Menelisik Claire Foy, Pemeran Ratu Elizabeth II Season Awal The Crown!

Kenalan lebih jauh deh nih sama Claire Foy, pemeran Ratu Elizabeth II muda. (doc. Netflix)

Memerankan tokoh sejarah yang berpengaruh dan dihormati dunia, apalagi tokoh itu masih hidup, mungkin jadi satu tantangan tersendiri untuk para aktor maupun aktris. Begitupula dengan Claire Foy, yang memerankan kepala negara Britania Raya dalam serial historis Netflix yang juga ramai dibicarakan, The Crown.

Claire Foy diberikan kepercayaan memerankan Ratu Elizabeth II muda yang awalnya terlihat belum siap menjabat sebagai kepala negara paska meninggalnya sang ayah, Raja George VI secara mendadak. Selain cantik dengan aksennya yang khas dan mendapat pujian dari para penggemar serial tersebut maupun kritikus, makannya kali ini kami mengajak kamu berkenalan dengan sosok dibalik pemeran Ratu Elizabeth II ini, Joyfriends!

Mempelajari drama dan layar lebar

Aktingnya mulai dari polos sampai bener-bener jadi sosok yang bijak bakal menunjukkan kualitas Claire. (doc. Netflix)

Mungkin ini salah satu faktor yang menyebabkan akting sang aktris begitu baik dan nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Pasalnya, wanita yang lahir di Stockport, Greater Manchester, Inggris pada 16 April 1984 ini pernah mempelajari pemeranan drama di teater dan layar lebar di Liverpool John Moores University, serta mengikuti kursus pendek selama satu tahun di Oxford School of Drama.

Berkat latar belakangnya ini, Claire Foy kemudian mencoba peruntungan di dunia teater memainkan berbagai judul. Beberapa di antaranya seperti Top Girls, Watership Down, Easy Virtue dan Touched, sebelum akhirnya melakukan debut pertunjukan profesionalnya di Royal National Theatre hingga turun dalam dunia layar lebar maupun serial televisi yang mengangkat namanya ini.

Sebelumnya pernah juga memerankan keluarga kerajaan Inggris

Kelihatan banget nggak sih sosok Ratu dari diri Claire? (doc. Netflix)

Setahun sebelum diberi mandat memerankan Ratu Elizabeth II, Claire Foy mendapat kesempatan untuk menokohkan pendahulu sang Ratu Elizabeth II, yaitu mantan istri Raja Henry VIII dari Inggris yang begitu kontroversial, Ratu Anne Boleyn pada serial pendek fiksi-historis yang diangkat dari judul novel yang sama, Wolf Hall, karya Hillary Mantel. Hal ini juga yang mungkin membuatnya cukup hafal dengan berbagai kebiasaan keluarga kerajaan yang nantinya akan dipernankannya dalam serial The Crown.

Baca Juga :

Meski nggak memenangkan penghargaan, Wolf Hall menjadi jembatan bagi karir Claire yang mendapatkan nominasi pertamanya pada BAFTA TV Awards diberbagai kategori. Aktingnya juga menuai banyak pujian karena dapat memerankan Ratu Anne Boleyn yang malang dengan sangat baik.

Akhirnya memenangkan sejumlah ajang bergengsi

Claire Foy sukses di Golden Globe Awards juga lho. (doc. Golden Globe)

Kepiawaiannya dalam berakting pun membuahkan hasil dalam berbagai piala bergengsi dunia perfilman. Claire berhasil memenangkan nominasi Best-Actress—Television Series Drama pada Golden Globe Awards dan Outstanding Performance by a Female Actor in a Drama Series dalam Screen Actors Guild Awards pada 2017 kemarin. Kemudian ia juga mendapatkan nominasi yang sama tahun ini di Screen Actors Guild Awards, sehingga menandakan Claire sukses menghipnotis para penonton, sineas dan para juri dengan akting-nya sebagai Ratu Elizabeth II di serial The Crown pada musim pertama dan musim kedua.

Meski perannya untuk Ratu Elizabeth II akan digantikan di musim ketiga dan seterusnya untuk diperankan oleh Olivia Colman sebagai Ratu Elizabeth II yang telah berumur, Claire Foy telah memberi satu batu pijakan yang membuat serial ini menjadi sukses. Dilansir dari Telegraph.co.uk, bahkan Ratu Elizabeth II pun sudah menonton akting Claire di The Crown, lho!

 

Seorang mahasiswa yang hobinya kuliah sekaligus figuran di band @nextgentheband & @valdivieso_band | Gemar memotret di akun @ishoothem dan menulis gan

Is the Story Interesting?

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.