Serba Hitam di Golden Globe 2018, Ada Apa?

Pemeran Stranger Things juga ikut mengenakan setelan serba hitam sebagai bentuk dukungan terhadap Time’s Up. (doc:hellogiggles.com)

Ada pemandangan yang tidak biasa saat Golden Globe 2018 kemarin (7/1). Sepanjang red carpet yang biasanya penuh warna, kali ini  didominasi dengan warna hitam. Selain warna hitam, mulai dari para aktor dan aktris, sampai kru film yang menjadi undangan mengenakan pin kecil untuk memperingati gerakan Time’s Up.

Gerakan Time’s Up ini sendiri merupakan gerakan anti kekerasan seksual yang dilakukan di tempat kerja, dimana disini adalah kekerasan terhadap perempuan yang dilakukan di lokasi syuting. Gerakan ini digagas oleh Reese Witherspoon akibat munculnya skandal Harvey Weinstein.

Reese Witherspoon, Eva Longoria, Salma Hayek dan Ashley Judd tampil memukau dengan setelan black dress. (doc: standard.co.uk)

Harvey Weinstein ini sendiri merupakan produser dan eksekutif film Amerika dari Miramax Films dan The Weinstein Company. Skandal Harvey Weinstein dimulai dari berita The New York Times (5/10/17) dan The New Yorker (23/10/17) yang melaporkan bahwa puluhan wanita menuduh Weinstein melakukan pelecehan seksual sedikitnya dalam kurun waktu 30 tahun.

Setelah berita tersebut beredar, satu per satu (baik aktris ataupun kru) yang pernah mendapatkan pengalaman tidak menyenangkan mulai menceritakan kejadian yang pernah mereka alami. Weinstein sendiri dipecat dari The Weinstein Company, dikeluarkan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences dan berbagai asosiasi professional lainnya.

Skandal ini kemudian memicu tuduhan serupa terhadap orang-orang berkuasa di seluruh dunia dan menyebabkan penggulingan mereka dari posisi besarnya. Hal ini juga memicu sejumlah besar wanita untuk berbagi pengalaman penyerangan seksual, peleceha hingga pemerkosaan mereka di sosial media menggunakan tanda pagar #MeToo. Dampak skandal ini sekarang dikenal sebagai “efek Weinstein”.

Di industri perfilman sendiri, setidaknya 80 wanita mengakui pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan saat produksi bersama Harvey Weinstein. Sebut aja, Cara Delevingne, Eva Green, Larissa Gomes, Salma Hayek, Lena Headey, Lea Syedoux, sampai Angelina Jolie.

Baca Juga: Daftar Pemenang Golden Globe Awards 2018

Gerakan ini tidak hanya didukung oleh aktris yang datang ke Golden Globe, tetapi juga para aktor seperti Chris Hemsworth, Common, Zac Efron, Aziz Ansari, Justin Timberlake, Nick Jonas, sampai aktor-aktor cilik pemeran Stranger Things Finn Wolfhard, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, dan Noah Schnapp.

Kekerasan seksual tidak hanya terjadi di jalanan, tetapi juga di tempat kerja yang seharusnya menjadi tempat aman, khususnya para wanita. Stay safe, girl’s!

Is the Story Interesting?

0 0