Star Wars: The Last Jedi – Review : Really Mind Blowing!

User Rating: 9.8
Cerita akan berfokus pada Rey, Luke Skywalker, dan juga Kylo Ren. Bakal ada sejumlah twist dan kejutan di antara mereka bertiga. Tonton di bioskop yuk sekarang! (doc. Lucasfilm)

Kamu nggak salah baca judulnya kok. Serius deh, Star Wars: The Last Jedi ini bener-bener mind blowing banget! Bukan cuma buat fans yang ngikutin banget dari film Star Wars: A New Hope (1977 di dunia dan masuk Indonesia pada 1997) sampai ikutin printilannya termasuk animated series dan juga komiknya, tapi juga buat orang-orang yang memang baru ngikutin film ini dari The Force Awakens.

Semua fans dan kritikus setuju banget, kalau dari semua film Star Wars yang udah dirilis, yang terbaik adalah Empire Strikes Back. Saya pun juga setuju. Karena memang terpana banget sama cerita, perkembangan karakternya, latarnya, sampai duel legendaris Luke Skywalker dan Darth Vader untuk kali pertama. Tapi setelah nonton Star Wars: The Last Jedi, saya pikir ‘kedigdayaan’ Empire Strikes Back bakal terusik nih.

Ketika menonton film The Last Jedi dalam premiere filmnya untuk perilisan di Indonesia pada Selasa (12/12) malam di IMAX Mall Kelapa Gading, riuh penonton saat tulisan ‘Lucasfilm’ dan ‘Star Wars’ nggak bisa dibendung. Penonton bersorak sorai menyambut film ini, termasuk saya. Sebagian besar merupakan fans franchise yang diciptakan George Lucas ini, sebagian lainnya bisa dibilang fans baru atau pantas disebut poser atau karbitan, karena baru suka dan mengaku freak lewat The Force Awakens aja.

“Wah tadi yang bilang ini (The Last Jedi) lebih keren dari The Force Awakens menurut gue dia cuma baru nonton sekuel trilogi nih. Fans TFA doang. Ketahuan sih mana yang demen udah lama sama yang baru demen, kalo yang lama pasti bandingin sama Empire Strikes Back,” ujar Daniel, salah satu penonton yang beruntung dapat menyaksikan premiere film ini.

Saya pun sangat antusias dan deg-degan banget selama menonton film ini. It’s really mind blowing selama film diputar kurang lebih 2,5 jam. Worth banget deh dan kamu nggak bakal nyesel menontonnya, apalagi kalau kamu memang niat mengikutin cerita Star Wars sampai baca komik atau mengikuti animated series-nya. Serius deh kamu harus banget nonton film ini!

Drama singkat yang kuat dan aksi yang bikin deg-degan

Oke guys, jadi gini. The Last Jedi menceritakan peristiwa yang terjadi beberapa saat setelah kehancuran Starkiller Base dan First Order lagi bener-bener berkuasa, serta gregetan banget buat ngancurin Resistance yang dipimpin General Leia Organa alias Princess Leia.

Kayak yang kamu tahu lewat trailer yang beredar, kita melihat fokus dari film ini berkutat pada perseteruan antara Rey, Kylo Ren a.k.a. Ben Solo, dan juga Luke Skywalker. Ya, nama yang disebut terakhir ini memang punya peran penting banget di film ini, selain melatih Rey menjadi seorang Jedi.

Kamu bakal diajak terlibat dalam peperangan dan aksi yang bikin deg-degan sedari awal film guys. Aksi yang ditampilkan pun juga mulai dari aksi kecil kayak dari Rey berlatih menjadi seorang Jedi di bawah asuhan Luke, sampai aksi di planet Crait yang penuh mineral seperti di trailer. Dan benar aja, kamu bakal diajak deg-degan terus sepanjang aksi muncul di layar lebar.

