Final Fantasy XIV Dad of Light – Review : Drama Kocak Ayah dan Anak

User Rating: 8
Begini jadinya kalau ayah dan anak main Final Fantasy XIV bareng! (doc. Netflix)

Yang ada di pikiran saya waktu melihat judul, Final Fantasy XIV Dad of Light, kira-kira begini, “Ini film Final Fantasy apa lagi? Kan gamenya online, emang bisa difilmkan?” dan ternyata film yang ditayangkan di Netflix ini… So relate to my life as a gamer!

Ya, ini Final Fantasy XIV Dad of Light ini bukan film drama menye-menye, tapi merupakan drama yang bener-bener sesuai sama kehidupan para gamer. Terutama buat yang main Final Fantasy XIV, yang merupakan serial online dari game yang dirilis oleh Square Enix tersebut.

Jadi film seri ini sebenernya bercerita tentang Aiko Inaba (Yudai Chiba) yang pengen bisa ngobrol dan berbagi cerita seru dengan ayahnya lagi, Hirotaro Inaba (Ren Osugi). Soalnya waktu dulu kecil, pas Aiko lagi nganggur main dengan permainan “seadanya”, tiba-tiba sang ayah yang terkenal sangat pekerja keras, membelikan Aiko game, Final Fantasy III.

Beranjak dewasa, Aiko dan ayahnya entah kenapa udah nggak begitu deket lagi dan jarang berbicara, apalagi main Final Fantasy bareng sang ayah. Namun, ada satu titik di mana Aiko ingin kembali menjalin hubungan yang dekat dengan sang ayah, yaitu di mana ketika ayahnya pensiun dari pekerjaannya tanpa ada “ba-bi-bu” terlebih dulu dengan keluarganya alias dadakan.

Semangat Aiko untuk menjalin hubungan baik dengan ayahnya semakin menggebu. Aiko yang ternyata main Final Fantasy XIV di desktop kamarnya, membelikan Plasytation 4 dan game yang sama untuk ayahnya. Seketika sang ayah, menjadi “newbie” di Final Fantasy XIV Realm Reborn.

Menariknya, sang ayah yang menggunakan avatar cowok nggak tahu kalau dirinya tuh lagi main sama Aiko, yang menggunakan avatar cewek. Jadi selama serial ini berlangsung, Aiko harus menjaga banget kamarnya biar ayahnya nggak tiba-tiba masuk dan rahasia plus misinya untuk semakin dekat dengan sang ayah terbongkar.

Lucu, tapi nggak lebay

Ya, serial ini memang lucu tapi nggak lebay. Karena unsur komedi atau bahan yang bakal bikin kita tertawa ini dikemas sesuai dengan kehidupan para gamer. Misalnya, ketika Inaba ingin melakukan chat dengan Aiko, tapi keyboardnya rusak dan malah melakukan hal aneh. Belum lagi waktu pertama kali baru bisa chat dan berekspresi untuk merespon chat dari Aiko, di mana sang ayah malah bikin joget karakternya (biar lucu harus nonton guys!).

Belum lagi kehidupan kantor Aiko yang cukup bikin pusing. Tapi tentu aja dibawa fun, karena sehari-harinya ada aja kejadian kocak di kantor. Termasuk ketika si cantik Yoko Shoda (Fumika Baba) muncul dan merasa di-PHP-in Aiko, yang nggak peka banget sama cewek. Oh iya, by the way, peran Yoko untuk perkembangan karakter Aiko ini cukup vital lho. Jadi Fumika Baba bukan sekedar penyedap di serial ini.

Cuplikan gameplay 

Sepanjang serial ini berlangsung, kamu sering menemui cuplikan gameplay dan fitur-fitur dari game Final Fantasy XIV Realm Reborn. Karena memang game tersebut berperan besar dalam hubungan Aiko dan sang ayah, Inaba. Ada juga beberapa tutorial singkat yang dijelaskan dalam serial ini, tapi nggak banyak sih.

Nah, kamu bakal dibikin ketawa sama Inaba ketika Aiko menjelaskan beberapa tutorial ataupun gimana cara melawan musuh. Soalnya kamu bakal melihat bapak-bapak umur 60 tahun main game online kelakuannya seperti apa. Bener-bener 180 derajat dari sikap seorang ayah yang bijak! Kocak banget deh kalau kamu nonton serial ini.

Episode tambahan yang nggak perlu

Jadi Final Fantasy XIV Dad of Light ini sebenarnya cuma punya 7 episode. Namun memiliki satu buah episode tambahan yang sebenernya nggak perlu. Karena tidak memiliki hubungan langsung dengan 7 episode utama. Seharusnya sih kalau mau episode tambahan, yang dibikin itu adalah kelanjutan kehidupan kantor si Aiko atau mungkin hubungannya dengan Yoko Shoda.

Namun, bisa juga mungkin ada event dari Final Fantasy XIV yang bakal menggambarkan gimana rempongnya ayah dan anak ini bekerja sama menjalani event tersebut.

But overall the series is worth to be watch. Soalnya memang ini drama yang nggak bertele-tele, udah begitu fun pula dan berhubungan banget sama kehidupan para gamer. Khususnya yang memang main Final Fantasy XIV maupun yang doyan main game bareng orang tuanya.

Langsung deh menuju Netflix dan tonton serialnya guys!

Summary
Film seri ini menarik untuk diikuti, karena selain nama besar Final Fantasy, kamu akan melihat langsung gimana jadinya ayah dan anak main game yang sama, tapi nggak pernah tahu identitasnya. Oh ya, Fumika Baba jadi nilai plus di sini, sebagai cewek yang menarik perhatian dan punya peran kecil, tapi bisa menaikkan mood sang karakter utama.
Good
  • Ceritanya berhubungan banget sama kehidupan gamer di dunia nyata
  • Drama yang nggak bertele-tele
  • Kemasan komedi yang smart
Bad
  • Episode tambahan yang nggak nyambung dengan cerita utama
  • Kamu akan sedikit pusing melihat perpindahan dari live-action ke cuplikan game
8
Great
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.