak pernah tahu keberadaan Arthur sebelumnya, dia selalu merasa kalau tahta Atlantis adalah haknya. Makanya kalau dalam versi komiknya, begitu Ratu Atlanna meninggal dan Arthur nongol di Atlantis, mulai deh tuh drama kerajaan.

Sementara Black Manta alias David Hyde adalah salah satu musuh bebuyutan Sang Raja Atlantis. Dialah orang yang bertanggung jawab atas kematian anak Arthur dan Mera yang masih bayi dalam Aquaman: Death of a Prince (1970).

Balik lagi ke perkara cerita, kira-kira kayak apa cerita film solo Aquaman ini? Mengingat ini adalah origin movie dan Arthur belum jadi raja, maka kemungkinan besar film ini bakal berfokus pada drama perebutan tahta antara Aquaman dan Ocean Master. Sementara Arthur yang tampaknya nggak minat-minat amat buat jadi raja kemungkinan besar akan dipaksa oleh Mera dan Vulko (Willem Dafoe) buat berinisiatif mengambil haknya yang sah dan mencegah Orm menjadi Raja Atlantis.

Kalau bener drama perebutan tahta bakal jadi kisah utama film ini, maka unsur politik dan konspirasi menurut kami bakal cukup menonjol. Terlebih Orm alias Ocean Master emang terkenal suka bikin fitnah dan teori konspirasi demi merebut hati warga Atlantis. Biasanya sih nggak jauh-jauh dari bikin propaganda yang menyudutkan dunia daratan.

Film ini juga kemungkinan besar bakal menonjolkan kecanggihan dan keindahan Atlantis yang berada di bawah air. Jadi macem Black Panther yang nonjolin Wakanda banget di dalamnya. Menarik banget buat ditunggu bagaimana James Wan menghidupkan kota legenda ini.

Buat JoyFriends yang pengen mengenal sosok Aquaman dan Atlantis dalam dunia DC lebih jauh, kamu bisa nonton film animasi Justice League: Throne of Atlantis. Film tersebut merupakan adaptasi lepas dari salah satu kisah Aquaman yang berjudul sama, Throne of Atlantis.

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>