Penampilan mendiang Carrie Fisher sebagai General Leia bener-bener bikin kamu takjub! (doc. Lucasfilm)

Tapi nggak ketinggalan juga drama Rey dan Luke, termasuk juga drama yang terjadi di dalam diri Kylo Ren. Konflik di antara ketiganya nggak bertele-tele dan bisa dikatakan singkat, tapi kuat banget. Termasuk ketika siapa orang tua Rey bakal dibahas, meskipun menurut saya penjelasannya terlalu singkat dan masih meninggalkan teka-teki dan sebuah pertanyaan.

Aksi dan drama yang menurut saya keren dan bikin kita terbawa suasana bukan cuma karena Rey, Kylo Ren, dan Luke Skywalker, tapi juga Leia, Poe Dameron, sampai Finn. Ya, semua karakter penting di film ini bener-bener mendapatkan perannya masing-masing yang kuat, penceritaannya clear atau jelas, serta mudah kamu mengerti.

Perkembangan karakter juga terjadi lewat drama singkat yang kuat di beberapa scene. Seperti ambisi Poe Dameron dalam berperang melawan First Order, General Leia yang melindungi Resistance dengan segala cara, serta aksi Finn yang ternyata bikin kamu semakin kagum sama dia, di luar Rey dan Kylo Ren pastinya.

Jokes ringan yang bikin santai

Perlu kamu ketahui, film ini memiliki nuansa yang cukup dark dan juga bisa dibilang memiliki cerita yang lebih serius dibandingkan The Force Awakens. Keseriusannya mengingatkan saya akan Empire Strikes Back, meskipun secara keseluruhan film ini nggak seperti TFA  yang sedikit lebih ringan dan cukup mengingatkan ‘the real‘ fans Star Wars akan A New Hope, karena ada beberapa kemiripan. Tapi ya wajar aja sih ada mirip-miripnya, soalnya kan baru ‘bangkit’ lagi ke layar lebar dan tentu harus mendapatkan penonton atau fans baru, ya kan? Move on dong! Hahaha…

Porgs dan juga Chewie bakal menghibur kamu dengan aksi mereka dalam berperang melawan First Order guys. (doc. Lucasfilm)

Ah ya, meskipun cerita jauh lebih serius, tapi kamu bakal tetap dibikin cool down lewat beberapa jokes ringan yang khas, tapi nggak sebanyak di TFA sih guys. Jadi selama kamu mengikuti ceritanya yang lebih serius dan kuat, kamu tetap dibikin santai. Emosi kamu juga dibikin naik turun di film ini dan menurut saya sutradara Rian Johnson bener-bener sukses akan hal itu, serta membuat saya jatuh larut banget di dalam cerita ini.

Apalagi beberapa karakter lucu seperti Porgs dan juga pelayan planet Ach-To tempat Luke Skywalker tinggal, bener-bener menggemaskan dan nggak ketinggalan juga BB-8 plus R2-D2 yang selalu bikin tertawa dengan aksinya. Namun kali ini BB-8 sih yang bener-bener jadi bintangnya.

Ada beberapa twist dan juga ‘reuni besar’

Sepanjang film diputar, kamu memang akan merasakan emosi yang naik turun dan juga rasa deg-degan yang ada terus tenang, kemudian ada lagi rasa deg-degan itu. Memang emosi yang naik turun bener-bener terjadi ketika kamu melihat beberapa twist di film ini. Ah ya, ketika kamu menyaksikannya dan melihat twist dari beberapa kejadian di film ini, nggak apa-apa lho tepuk tangan. Soalnya ketika ada twist-twist yang nggak diduga, penonton premiere film ini, termasuk saya, juga bertepuk tangan. Hahaha…

Kamu juga diajak untuk menyaksikan sebuah ‘reuni besar’ yang tentu aja bikin para fans Star Wars sejati mungkin menitikkan air mata atau mengelus dada. Karena kamu bener-bener akan diperlihatkan sebuah adegan ‘reuni’ yang nggak kamu duga sebelumnya. Termasuk soal aksi Luke Skywalker dalam melatih Rey menjadi seorang Jedi.

Beberapa karakter bener-bener badass

Kamu tentu berharap banyak Rian Johnson akan memberikan porsi lebih banyak di layar kaca untuk beberapa karakter badass, seperti Captain Phasma ataupun Supreme Leader Snoke. Yap, mereka merupakan karakter badass yang tentu ditunggu-tunggu banget aksinya. Apalagi Phasma, yang dalam trailer-nya berhadapan dengan Finn.

Ah ya, Snoke juga bakal bikin kamu gregetan dan mungkin mengingatkan kamu sama sosok Sith Lord kuat seperti Darth Sidious. Kamu bakal melihat Snoke benar-benar sosok antagonis yang keji dan pengaruhnya kuat banget untuk First Order. Kamu juga bakal melihat aksi-aksi keren dan cadas dari Praetorian Guard atau pengawal Snoke dalam mengantisipasi Rey (bukan spoiler lho ini, kan di teaser TV spot ada) di pertengahan film ini.

Sayangnya ada beberapa karakter badass tersebut, yang kamu harapkan bakal berpengaruh sangat penting, justru akan menjadi sebaliknya dan bahkan mungkin bisa dibilang jadi nggak se-badass sebelumnya, untuk beberapa karakter. Tapi mungkin itu pengorbanan yang memang harus dilakukan atau mungkin sengaja dilakukan karena sebenernya Rian Johnson dan Lucasfilm ingin kamu fokus pada ceritanya dan karakter-karakter intin di dalamnya.

Bener-bener epik!

Saya pribadi bener-bener menikmati banget nonton film ini dan menurut saya Star Wars: The Last Jedi ini bener-bener mahakarya Lucasfilm yang terbaik di usia franchise-nya yang ke-40 tahun. Bukan cuma karena saya mengikuti keseluruhan franchise Star Wars, baik Canon atau main story di film layar lebarnya sejak A New Hope sampai The Last Jedi dan mengikuti animated series-nya, tapi memang karena cerita dan kemasan di The Last Jedi bener-bener bikin nggak bisa diem sepanjang film diputar.

Kamu bakal bertepuk tangan di beberapa scene (terutama fans sejati Star Wars bukan yang poser atau baru suka Star Wars setelah nonton The Force Awakens), berteriak juga di beberapa kesempatan, sampai menitikkan air mata. This movie’s really epic and mind blowing. Tebakan atau spekulasi kamu mungkin banyak salahnya, terlebih soal siapa yang mati di film ini atau apakah Rey menjadi Sith dan Kylo Ren kembali menjadi Ben Solo. Bener-bener sulit untuk menebaknya saat pertama kali menontonnya.

Aksi kejar-kejaran antara First Order dan Resistance bener-bener bikin kamu deg-degan. (doc. Lucasfilm)

Nggak lupa juga scoring yang apik, serta permainan angle kamera yang dinamis bikin kita bener-bener menikmati dan semakin memiliki rasa kagum terhadap film Star Wars. Tapi kalau disuruh milih mana yang lebih baik, apakah The Last Jedi atau Empire Strikes Back, tentu sih saya bakal pilih ini sih. Karena seperti penjelasan saya di atas tadi ya dan yang pasti terus move on, ya nggak?

Anyway, seperti yang udah-udah, tentu mungkin kamu bakal kecewa kalau ada adegan di trailer yang nggak ada di film utuhnya. Dan menurut saya itu wajar aja sih, karena kan bakal bikin kamu penasaran soal filmnya secara utuh.

In the endplease watch this movie without spoil it on Instagram with your InstaStoryBe smart dan tentu aja hargai penonton lain yang belum nonton filmnya guys!

Summary
Kamu bakal bener-bener puas banget nonton Star Wars: The Last Jedi ini guys. Emosi kamu bakal naik turun dan bakal bener-bener bikin mind blowing deh. Ada beberapa kejadian dalam beberapa scene yang nggak terduga dan bakal bikin mengelus dada atau malah menitikkan air mata.
Good
  • Ceritanya bener-bener mind blowing
  • Drama singkat yang kuat
  • Ada reuni besar yang tentu nggak diprediksi sebelumnya
  • Perkembangan karakter yang signifikan dalam drama singkat
  • Aksi yang bikin deg-degan sepanjang film
Bad
  • Beberapa karakter badass diharapkan bersinar tapi jadi nggak penting, but it's okay
9.8
Amazing
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>